Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Satu-Satunya Negara ASEAN Yang Tak Memiliki Laut! Ini Sejarah Dan Fakta Negara Laos

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Satu-Satunya Negara ASEAN Yang Tak Memiliki Laut! Ini Sejarah Dan Fakta Negara Laos
Sebagai salah satu negara di asia tenggara, Laos sebenarnya punya sejumlah hal menarik untuk dikunjungi mulai dari sejarah, budaya, masyarakat, hingga tempat-tempat yang ikonik, hanya saja entah mengapa negara ini seolah kalah pamor dibandingkan negara asia tenggara lainnya. Lantas mengapa laos cenderung tidak begitu popular? Yuk kita bahas dibawah.

Quote:
sumber

1. Sejarah Awal
Penduduk awal laos adalah pemburu dan pengumpul yang kemudian bertani dengan menanam padi dan palawija sekitar 2.000 sebelum masehi, orang-orang Laos adalah suku-suku yang berasal dari yunan cina yang didorong ke selatan perbatasan kekasaran kamer pada abad ke-13. Hanya saja orang-orang laos lebih dipengaruhi oleh india daripada china karena sejak abad ke-1 masehi para pedagang india memperkenalkan buddhisme theravada ke laos, selanjutnya identitas sejarah dan budaya Laos merujuk pada budaya Lan Xang yang ada sejak abad ke-14 hingga 18 sebagai salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara. Martin Stuart Fox dalam The Lao Kingdom of Lan Xang: Rise and Decline 1998 mengungkap bahwa lan xang yang memiliki arti tanah Seribu Gajah didirikan oleh Chao Fa Ngum pada 1353, lantaran lokasinya tepat di pusat Asia Tenggara kerajaan ini menjadi pusat perdagangan darat dan menjadi kaya secara ekonomi dan budaya. Setelah periode konflik internal, Lan Xang langsung terpecah mendari tiga negara yaitu luang prabang, vientiane dan champasak, pada 1893 ketiganya berada di bawah protektorat prancis dan disatukan untuk membentuk apa yang kini dikenal sebagai laos. Laos merdeka pada 1953 sebagai monarki konstitusional di bawah raja Sisavang Vong, setelahnya meletus perang saudara antara Royal Lao Army dan gerilyawan Pathet Lao yang didukung oleh komunis Vietnam Utara dan Uni Soviet, setelah perang vietnam berakhir pada 1975 komunisme pathet lao telah berkuasa dan mengakhiri perang saudara, laos kemudian bergantung pada bantuan militer dan ekonomi dari Uni Soviet dan berdiri sebagai negara komunis.

2. Nama, Masyarakat dan Profil Singkat
Bernama resmi Republik Demokratik Laos, merupakan negara sosialis dan satu-satunya negara yang terkurung di daratan Asia Tenggara tepatnya di jantung semenanjung Indocina seluas 237.955 km2, negara beribukota vientiane ini berbatasan dengan Myanmar dan Tiongkok di barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di Tenggara dan Thailand di barat dan Barat Daya. Diketahui Laos memiliki populasi gitar 7,169 juta di mana sekitar 53,2% mendiami daratan rendah, kelompok Mun kamer dan suku asli pegunungan lainnya tinggal di kaki bukit dan pegunungan, agama Buddha adalah agama mayoritas di Laos dengan persentase 66%, satu-satunya partai politik yang sah adalah partai revolusi rakyat Laos, dengan begitu ah sekretaris jenderal memegang kekuasaan dan otoritas tertinggi atas negara dan pemerintah serta berfungsi sebagai pemimpin tertinggi, saat ini presiden Laos dijabat oleh Thongloun Sisoulith sejak maret 2021.

3. Negara komunis
Negara komunis merupakan istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan pada komunisme baik itu marxisme ataupun leninisme. Nah menurut laman Nomadic Boys dikatakan Laos adalah satu dari lima negara komunis yang tersisa di dunia bersama Korea Utara, Tiongkok, Vietnam dan kuba. Seperti diketahui usai berakhirnya Perang Saudara pada 1975 komunis Laos menggulingkan monarki dan berkuasa sejak itu, nama resmi menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, bendera komunis merah dengan palu arit biasanya terlihat berkibar di gedung gedung resmi negara ini. Penting diketahui selama perang Vietnam sebagian dari laos diserang oleh Amerika dan sekutunya lantaran menjadi jalur pasokan logistik Vietnam utara karena itu militer Paman Sam menjatuhkan bom di laut setelah jatuhnya kota Saigon untuk mencegah runtuhnya kerajaan laos yang kita tahu pro amerika. Pemerintah Komunis Laos didukung oleh Vietnam dan Uni Soviet, namun ketika Negara tirai besi runtuh pada 1991, laos mengandalkan perdagangan nya dengan Thailand, Vietnam dan Tiongkok.

4. Paling banyak di bom
Satu hal yang mungkin tak banyak diketahui khalayak adalah Laos menjadi negara paling banyak di bom dari semua tempat atau negara di dunia, ironisnya pelaku pemboman itu tidak lain adalah Amerika Serikat selama perang Vietnam, beberapa fakta diungkap bahwa selama 9 tahun mulai dari 1964 hingga 1973 Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari 2 juta ton bom di seluruh Laos, jumlah tersebut bahkan melebihi semua bom selama perang dunia 2, sialnya sekitar 30% diantaranya tidak meledak dan menyebabkan teror berkelanjutan bagi masyarakat Laos dan sebagian besar tanahnya tidak dapat digunakan untuk pertanian. Kabarnya sering ada cerita sedih tentang anak-anak desa yang menemukan sesuatu tampak seperti benda logam mainan dekat sekolah mereka, tentu anak-anak itu tidak tahu kalau benda itu adalah bom sampai pertemuan itu berakhir dengan ledakan, dilaporkan diperkirakan sekitar 20 ribu orang telah terbunuh atau cacat akibat bom yang ditinggalkan dan terdapat sekitar 80 juta bom yang belum meledak dan tersisa di laos.

5.  Tidak punya laut tapi punya ribuan pulau
Nah satu hal yang menarik dari negara pengkonsumsi beras ketan terbanyak di dunia ini adalah landscape negaranya, yang bisa dibilang paling berbeda dibanding negara-negara di kawasan nya, bagaimana tidak Laos yang kita ketahui tidak memiliki laut alias terkurung di tengah-tengah, meski begitu laos disebutkan sebagai negara yang tidak punya laut tetapi punya ribuan pulau, lah gimana ceritanya? faktanya kendati terkurung didaratan, diselatan negara ini terdapat salah satu atraksi alam luar biasa yaitu Sipandon disungai Mekong. Sipandon dikenal sebagai the portal island, pulau-pulau spektakuler ini penuh dengan pantai berpasir halus dan gelombang biru kehijauan yang berarti liburan di pantai tropis di Laos adalah pilihan yang sangat baik untuk para gelandangan pantai. Sungai Mekong telah membagi tanah Laos menjadi ribuan pulau yang indah.

6. Ekonomi paling pesat di asia
Kita tahu Laos menjadi salah satu dari 5 negara komunis yang tersisa, meski begitu model ekonomi salah satu negara dengan populasi manusia terpendek ini menyerupai pasar sosialis Tiongkok, menggabungkan kepemilikan negara tingkat tinggi dengan keterbukaan terhadap investasi langsung asing serta kepemilikan swasta dalam kerangka kerja yang didominasi pasar. Setelah kemerdekaan Laos membentuk ekonomi terencana menyerupai Uni Soviet, sebagai bagian dari restrukturisasi ekonomi yang bertujuan mengintegrasikan laos ke pasar dunia, negara ini menjalani reformasi yang disebut mekanisme ekonomi baru pada 1986, di mana desentralisasi kendali pemerintah dan mendorong perusahaan swasta bersama dengan perusahaan negara. Alhasil saat ini Laos berada di antara ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia bahkan di dunia dengan rata-rata 8% per tahun.

7. Rumah bagi air terjun terbesar di Asia Tenggara
Sejauh ini, berdosa rasanya kalau menyebut laos ini tidak ada apa-apanya. Selain terkurung daratan dan dilalui salah satu sungai bersejarah di dunia, negara yang juga punya pepaya terbesar ini menjadi rumah bagi air terjun terbesar di Asia Tenggara, seperti air terjun Phapheng Khone terletak di sungai mekong di selatan laos dengan titik tertinggi 21 meter, jurangnya sendiri membentang hampir 10 km di sepanjang sungai mekong, nah keberadaan air terjun inilah yang menjadi alasan utama sungai mekong tidak sepenuhnya dapat dilayari untuk sampai ke tiongkok.

Quote:
sumber

Itulah sejumlah fakta tentang Laos negara yang mungkin selama ini tidak cukup dapat perhatian dari kita orang indonesia, bagaimana menurut gansis sekalian? Jangan lupa komen ya, semoga bermanfaat sampai jumpaa..

Referensi : 1 dan 2
Diubah oleh Si.jonii 09-11-2021 00:24
koi7
jagotorpedo
cheria021
cheria021 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.