si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
McLaren Artura Mengalami Kecelakaan Pertama di Spanyol
Ada kabar kurang sedap datang dari segmen supercarhybrid gan sist, mengutip artikel dari CarsCoopsebuah McLaren Artura setir kanan berkelir biru mengalami kecelakaan di Spanyol. Kecelakaan tersebut pertama kali dilaporkan oleh akun Instagram supercar.fails pada hari Kamis (04/11/2021). Mobil berkelir biru itu dilaporkan bertabrakan dengan sedan BMW setir kiri berkelir perak, hal ini menjadikannya kecelakaan pertama yang dilaporkan dari supercar bermesin tengah ini. Untungnya tidak ada yang terluka karena mobil melaju dengan kecepatan rendah.

Gambar dan video yang diunggah di Instagram oleh  supercar.fails  menunjukkan mobil Artura memakai plat nomor Inggris, belum diketahui pasti bagaimana kronologi kejadian ini. Sementara itu sedan BMW setir kiri yang terlibat kecelakaan diketahui merupakan Seri 3 E90 (keluaran 2005-2011). Menurut CarsCoop supercar buatan Inggris ini akan membutuhkan bumper, kap mesin dan lampu depan baru, kemungkinan juga fender depan. Meskipun kerusakannya cukup parah, hal itu bisa diperbaiki selama monocoque serat karbon dan powertrain tidak tersentuh. 


Quote:




Mengingat bahwa Artura biru ini terdaftar di Inggris, CarsCoop meduga jika mobil itu merupakana mobil "press car" yang juga berpartisipasi dalam Goodwood Festival of Speed ​​tahun ini yang digelar di Inggris pada 8-11 Juli 2021. Adalah normal bagi produsen mobil untuk menggunakan "press car" untuk test drive dengan pelanggan potensial, tetapi sampai saat ini tidak diketahui secara pasti apakah benar Artura tersebut merupakan unit press car.

Sebagai tambahan informasi, McLaren Artura dilengkapi dengan powertrain hybrid plug-in yang terdiri dari twin-turbo 3.0-liter V6, yang kemudian dipadukan dengan motor listrik yang memakai baterai lithium-ion 7,4 kWh yang mmebuat Artura mampu berakselerasi hingga kecepatan 130 km/jam. Output gabungannya adalah 671 hp (500 kW/680 PS) dan torsi maksimal hingga 720 Nm yang memungkinkannya berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik saja. Untuk transmisinya adalah 8-speed otomatis.

Supercar ini sebenarnya termasuk barang baru, pasalnya supercar ini pertama kali diluncurkan pada 16 Februari 2021, tetapi pengiriman pertama kepada konsumen akan dimulai pada akhir tahun ini. Sementara itu peluncuran untuk pasar AS awalnya dijadwalkan untuk Juni tahun ini, tapi saat ini peluncurannya telah ditunda untuk sementara waktu.


Quote:



Mengutip artikel carvaganza.comArtura memakai arsitektur baru MCLA (McLaren Carbon Lightweight Architecture) pada platformnya yang khusus dibangun untuk mesin listrik. McLaren Artura juga diklaim sebagai model lansiran McLaren pertama berteknologi hybrid yang akan diproduksi masal.  Sebelumnya memang ada mobil hybrid McLaren P1, namun diproduksi mobil itu masih sangat terbatas.

McLaren Artura memiliki ventilasi samping yang lebih fungsional dan juga terdapat ventilasi udara di atas rodanya. Sementara itu ruang headlightnya dipenuhi dengan LED dengan desain yang lebih kecil dari seri 570S. Sementara pada bokong seksinya terdapat dua knalpot besar yang diapit oleh lampu belakang berbentuk pipih.

Arura kini menjadi salah satu supercar buatan Inggris dengan performa yang paling cepat paling tidak jika disandingkan dengan produk McLaren yang lain, yakni 570S. Jika agan dan sista bernia menebus mobil ini, gan sist harus menyiapkan uang hingga US$ 250.000 atau setara Rp. 3,5 miliar. Harga tersebut belum termasuk pajak, pengiriman dan biaya opsional untuk tampilan interior dan eksteriornya. Di Eropa, Artura sudah mulai bisa dipesan dan pihak pabrikan akan mengirim mobil ke rumah pembeli pada akhir tahun 2021

Quote:



Sekian informasi dari segmen roda empat yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, TS juga berpesan bagi agan dan sista untuk tetap berhati-hati dan wasapada saat berkendara di jalan, bail saat memakai kendaraan roda empat maupun roda dua. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: CarsCoop& carvaganza.com
Ilustrasi Foto: carscoop.com, Instagram & McLaren
feraldi2001
ain.s
asamboigan
asamboigan dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.