Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Perlukah Hukuman Tegas dan Keras Untuk Siswa yang Membandel?
Mendidik siswa di masa kini memang seringkali penuh dengan tantangan, hal ini terlihat dari perkembangan zaman yang telah jauh berbeda dari zaman dahulu dimana pendidikan siswa di masa kini dihadapkan dengan hadirnya internet dan sosial media yang terkadang memberikan dampak yang tidak baik bila tidak digunakan dengan tepat terutama bagi anak-anak sekolah yang masih dalam rangka mencari jati diri.

Credit : pojoksatu.id

Mendidik siswa bukan perkara yang mudah karena terkadang mendidik siswa di masa kini serba salah. Saat terlalu tegas seringkali berujung masalah hukum karena orang tua tak terima dengan hukuman yang ada. Saat terlalu lembut seringkali anak didik melawan dan bahkan memperlakukan guru dengan tak hormat mulai dari merokok dalam kelas, membentak guru hingga yang lebih miris adalah menganiyaya guru yang sudah semestinya dihormati oleh dirinya sendiri dan patuh kepada gurunya yang telah mengajarkannya banyak hal.

Problema di dunia pendidikan memang terkadang begitu rumit, saking banyaknya siswa yang menempuh pendidikan di setiap lembaga pendidikan tak jarang anak didiknya tak semuanya bisa terperhatikan. Hal ini seringkali menjadi masalah tersendiri hingga akhirnya muncul banyak kasus mulai dari masalah anak pelajar bolos sekolah hingga melakukan tindakan kriminal. Berbagai masalah yang ada seringkali menjadi PR yang harus diselesaikan oleh setiap lembaga pendidikan. Meskipun tak sedikit siswa yang bisa berprestasi, akan tetapi tak sedikit siswa bandel yang melanggar membuat nama sekolah tercoreng, aturan yang dibuat sudah semestinya efektif guna melindungi generasi muda masa kini dan juga meminimalisir terjadinya anak yang bandel dan susah diatur.

Setiap waktunya selalu saja ada siswa yang bandel dan susah diatur, dan di masa kini rasanya siswa yang bandel seakan menjadi-jadi melakukan sesuatu yang buruk termasuk tidak menghormati guru dan merendahkan martabat guru. Perlakuan yang tak pantas seperti ini sudah semestinya bisa ditindak dan tak bisa dibiarkan begitu saja. Pertanyaannya perlukah peraturan tegas dan keras untuk siswa yang membandel? Hal itu terkadang penting untuk dilakukan.

Peraturan keras dan tegas di dunia pendidikan boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai menghukum siswa yang berlebihan. Berilah hukuman yang mendidik agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Berilah hukuman yang pantas untuk siswa yang membandel namun hindari kekerasan karena bisa saja berurusan dengan hukum karena di masa sekarang karena hal yang terlihat sepele saja bisa berujung penjara yang merugikan guru sendiri.

Credit : beritagar.id

Selain orang tua yang jangan lepas tangan mendidik anak, lembaga pendidikan juga harus bisa menerapkan aturan yang tegas kepada seluruh anak didiknya agar disiplin untuk belajar. Untuk anak didik yang membandel hukuman yang keras mungkin dibutuhkan selama itu wajar seperti skorsing dan sebagainya. Bila anak terus membandel maka jalan lain adalah keluarkan anak tersebut dari sekolah bila memang sudah tak bisa diatur lagi sehingga pihak sekolah jangan plin-plan dalam membuat keputusan yang tegas terhadap siswa yang membandel. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.