Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Direktur Jakpro Blak-blakan Soal Commitment Fee dan Dana Sponsor Formula E


TEMPO.CO, Jakarta - Ditengah-tengah manuver KPK yang mencoba menelisik penyelenggaraan ajang balapan Formula E, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko bicara ke publik soal di balik layar penyelenggaraan Formula yang banyak dipertanyakan sejumlah pihak.

Sejumlah poin krusial dijelaskan Gunung Kartiko yang juga Direktur Pengelolaan Aset Jakarta Eprix Gunung Kartiko

Beberapa poin krusial yang dipersoalkan publik dan politikus dijelaskan dalam dialog “Lika-liku Formula E Jakarta” yang ditayangkan secara langsung di akun Instagram resmi Jakpro, Selasa, 9 November 2021.

Mengapa commitment fee Formula E  bisa turun?

Turunnya commitment fee yang dibayarkan ke Formula E Operation (FEO) salah satunya karena faktor Covid-19.

Gunung menjelaskan pandemi Covid-19 yang melanda dunia turut berdampak pada FEO. Di sisi lain, FEO amat membutuhkan balap mobil listrik ini terselenggara di banyak negara. Kondisi ini jadi momen untuk mengajukan negosiasi.

FEO menerima tawaran negosiasi Pemprov DKI karena merasa Indonesia memiliki visi tentang green energy. Hal ini diwujudkan pula oleh pemerintah DKI Jakarta melalui program Jakarta Langit Biru.  “Nego awal itu cukup sulit, kaku sekali,” ucap Gunung.

“Dipimpin Dirut Jakpro, Pak Widi Amanasto, kami negosiasi online setiap malam dalam beberapa hari dan alhamdulillah hasilnya cukup positif,” kata Gunung

Berapa besar turunnnya commmitment fee Formula E?

Semula Pemprov DKI Jakarta harus membayar commitment fee sebesar 20 juta pound sterling untuk penyelenggaraan di tahun pertama dan naik 10 persen tiap musim. Bila ditotal commitment fee yang harus dibayar mencapai Rp 2 triliun lebih untuk lima tahun. “Kalau ditotal jadi 2 koma sekian triliun, lah,” ucap dia.

Namun, karena ada pandemi Covid-19, Pemprov DKI lantas mengajukan tawaran dan disepakati hanya membayar 31 juta pound streling atau Rp 560 miliar untuk tiga kali musim balap 2022, 2023, dan 2024.

Pemprov DKI harus menambah 5 juta poundsterling

Namun, negosiasi itu mewajibkan Pemprov DKI itu untuk menambah 5 juta pound sterling. Gunung memastikan tambahan biaya ini tidak akan dibayar dengan dana APBD. “Ini dari dana sponsor,” tuturnya.

Jakpro harus mencari sponsor untuk menambal 5 juta poundsterling

Jakpro hingga kini masih berupaya mencari sponsor untuk membantu pendanaan perhelatan Formula E. Jakpro masih harus mencari dana sebesar 5 juta pound sterling karena tidak diperkenankan menggunakan APBD DKI Jakarta.

Pencarian sponsor terkendala ketidakjelasan lokasi balapan Formula E

Pencarian dana sponsor terkendala karena belum jelasnya lokasi sirkuit Formula E. Rencana awal menggelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas) harus kandas karena tidak mendapat izin dari Kementerian Sekretariat Negara.

5 lokasi alternatif balapan Formula E

Menurut Gunung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jakpro telah menawarkan 5 lokasi alternatif kepada Formula E Operation (FEO). Namun belum ada keputusan yang diambil.

Gunung optimistis bila masalah sirkuit Formula E sudah selesai akan banyak sponsor yang bisa digaet. “Insya Allah bulan depan proposal kami fix dan kami bisa mencari sponsor dengan masif,” ucapnya.

https://metro.tempo.co/read/1526862/...e/full?view=ok

Commitment fee masih kurang £5 juta (100 milyar) ??.. baik.. emoticon-Malu (S)

Masih utang 100 milyar.. lom ngomongin asuransi €35 juta (600 milyar) dan biaya penyelenggaraan 150 milyar/event.. Sponsor mana yg segitu baiknya mau biayain??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 10-11-2021 09:05
baikapuk
jiresh
viniest
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.8K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.