Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

carlser12Avatar border
TS
carlser12
PULSK, Situs WOW yang Sudah Tidak WOW Lagi (Rabbit Hole)


Halo, teman-teman KasKus sekalian! Saya Carlton Serian mau membuka ingatan-ingatan tersembunyi kalian dari sekitar tahun 2012-2015, terutama soal situs 'media sosial' yang tidak lain adalah PULSK.com. Saya yakin banyak yang tahu, tapi saya tahu bakal ada yang nanya,

"Carl! PULSK tuh apa? Namanya susah amat disebut?"

PULSK itu situs web buatan anak-anak Indo, di mana member bisa posting gambar, artikel sama video. 

Atau lebih tepatnya, gambar, gambar+artikel atau nge-link video YouTube. 

Dari bagian 'About' situsnya, PULSK ini kurang lebih mulai tahun 2012, dan kalau boleh jujur, saya merasa udah ngunjungin PULSK sebelum tahun itu juga, tapi ingatan ane soal situs ini agak samar-samar. More on that later.

Kalau Facebook sama YouTube punya Like, Reddit punya upvote, PULSK punya sistem rating yang disebut WOW. Kalau kalian lihat postingan yang kalian suka, dan udah log in, kalian bisa tekan tombol WOW di postingan tsb, atau bahkan ninggalin komentar.

Kategori postingan yang kalian lihat dan kirim macam-macam, dari Meme, Misteri, Kartun & Anime, Cerita & Fiksi, dll. Dulu awal-awal saya sendiri suka lihat-lihat di kolom-kolom yang saya tuliskan di atas (kecuali C&F, yang kalau nggak salah ditambahin beberapa bulan kemudian). Kadang-kadang saya ngintip bagian top post buat lihat-lihat hal yang lebih bervariasi, seperti foto tempat wisata, artikel tentang orang-orang hebat, semacam itulah. Kemudian orang-orang mulai posting cerbung di sana, dan saya pun mulai nggak peduli dengan hal-hal selain itu.

Seberapa berpengaruh, kah situs ini? 

Sebelum dicek ane kurang yakin, tapi saya yakin banyak dari kalian yang ketipu soal hoax Naruto Akkipuden sama Naruto Akatsuki dari sana juga. Saya inget jumlah WOW dua artikel itu sampe ribuan.

Selain itu, artikel yang saya temuin di KasKus soal PULSK cuman ada lima, dan satu di antaranya adalah keluhan dari seorang penulis KasKus yang tulisannya di repost di sana. Berita terakhir di situs berita yang lebih populer macem KOMPAS soal situs PULSK.com juga dari tahun 2013. 

Itu bisa berarti tiga hal: 1. Mereka berhasil dalam hal nggak bikin drama yang patut mendapat perhatian media berita. 2. Mereka nggak bikin inovasi apapun yang dapat menarik perhatian publik. 3. Orang-orang behenti peduli sama situs ini, which is natural.

Ok, to be fair, bahkan YouTube sama Facebook nggak diberitain setiap hari atau semacemnya, tapi saya juga nggak nemu artikel atau semacemnya soal bagaimana situs PULSK berubah.

Kalian sudah baca deskripsi saya soal PULSK di atas? Beserta hal-hal yang bisa kalian lakuin di sana? Sekarang kalian nggak bisa ngelakuin semua itu di sana. Nggak bisa posting, nggak bisa nge-WOW, nggak bisa komen, bahkan nggak bisa log-in.

Website satu ini jelas sekali udah berubah banyak, entah dalam penampilan, kepopuleran, dan cara kerja.
Spoiler for "Evolution" of PULSK.com (courtesy of archive.org):


A. Seberapa Populer kah PULSK.com?

Jadi, seberapa populer situs satu ini di pertengahan 2010-an? Dan bagaimana dibandingkan tahun ini? Kita coba lihat di Google Trends. Pertama saya akui dulu, kalau ngelihat seberapa populernya satu situs dengan cara ini mungkin nggak terlalu bisa diandalkan, jadi tolong ingat-ingat itu.

Kedua, chart di bawah tidak mewakili berapa orang yang nge-search tentang Pulsk, tapi perbandingan seberapa besar search interesttentang topik tsb dari bulan ke bulan. Jadi kalau kalian lihat satu bulan nilainya seratus, bukan berarti ada 100 berapa orang yang search tentang PULSK, melainkan bahwa di bulan itu search interest PULSK berada paling tinggi.

Selanjutnya, mari lihat dulu...




Di gambar atas kalian bisa lihat perbandingan seberapa seringnya topik "Pulsk" dicari di Google dari tanggal 03 Juli 2012 sampai 03 November 2021. Bagian yang paling tinggi itu adalah puncak kepopuleran dari topik "Pulsk", yang seperti kalian lihat adalah bulan Agustus 2013, dan tiba-tiba, di bulan September jadi turun, begitu pun bulan Oktober, dan meskipun penurunannya berhenti selama beberapa bulan, tetap anjlok ke bawah juga hingga ke nol.

Coba perhatikan ke bagian yang mulai anjlok itu, di bulan September. Kalian tahu kan apa yang terjadi ke PULSK di bulan September 2013? Kalau jawaban kalian "desain sama skema warnanya berubah drastis", kalian betul. Kalian bisa artikan ini sebagai "orang-orang nggak suka perubahan desain PULSK", tapi masih ada kemungkinan lain. Mungkin momentum yang didapat PULSK dari KOMPAS sudah menurun, atau mungkin orang-orang mulai masuk PULSK nggak lewat Google Search.

Saya kurang tahu juga.

Itulah kenapa saya mau diskusikan soal PULSK di sini. Saya penasaran perasaan kalian soal situs satu ini, dari perubahan desainnya, seberapa sering kalian ke sana sekarang, dan berapa orang yang kalian tahu masih ngunjungin situs itu. Selain itu, saya mau tahu apa kalian punya keluhan yang sama soal PULSK dengan saya.

B. Keluhan Soal PULSK.com

Keluhan saya, dan pastinya banyak member, soal PULSK, selain soal pilihan warna dan layout, nggak bisa diabaikan juga. Sebagian bisa dibilang agak nyebelin, dan yang lain benar-benar mengganggu. Saya coba list dulu, dimulai dari yang berhubungan dengan perubahan desainnya.

1. Nggak Bisa Hapus Postingan
Setelah perubahan desain yang akhir September 2013 itu, tiba-tiba fungsi 'hapus post' ngga berfungsi. Mungkin ada yang pikir setelah perubahan layout drastis lain di bulan Desember 2013 masalahnya udah diperbaiki, tapi ya... nggak. Bahkan seingat saya tahun 2015 pun masalahnya masih ada.

2. Postingan Ngilang
Mari kita lihat dua gambar. Yang ini layout laman profil user PULSK bulan Juni 2013.
Spoiler for Laman User PULSK Juni 2013:


Dan ini layout laman profil user September 2013.
Spoiler for Laman user PULSK September 2013:


Perbedaan keduanya jelas kelihatan, tapi kalian tahu masalahnya? Kolom testimoni atau pesannya dipindah dari samping layar ke samping daftar postingan. Saya nggak keberatan sih sama perubahan itu, kalau nggak ada kendalanya.

Bagi yang bilang kotak pesan dan profile visitors itu nggak nyembunyiin postingan user di belakangnya, ho-hooo... you naive child, kalian salah. Kemungkinan besar karena kotak pesan itu, postingan kedua dan ketiga terakhir (atau ketiga dan keempat terakhir, saya kurang ingat) dari seorang user jadi nggak bisa keliatan di laman user, seakan ketutup kotak pesan itu.

Akhirnya, kalau misalnya kalian mau bikin cerbung terus mau kirim part 4, kalian harus kirim dua postingan dulu (yang saya sebut "fodder") sebelum upload part 4, supaya part 3 (dan mungkin part 2 juga) nggak ngilang di laman user. Saya jadi terpaksa nyuri ded meme buat dijadiin 'fodder'.

3. "Paling WOW" dan "Terbaru"
Di desain PULSK awal 2013 kita bisa lihat postingan "Paling WOW" dan "Terbaru" dari setiap kategori pilihan kita. Sekarang, "Paling WOW" dan "Terbaru" seakan jadi kategori mereka sendiri, nggak bisa filter kategorinya, digabung-gabung antara semua kategori.

4. Iklan
Kalian ngeluh soal dapet dua iklan di video YouTube yang durasinya cuma delapan detik? Gimana kalau dapet iklan berisik ketika mau ngeliat gambar doang. Karena emang kayak gitu di PULSK dulu. Saya mau memperbesar gambar meme di sana, saya tab out buat nulis cerbung, tiba-tiba ada suara iklan keras banget. Itu cuma buat liat gambar loh.

5. Search Bar
Sekarang ke masalah yang sudah ada sebelum situsnya ganti warna tema. Pasti udah keliatan di gambar "Evolution" of PULSK.comdi atas kalau situs ini punya 'fungsi' search, dan kadang-kadang suka ngilang juga. 

Jadi kenapa saya nggak ngeluhin soal itu, tapi ngeluhin soal icon kategori? Soalnya itu fungsi search nggak pernah bener-bener jalan. Selain itu, seingat saya, semakin lama fitur search PULSK makin memburuk, dan sekarang malah nggak guna sama sekali.

Saya bisa nemu profil lama saya dengan nge-search username saya dengan tambahan kunci kata "PULSK" di Google, dan saya bisa nemu akun teman-teman lama saya dengan nge-klik bagian "Following". Bagian "Followers" nggak jalan btw.

C. Keadaan PULSK Sekarang Ini

PULSK.com masih bisa diakses sekarang ini, dan masih ada user yang suka posting, dan postingan-postingannya nggak terlalu jauh dengan terakhir kali saya ke sana. Tetapi, ada yang salah nih kayaknya. Pertama, liat user yang posting.

Kalian mungkin bisa liat nama-nama yang terus muncul, macem Bella Jinova, Arif Holti, Astro Maya, buzz dll.

Spoiler for spoiler:


Kalau kalian cek profil mereka masing-masing, kalian bisa nemu satu dari dua ekstrim. Di satu sisi ada yang join tahun ini atau tahun lalu, dan di satu sisi ada yang join awal atau pertengahan 2010-an.

"Lah kok orang yang gue lihat postingannya dikirim dua bulan yang lalu itu postingan paling atas di profilnya tahun 2015?"

Jangan panik, saudara-saudara. Ini cuma karena pernyortiran postingan di laman profil pengguna PULSK agak, ya... patut dipertanyakan

Spoiler for spoiler:


Saya ngeliat masih ada orang bisa posting, jadi saya nganggep "hey, saya mungkin bisa juga", tapi masalahnya saya nggak bisa login. Kalau kalian masuk ke laman login, kalian bisa pilih login dengan Facebook atau Twitter. Saya pilih FB, blank page. Saya pilih Twitter, blank page. Saya nggak pernah login ke PULSK pake username atau password, dan saya juga nggak pernah nemu link buat registrasi akun PULSK tanpa FB atau Twitter, bahkan di tahun 2013 dulu.

Jadi karena saya nggak punya cara buat login, saya juga jadi curiga kalau para user aktif ini bukan user yang bisa bikin akun, login dan posting sesuatu sesuka hati, tapi orang-orang yang dibayar buat nulis di sana. Tapi lagi, saya bisa aja salah, dan ada beberapa user non-bayaran yang bisa masuk dan posting di sana buat senang-senang, kayak dulu aja. Kalau memang benar begitu, saya mau tanya bagaimana mereka bisa login. Agak kangen juga soalnya.

Kalau PULSK.com ternyata memang berubah jadi semacam laman berita atau hiburan di mana para user di sana dibayar buat posting artikel dll, saya juga nggak keberatan kok. Cuma mungkin laman 'About PULSK.com' harus diganti dikit.

Cuman aneh aja nggak ada yang nulis cerbung pake gambar annie may kayak dulu.

Spoiler for Kategori Cerita & Fiksi Saat Artikel Ini Ditulis:


Dan kayaknya kategori "Game & Software" sama "Musik, Film & Buku" hampir ga kesentuh sama sekali.

Spoiler for Kategori "Musik, Film & Buku" dan "Game & Software":


Gimana ya? Semakin ke sini makin banyak pertanyaannya, jadi mari kita akhiri di sini dulu. Ok...

Spoiler for I have more followers than these folks lol:



Kesimpulan

Jadi, setelah semua itu, apa pendapat saya soal PULSK.com? Saya rasa PULSK itu situs yang menarik dan kelihatan bagus di awal tahun 2013 dan sebelumnya, yang kemudian membuat keputusan yang patut dipertanyakan, terutama dalam hal desain. Situs ini memang punya kekurangannya, bahkan di saat-saat saya paling suka, tapi nggak perlu disangkal lagi, saya punya kenangan indah dengan situs ini, dan saya ketemu beberapa orang teman karenanya.

Terima kasih sudah membaca artikel saya ini. Maaf kalau ada kesalahan dan mungkin terlalu panjang. Kemungkinan setelah ini saya akan melakukan tanya jawab dengan perwakilan PULSK.com.

And as always, have a nice day
Tonozz
serapionIeo
nyol21
nyol21 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
9.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.