Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Ikan Ajaib Yang Bisa Hidup Di Darat, Bahkan Ada Yang Bisa Memanjat Pohon Juga!

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
5 Ikan Ajaib Yang Bisa Hidup Di Darat, Bahkan Ada Yang Bisa Memanjat Pohon Juga!
Ikan adalah hewan yang hidup di air yang bernapas menggunakan insang, makanya mereka tidak akan bisa lama-lama berada di darat bahkan mereka bisa mati. Siapa yang sangka ada juga beberapa jenis ikan yang bisa bertahan hidup di darat, malah ada ikan yang bisa hidup hingga puluhan tahun tanpa air, mau tahu ikan apa saja itu yuk kita simak ulasan berikut ini..

1. Gabus utara
Quote:
sumber
Ikan Gabus Utara ini adalah ikan dengan nama ilmiahnya yaitu Channa Argus atau spesies ikan yang juga bisa hidup lama-lama di darat, ikan gabus utara adalah ikan yang berasal dari cina, korea dan rusia. Ia bisa bertahan di darat selama 4 hari loh, ikan ini juga bisa berlama-lama keluar dari air baik di lingkungan yang berlumpur maupun yang lembab, saat air di tempat mereka mengering ikan ini bisa berjalan menuju daratan mencari tempat baru untuk mengubur diri di dalam lumpur sampai kembali berair. Setelah itu ikan ini juga disebut sebagai predator air tawar yang sangat berbahaya, dia bisa melahap habis ikan-ikan lainnya, karena kemampuannya bisa bertahan di daratan ia akan membangun sarang pada musim kimpoi di antara tumbuhan dekat tepi air.


2. Killifish
Quote:
sumber
Killifish adalah ikan yang dapat hidup diair surut maupun didaratan. Ikan kecil ini sangat kuat walaupun ukurannya cukup kecil, selain bisa hidup di darat ikan ini juga bisa hidup di perairan yang beracun. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ikan ini bisa bertahan 8000 kali terhadap racun wow, cara mereka kimpoi juga sangat unik yaitu pejantan yang akan menjaga wilayahnya, saat ada jantan lainnya maka ikan ini bisa langsung berkelahi dan ketika dapat betina lain yang masuk ia akan langsung mengawininya juga waduh kok gitu ya hehe. Nah karena ikan ini bisa bertahan di darat, telurnya bisa beradaptasi saat air mengering dan baru mengalami dormansi saat hujan turun.


3. Tembakul
Quote:
sumber
Gansis pernah lihat ikan lompat ke darat dan berjalan-jalan? Nah itu adalah ikan tembakul ya, tembauk adalah ikan yang hidup di dua alam, ikan yang tampaknya sangat sangar ini bahkan bisa memanjat akar pohon bakau dan melompat jauh, tidak hanya di tepi perairan tetapi ikan ini bisa juga direrumputan. Ikan ini memiliki pangkal sirip dada yang berotot yang memungkinkan siripnya menekuk dan berfungsi sebagai tangan, sirip tangan inilah yang ia gunakan untuk merayap, mengangkat dan melompat. Selain fisik luarnya yang hebat, ia juga didukung oleh lapisan lendir di mulut dan tenggorokan nya, tembakul juga menyimpan air di rongga insang nya untuk bisa bertahan di lokasi yang berair, kalau air surut ikan ini akan menggali lubang di lumpur untuk dijadikan sarang. Waktunya hampir 90% dihabiskan di darat dibandingkan diair wah hebat juga ya.


4. Climbing Perch
Quote:
sumber
Climbing Perch adalah ikan yang selain memiliki insang juga memiliki paru-paru, makanya ia bisa hidup di darat bahkan bisa berhari-hari berada didaratan. Tak jarang ikan ini akan melakukan hibernasi di lingkungan rumput selama 6 bulan lamanya, ikan ini juga memiliki sirip tersendiri yang cukup kuat menopangnya saat mengangkatnya di daratan, sirip berukuran 25 cm ini bisa dilebarkan dan menarik tubuhnya untuk merangkak. Ikan ini adalah ikan asli asia tenggara yang menyebar ke indonesia dan papua selama 40 tahun, pertama kali ditemukan di kepulauan yang paling tidak terjangkau oleh manusia yakni Torres Strait Australia Utara, nah siripnya ini akan menutup ketika predator mencoba memakannya. Jadi ia akan membuat mulut predator yang hendak memakannya tidak bisa menelan dan akhirnya mati.


5. Lungfish
Quote:
sumber
Lungfish afrika adalah jenis ikan yang bisa hidup di darat, ikan ini sungguh mengejutkan bagi banyak peneliti karena memiliki insang dan paru-paru. Makanya walaupun yang bernafas memakai insang di air ia akan ke darat juga untuk menghirup oksigen bahkan ikan ini bisa hidup di lingkungan yang kering dan tandus, cara mereka bersarang juga sangat unik karena  mereka akan menggali lumpur dengan mulutnya dan menutupi sarang tadi dengan lendir yang ia produksi. Jadi ia akan terbungkus serupa kepompong, hal ini dilakukannya saat ingin berhibernasi selama berbulan-bulan bahkan bisa bertahun-tahun, ia hibernasi saat air surut dan menunggu Kembali saat sudah berair, telurnya juga akan berada di sana selama mungkin bahkan bisa sampai puluhan tahun lho selama kepompongnya tetap lembab.

Nah itulah tadi 5 ikan yang bisa hidup di darat gimana menurut kalian, komen dibawah yaa. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..
Diubah oleh Si.jonii 03-11-2021 03:32
Okutet
murad89
pulaukapok
pulaukapok dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.