• Beranda
  • ...
  • Games
  • Tiga Tips Jitu untuk Hadapi Kekalahan, Apa Aja Sih?

johnwick245Avatar border
TS
johnwick245
Tiga Tips Jitu untuk Hadapi Kekalahan, Apa Aja Sih?
Siapa sih yang gak pernah mengalami yang namanya ‘kekalahan’ dalam hidup? Di setiap langkah kita dalam hidup, pasti GanSis pernah mengalami kekalahan, ya. Kekalahan sering kali bikin kita kehilangan semangat juang, ya. Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya, kita pasrah sama keadaan sambil berpikir, “ah, ya sudahlah. Gak ada harapan lagi. Toh sudah kalah juga.” 

Photo By Esports.id

Padahal nih GanSis, bisa jadi kekalahan GanSis saat itu, jadi ‘pintu gerbang’ baru atau pembuka untuk kesempatan lain, loh. Mungkin memang susah ya untuk menghadapi kekalahan, tapi jangan sampai menyerah gitu aja. Kenapa? Karena seperti yang ane bilang tadi, kalau GanSis menyerah, bisa jadi GanSis malah melewatkan kesempatan emas untuk maju. 

Hari ini, kita mau bahas soal gimana sih caranya buat bangkit lagi setelah mengalami kekalahan? Gimana sih caranya buat kembali bangkit setelah jatuh? Langsung aja yuk kita bahas!

Jangan Gampang Nyerah!

“Jangan gampang nyerah? Dikira gampang kali!” 

Mungkin, itu yang ada di pikiran GanSis waktu baca poin pertama. Secara kan, ya. Susah banget buat nggak berpikiran untuk menyerah setelah menghadapi kekalahan. Tapi, suka atau tidak, itu adalah hal pertama yang harus GanSis pegang saat menghadapi kekalahan dan saat kita ingin menguasai suatu hal.

Contoh kecil deh, ya. GanSis pasti familiar dong ya dengan game Valorant? Menurut ane, game itu adalah game yang punya banyak banget aspek untuk dikuasai, termasuk heroes yang GanSis gunakan untuk bermain. Nah, poin pertama yang ane sebutkan itu adalah poin penting yang bisa diterapkan saat GanSis main gameini. 

Kenapa? Di kali pertama main, mungkin GanSis bakal kesulitan nih buat memenangkan game yang satu ini. Jangankan untuk menang, mungkin buat mengimbangi rekan satu tim aja bisa jadi sulit. Karena itu, mental buat gak gampang nyerah wajib banget diterapkan saat main game ini karena seperti kata orang-orang, ‘practice makes perfect’! 

Jadikan Kekalahan Sebagai Pelajaran

Poin kedua ini menurut ane juga gak kalah penting nih buat GanSis terapkan. Bahasa gampangnya sih, belajar dari kekalahan atau kesalahan. Kalau GanSis mengalami kekalahan, kemungkinan ada kesalahan yang GanSis lakukan. Makanya, performa GanSis jadi kurang maksimal.

Lagi-lagi, ane pake contoh gameValorant, ya. Dalam game yang satu ini emang dibutuhkan konsentrasi penuh. Satu kesalahan dari satu pemain aja, bisa jadi bikin satu tim gagal buat menuju kemenangan. Setelah mengalami kekalahan, GanSis bisa langsung introspeksi, nih. Kira-kira, ada kesalahan apa yang GanSis lakukan selama bermain. 

Dengan begitu, di permainan selanjutnya, GanSis pasti bisa menampilkan performa lebih baik. Hal ini juga bisa banget lah dipraktekan di dunia nyata. Saat GanSis mungkin kalah atau gagal karena ‘salah langkah’, kesalahan itu bisa dijadikan bahan introspeksi, jadi kedepannya, GanSis bisa lebih baik lagi, ya!

Optimis!

Last but not least, optimis! Lagi-lagi, bukan hal mudah lah ya untuk optimis setelah kalah. Gimana caranya buat berpikir positif dan optimis kalau baru aja mengalami kekalahan dan kegagalan? Tapi, justru itulah tantangannya! Selain gak boleh gampang nyerah, GanSis harus optimis kalau selalu ada ‘next time’ buat jadi lebih baik. Selalu ada ‘next time’ buat memperbaiki diri. 

Sama seperti Valorant, selalu ada babak berikutnya untuk berkembang dan pastinya, memenangkan pertandingan alias menaklukan tim lawan, yesOptimis adalah kunci utama buat GanSis untuk terus maju dan bangkit dari kegagalan. Kalau pikiran GanSis selalu optimis, dijamin deh, pasti suatu hari nanti, keberhasilan pasti GanSis raih!

Nah, 3 kunci di atas wajib GanSis terapkan, bukan cuma dalam main game kayak Valorant aja, melainkan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ngomongin soal Valorant, Agan & Sista di sini ada yang suka main salah satu permainan online seru ini, gak? Penggemar yang berjamuran di Indonesia bahkan menjadikan Valorant sering dijadikan game kejuaraan. Mendukung hal ini, KASKUS ngadain acara seru banget Gan yaitu talkshow bersama dua narasumber gamer kita Therison sebagai Content Creator dan Severine seorang Proplayer. 


Nah, acara ini bakal dilakuin live di tanggal 3 November 2021 di KASKUS TV! Selain gratis, GanSis juga bisa nih tau trik-trik jitu biar nambah skill pas turnamen nanti. Jadi jangan sampai ketinggalan dan pantengin KASKUS TV!

Diubah oleh johnwick245 30-10-2021 04:14
nobitian
aldo12
screamo37
screamo37 dan 43 lainnya memberi reputasi
36
22.4K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.