millenieAvatar border
TS
millenie
Hal-Hal Ter-ngeri yang Jarang Orang Tahu tentang Kalimantan

Halo dunia hari ini,

Jumpa lagi dengan ane di forum kaskus ini, nah kali ini ane bakal bahas topic menarik nie bos qu, yaitu hal-hal ter unik yang bakal lo temui jika lo pernah ke kalimatan, mungkin juga gak bakal lo temui di tempat-tempat lain di daratan indonesia ini.

Beberapa tahun lalu waktu ane lulus kuliah di jogja ane di ajak temen ane seangkatan dia itu orang dayak asli ke kalimatan bos qu, karena ane suka traveling dan sulit mengatakan tidak ”maklum orang jawa ane” budaya pekiwuh tu masih melekat erat dalam jiwa ane.

Factor lain, ya karena ane tertarik sama wisata nya sih. Dan Anjeer.. di sana selama semingu memang asik sih tapi juga agak serem-serem juga ,karena temen ane itu tinggal nya agak masuk ke hutan gitu. Sempet bingung jug kenapa aku disisni? Mana ane alergi rumput, kalu kena kulit langsung gatel2 gitu.

Nah langsung saja ini beberapa hal unik yang ane temui di kalimatan dan hal hal yang di ceritain sama teman ane sekaligus keluarga nya waktu disana, cekidot:

1. Terbiasa bawa senjata

Spoiler for spoiler:


Jika lo pernah ke kalimatan dan memasuki daerah daerah gitu, lo bakal lihat para laki-laki disana tu bawa parang (Mandau), sedangkan di Kalimantan selatan rata-rata orang Kandangan terbiasa membawa "ganggaman" yang berupa pisau kecil.

Kalau di ibaratkan tuh Mirip banget sama kensin si batosan sang penyayat bos qu yang selalu bawa samurai kemana mana, jika seandai mereka gak bawa sejata atau isilah nya kosongan gitu, bisa jadi mereka udah kebal ama senjata. Jadi jika lo mau wisata kesono lo harus tahu etika, kalau kagak mungkin lo gak isa pulang. Serem dah.

2. Sangu atau bekal

Spoiler for spoiler:


Nah ini penting buat para pendatang atau mau menetap, perlu di garis bawahi jika lo di Tanya sama orang Kalimantan terutama masyarakat daerah, apakah lo bawa “bekal atau sangu”, sebaik nya jangan bilang iya.

Mungkin kalu kita tahu nya “bekal atau sangu” itu barang bawaan, makanan atau minuman. Disana makna nya beda bos qu, itu kayak lo punya kekuatan/kesaktian. Nah kalu lo jawab iya lo bakal di ajak duel seberapa sakti lo. Nangis nangis lo, hahaha.

3. Jangan nolak tawaran makan dan minum jika bertamu

Spoiler for spoiler:


Biasa nya orang kota suka sungkan dan nolak tawaran jika bertamu, kalau di Kalimantan jangan pernah lakuin itu bro, bisa di bilang tu masyarakat kalimantan (khusus nya suku dayak) pantangan untuk menolak tawaran makanan dan minuman dari orang lain, terlebih lagi jika tawaran tersebut adalah minum kopi.

Kayak pamali gitu bro, jika seandai nya di tolak percaya gak percaya bakal ada kejadian aneh bro, istilah nya kepuhunan. Kalau gak percaya coba aja, hehehe.

4. Buang racun

Spoiler for spoiler:


Jadi di di Kalimantan tuh khusus nya wilayah kandangan sama paringin ada istilah nya buang racun. Ini sejenis ilmu ghaib bro. dimana seorang punya ilmu yang bisa menrasfer racun dalam tubuh nya ke makanan.

Missal dia Cuma nyentuh gorengan, kopi atau Cuma pegang pirang dan gelasnya doank di warung umum, nah gorengan sama kopi itu udah otomasits beracun. Katanya orang situ, jika ada orang kayak gitu. Satu satu nya cara biar gak keracunan jangan habisin gorenan dan kopi yang udah di pesen di warung tersebut, disisain.

Maka nya jangan sok sok belagu disana, bisa bisa keracunan dah.

5. Pernikahan terikat

Spoiler for spoiler:


Pernikahan terikat masksud nya, jila lo cowok(perantau) menikah dengan gadis dayak yang tinggal di kalimatan(apa lagi pelosok). Sudah di pastikan sangat sulit buat pulang kampong, mungkin bisa tapI sangat sulit. Soal nya Masyarakat di sana sangat protect anak perempuannya. Coba cek temen lo yang gak pulang ke kampong lo selama bertahun2, bisa jadi dia udah nikah sama orang sana.

6. Terkenal sakti

Spoiler for spoiler:


Fakta ini mungkin udah gak di ragukan lagi bro, jika lo lahir di jaman old paham bgaimana perang sampit. Tombak nya bisa terbang lansung nacep ke leher, njerrr. Dan beberapa suku dayak yang tinggal di pedalaman hutan dan menganut kepercayaan Kaharingan serta mempraktikkan ritual kepercayaan dengan dibungkus "hembusan" kisah magis.


Nah itu dia yang ane dapat dari rumah temen ane dan cerita keluarga nya dia. Cukup bikin ane cepet cepet balik jogja. Jika lo ada cerita apa saja hal ngeri di kalimantan lo bisa shared di kolom komentar. Terimakasih


Penulis: millenie

Sumber: pengalaman liburan ke kalimatan dan cerita temen ane yang suku dayak

Diubah oleh millenie 04-11-2021 21:17
rotten7070
screamo37
iblast867583
iblast867583 dan 56 lainnya memberi reputasi
53
16.3K
259
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.