Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

payungpinkAvatar border
TS
payungpink
2 PRESIDEN YANG TERLUPAKAN
2 PRESIDEN YANG TERLUPAKAN


Jika ada pertanyaan .. ada berapakah jumlah Presiden yang ada di Indonesia? tentu saja sudah pastinya rata - rata akan menjawab :

1) Ir.Soekarno
2) Soeharto
3) B.J.Habibie
4) Abdurahman Wahid (GUS DUR)
5) Megawati Soekarno Putri
6) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
7) Joko Widodo (JOKOWI)

Namun apakah ada yang tau , bahwa sebenarnya Indonesia mempunyai Presiden berjumlah 9 , lho kenapa berjumlah 9? Lalu dimana dan siapa 2 Orang Presiden yang belum disebutkan?

Dibalik pengetahuan masyarakat tentang Indonesia yang mempunyai 7 Presiden itu , kali ini saya akan membahas dan siapakah kedua Presiden itu?

Dua Presiden itu / dua tokoh itu adalah (1) Mr.Sjafruddin Prawiranegara dan (2) Mr.Assaat , kedua tokoh itu tercatat dan diketahui bahwa mereka pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia , namun dewasa ini tak banyak yang tau tentang kedua tokoh tersebut , entah apakah mereka TERLUPAKAN atau DILUPAKAN secara sengaja??

Yuk mari kita kenali lebih dalam 2 Presiden tersebut
=====================================

1) SJARIFUDDIN PRAWIRANEGARA

Sjafruddin Prawiranegara mungkin bagi sebagian orang tak begitu mengenal siapakah sosok pria berkacamata ini?? Namanya juga tak setenar orang - orang yang pernah hidup di Era Presiden Soekarno

2 PRESIDEN YANG TERLUPAKAN


Namun sepak terjangnya tak diragukan lagi , beliau adalah Menteri Kemakmuran Republik Indonesia di Era Presiden Soekarno.

Beliaulah Sang Presiden Penyelamat Republik Indonesia , Sjafruddin Prawiranegara lahir di Serang pada tanggal 28 Februari 1911 , beliau memiliki darah keturunan Sunda dari pihak Ibu dan campuran Sunda Minangkabau dari pihak Ayahnya

Buyut dari pihak ayahnya Sutan Alam Intan masih keturunan Raja Pagaruyung di Sumatra Barat yang kemudian dibuang ke Banten dikarenakan terlibat Perang Padri.

Sjafruddin Prawiranegara tercatat pernah bekerja sebagai Pegawai Siaran Radio Swasta - Petugas Keuangan Belanda dan Menjadi Pegawai Departemen Keuangan Jepang sebelum akhirnya beliau menjadi Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Pada tanggal 19 Desember 1948 (Agresi Militer Belanda II) Pemerintah Republik Indonesia jatuh ke tangan Belanda. Bung Karno dan Bung Hatta ditangkap dan kemudian di asingkan ke Pulau Bangka oleh Belanda , di dalam pembuangan tersebut Bung Karno diam - diam mengirimkan telegram kepada Sjafruddin Prawiranegara yang saat itu menjabat sebagai (Menteri Kemakmuran R.I)  yang berisikan mandat untuk segera membentuk Pemerintahan Darurat di Sumatra jika pemerintahan tidak bekerja dengan semestinya.

isi telegram itu berisi "Kami, Presiden Republik Indonesia memberitakan bahwa pada hari Minggu tanggal 19 Desember 1948 djam 6 pagi, Belanda telah mulai serangannja atas Ibu-Kota Jogyakarta. Djika dalam keadaan Pemerintah tidak dapat mendjalankan kewadjibannja lagi, kami menguasakan kepada Mr Sjafruddin Prawiranegara, Menteri Kemakmuran RI untuk membentuk Pemerintahan Darurat di Sumatra," 

Saat itu Sjafruddin Prawiranegara langsung mengambil inisiatif untuk mengambil alih Pemerintahan karna mengalami Kekosongan (Vacuum Of Power)

Hingga pada akhirnya pada tanggal 22 Desember 1948 Sjafruddin Prawiranegara memproklamirkan berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI)

Berkat kesigapan ini , PDRI berhasil memaksa Belanda untuk berunding dan terjadilah Perjanjian Roem - Royen yang nantinya akan membebaskan Soekarno - Hatta dan kawan - kawan

Kemudian pada tanggal 14 Juli 1949 PDRI menyerahkan kembali kekuasaan sementaranya kepada Republik Indonesia , dan secara otomatis usai sudah jabatan Sjafruddin Prawiranegara sebagai Presiden PDRI yang berjalan selama 8 bulan, selepas itu Sjafruddin Prawiranegara mengemban jabatan baru yaitu sebagai Menteri Keuangan pada bulan Maret tahun 1950.

Usai itu Sjafruddin Prawiranegara dikabarkan menjadi Pendakwah , yang pernah menjabat juga sebagai Ketua Korp Mubaligh Indonesia (KMI)

Kegiatan di hari tua nya itu tak berjalan mulus dikabarkan beliau seringkali dilarang naik ke Podium saat ingin berdakwah

Pada tanggal 15 Februari 1989 kabar duka menghampiri Bumi Pertiwi , salah satu anak bangsa meninggal dunia .. Sjafruddin Prawiranegara tutup usia di usia 78 tahun.

*****



2) MR. ASSAAT

Beliau adalah Mr.Assaat , lahir di Sumatera Barat pada tanggal 18 September 1904 beliau adalah seorang politisi dan termasuk pejuang Kemerdekaan Indonesia

2 PRESIDEN YANG TERLUPAKAN


Menurut rentetan Sejarah Indonesia , beliau pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pada saat masa Pemerintahan Republik Indonesia di Jogjakarta (27 Desember 1949 – 15 Agustus 1950) , selain itu beliau juga tercatatat pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia (6 September 1950 – 27 April 1951)

Pada tanggal 27 Desember 1949 di Den Haag - Belanda , tempat ditandatanganinya Perjanjian Konfrensi Meja Bundar (KMB) , memutuskan bahwa Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS)

RIS adalah Republik Indonesia Serikat, dan perlu diketahui RIS Bukanlah Republik Indonesia , RIS adalah negara yang berbentuk federal dengan terdiri 16 negara bagian seperti :

1) Negara Republik Indonesia
2) Negara Pasundan
3) Distrik Federal Jakarta
4) Negara Jawa Timur dll

Wilayah yang berdiri sendiri (Otonom)
1) Jawa Tengah
2) Kalimantan Barat
3) Dayak Besar
4) Daerah Banjar dll

Dari hasil KMB menetapkan bahwa Ir.Soekarno dan Drs.Moh Hatta sebagai Presiden dan Perdana Menteri RIS , yang secara otomatis bahwa telah terjadi kekosongan pimpinan di Republik Indonesia

Pada saat itu ditunjuklah Mr.Assaat sebagai Pemangku Jabatan sementara Republik Indonesia , peranya sangat - sangat penting , karena jika saat itu Mr.Assaat tidak menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia , mungkin Republik Indonesia sampai sekarang tidak pernah ada

Selepas KMB , banyak dari negara - negara bagian RIS menginginkan untuk kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sehingga pada akhirnya bergabung ke Republik Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Mr.Assaat , lalu kemudian terjadilah kerja sama antara Republik Indonesia dengan RIS yang menghasilkan sebuah kesepakatan kembali kepada NKRI

Sehingga akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1950 , Mr.Assaat kemudian menyerahkan kembali Jabatan yang pernah disandangnya yaitu sebagai Presiden Republik Indonesia kepada Ir.Soekarno , dengan begitu ada sebuah peristiwa Sejarah yang sangat penting yang pernah terjadi dalam kurun waktu 1945 - 1950 , dengan dikembalikannya lagi Jabatan Presiden Republik Indonesia kepada Ir.Soekarno itu menandakan bahwa Mr.Assaat pernah menjadi seorang Presiden RI dengan waktu singkat yaitu 9 bulan (27 Desember 1949 - 15 Agustus 1950) . Pada tanggal 16 Juni 1976 Mr.Assat tutup usia.

Dan ada suatu peristiwa unik dan penting yang terjadi pada saat Mr.Assaat memangku Jabatan sebagai Presiden Republik  Indonesia yaitu Ditanda tanganinya status pendirian Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Universitas Pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia

Menurut saya peristiwa Penandatanganan Status Pendirian Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Universitas Pertama yang didirikan Republik Indonesia itu menadi bukti bahwa peran Mr.Assaat sangat penting bagi Negara ini dan tentunya UGM akan selalu mengingat terus Mr.Assaat

Mr.Asaat Presiden ke - 3 Republik Indonesia yang terlupakan , semoga Jasa dan Perjuanganmu mempertahankan Republik ini akan terus dan selalu dikenang.

Mr.Sjafruddin Prawiranegara dan Mr.Assaat adalah 2 Presiden yang pernah dimiliki oleh Indonesia , keduanya adalah salah tokoh penting dalam Sejarah bangsa ini  - keduanya pula pernah menyelamatkan Republik ini - dan keduanya pula terlupakan oleh bangsanya sendiri - Bangsa yang pernah mereka perjuangkan - Bangsa yang pernah mereka selamatkan


***selesai***




[/JUSTIFY][/JUSTIFY]
Diubah oleh payungpink 04-11-2021 18:55
Siege
pakisal212
prabas
prabas dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.