Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cuma Di Negara Ini Harga Mie Lagi Naik 11%, Negaranyapun Pusing Mikirin Solusinya

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Cuma Di Negara Ini Harga Mie Lagi Naik 11%, Negaranyapun Pusing Mikirin Solusinya


[ HT# 840 ]

Siapa tak mengenal makanan sejuta rakyat Indonesia bahkan dunia, mie instan yang hadir dalam berbagai jenis dan rasa ini tengah menjadi sorotan dunia karena di Korea Selatan harga mie sedang melambung hingga mencapai 11%!

Wow, sebuah harga yang cukup fantastis jika sudah masuk di tanggal-tanggal tua khususnya bagi anak kos dan buruh sederhana akan sangat memberatkan, dan mungkin warung burjo ikut sepi akibat harganya merangkak naik.

Menurut sumber yang saya baca pemerintah Korea Selatan saat ini tengah dipusingkan mencari solusi salah satunya adalah menyederhanakan izin bea cukai produk berjenis biji-bijian dan mendorong produksi biji-bijian lokal agar tidak tergantung lagi pada bahan dasar mie import yang kini kenaikannya pertamakali tertinggi dalam sejarah mereka.

Seperti kita ketahui di Korea Selatan memiliki empat pemain utama mie instan yakni Mongsh*m, Ot*ogi, S*myang, dan P*ldo dimana harga mie instan Sh*n R*myun secara grosir misalnya mulai merangkak naik lebih dari 7% per Agustus.



Selidik punya selidik rupanya biang keladi bahan dasar mie jadi naik karena harga biji-bijian secara global dari eskportir utama seperti Kanada, Rusia dan Amerika Serikat (AS) sedang terganggu musim yang tidak sama akibat kemarau dan sebagian negara mengalami suhu dingin, panen pun tidak bisa dilakukan serempak seperti biasanya yang berakibat supply tidak memenuhi kebutuhan Korea Selatan selama ini.



Beruntungnya kita tinggal di Indonesia dimana sumber pangan pendukung bahan dasar mie ini berlimpah ruah, jadi untuk harga jual ke konsumen bisa dikendalikan. Tapi kalau semua sawah jadi perumahan, generasinya alergi bercocok tanam bukan tidak mungkin kita akan mengalami krisis aneka jenis bahan dasar pendukung mie ini, tentu saja termasuk mie instan, padahal kita tahu negeri kitapun termasuk pengimport kedelai, jadi kudu waspada juga.

Bicara dagang kalau misalkan harga perbungkus mie instan beredar di warung saat ini naik 11% berarti sebungkusnya menjadi rp3.300 dari harga normal rp 3.000 perak, naiknya rp 300 perak tapi dilapangan nanti harganya pasti akan menjadi rp 3.500 karena kembalian recehan di Indonesia itu susah dicari.

Hm, jadi mumpung kita lagi aman soal harga dan stok panganan jenis mie ini harapan saya tetaplah bijak dalam mengkonsumsinya karena apa-apa yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan manusia. tamat.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, Ref: https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ie-instan-naik | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 11-11-2021 15:52
emineminna
keenan09
DyanFarhanandez
DyanFarhanandez dan 22 lainnya memberi reputasi
23
10.6K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.