Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Ketika Marlon Brando Menolak Piala Oscar

Pada tahun 1973, aktor kawakan Marlon Brando menolak penghargaan Academy Award untuk aktor terbaik pada penampilannya yang menghidupkan kembali karirnya di The Godfather. Seorang aktris yang merupakan keturunan penduduk asli Amerika bernama Sacheen Littlefeather menghadiri penghargaan tersebut sebagai wakil Brando dan menyatakan bahwa Brando sangat menyesal tidak bisa menerima penghargaan itu, karena dia memprotes Hollywood atas penggambaran negatif penduduk asli Amerika dalam industri dunia perfilman Hollywood.

Robert Wadlow, Raksasa Ramah Yang Pernah Hidup di Bumi

Marlon Brando memenangkan penghargaan Oscar di Academy Award. Tetapi dia menolak penghargaan itu. Pada saat itu adalah penghargaan Academy Award tahun 1973 di mana Brando dinominasikan sebagai aktor terbaik. Dia memenangkan penghargaan itu untuk peran utamanya dalam film The Godfather. Brando memerankan Vito Corleone, kepala keluarga Mafia Italia di kota New York.

Ketika presenter mengumumkan pemenangnya, Brando tidak muncul di atas panggung. Dia bahkan tidak muncul di acara itu. Seorang aktris bernama Sacheen Littlefeather muncul untuk menjelaskan alasannya. Littlefeather adalah aktris yang kurang dikenal pada saat itu. Nenek moyangnya adalah Suku Apache Pegunungan dan dia juga adalah seorang aktivis yang memperjuangkan hak-hak penduduk asli Amerika.


Littlefeather muncul di panggung Academy Award dengan pakaian tradisional suku Apache dan berbicara atas nama Brando. Dia membawa pidato Marlon Brando yang sebanyak 15 lembar halaman tetapi dia tidak bisa membaca semuanya. Produser dengan terpaksa mengeluarkannya dari panggung jika dia berbicara lebih dari satu menit. Tetapi Littlefeather berjanji untuk menyerahkan naskah pidato itu kepada media. Kemudian mereka menerbitkan seluruh pernyataan Brando di naskah pidatonya.

Littlefeather juga menjelaskan bahwa alasan penolakan penghargaan tersebut adalah penggambaran negatif penduduk asli Amerika dalam film. Beberapa penonton mencemooh sementara sebagian besar dari mereka bertepuk tangan. Penduduk asli Amerika biasanya digambarkan sebagai pecandu alkohol, musuh yang tidak cerdas dan pemalas.


Brando adalah seorang aktivis sepanjang hidupnya. Dia percaya bahwa aktor wajib menggunakan ketenaran mereka untuk membantu orang lain. Dia juga berbicara di depan umum untuk mendukung pembentukan negara Yahudi. Dia juga memperjuangkan hak-hak penduduk keturunan Afrika Amerika. Dia juga menyumbangkan uang untuk kegiatan Black Panther Party.

Pernyataan Brando itu mendukung Gerakan Indian Amerika. Hal tersebut juga merujuk pada situasi yang sedang berlangsung di Wounded Knee. Wounded Knee adalah kota yang direbut dan diduduki oleh anggota Gerakan Indian Amerika. Kota itu kemudian dikepung oleh pasukan militer Amerika. Para pengunjuk rasa keberatan dengan kegagalan pemerintah Amerika untuk memenuhi perjanjiannya dengan penduduk asli Amerika.


Karier Littlefeather berakhir setelah insiden itu. Tetapi kemudian dia menjadi panutan bagi banyak aktivis hak-hak penduduk asli Amerika. Brando menjadi salah satu aktor besar di generasinya. Dia mendapatkan satu piala Oscar untuk perannya di film On The Waterfront. Dia juga dinominasikan Oscar sebanyak 6 kali untuk film-filmnya yang lain. Dia adalah salah satu orang yang paling sulit untuk diajak bekerja sama. Tetapi dia adalah aktor yang paling diinginkan dan dikagumi oleh para penonton.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 11-11-2021 05:06
bulumata.tanpak
tokek.terbang
screamo37
screamo37 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
11.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.