deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Ahli Soroti Kasus Kecelakaan Vanessa: Salah Membangun Jalan Tol dengan Beton


Beredar video TikTok yang mengungkapkan terkait jalan tol di Indonesia yang tidak aman. Unggahan tersebut diposting Instagram @insta_juli.

Belajar dari kasus kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi, video tersebut menyoroti jalan tol di Indonesia dari dua faktor.

Faktor pertama karena jalan tol dibuat dari beton semen, sehingga malah akan berbahaya karena tidak memiliki daya cengkeram, antara ban mobil dan permukaan perkerasan jalan.

Pemerhati konstruksi jalan raya dan jalan KA, Gatot Rusbintardjo membenarkan bahwa perkerasan jalan tol dengan bahan beton semen tidak dianjurkan

Jalan beton bukan jalan untuk kecepatan tinggi. Sehingga salah membangun jalan Tol dengan perkerasan kaku," ungkap Gatot dalam pernyataan tertulisnya, Juat 5 November 2021.

Hal ini karena jalan dengan pengerasan beton semen tidak mempunyai atau kecil skid resistance-nya.

"Karena skid resistance-nya kecil atau bahkan nol, maka apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan mengerem, mobil tidak segera berhenti karena tidak ada daya cengkeram yang memadai antara ban dan permukaan perkerasan jalan," ujarnya.

Faktor kedua, adanya pembatas dinding beton yang tebal dan kokoh di tengah jalan. Adanya pembatas dimaksudkan untuk perlindungan tapi justru berakibat fatal.

Seharusnya, jalan tol yang aman di tengahnya harus berupa rumput dengan lebar minimal 2,5 meter dengan kelandaian 5 persen.

Jadi, ketika ada sopir yang mengantuk atau mobil mengalami pecah ban, mobil akan berhenti dengan selamat di rumput yang landai.

https://www.suaramerdeka.com/nasiona...an-beton-semen

Jalan tol tengah nya rumput kayak tol Jakarta Cikampek tahun 90an kali ya

Diubah oleh deniswise 08-11-2021 09:03
ianhanaka
rotten7070
nilwatikta1965
nilwatikta1965 dan 53 lainnya memberi reputasi
46
19.3K
471
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.