• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • 5 Tumbuhan Yang Dianggap Aneh Tapi Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh, Apa Aja Ya?

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
5 Tumbuhan Yang Dianggap Aneh Tapi Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh, Apa Aja Ya?
Sekarang sudah masuk musim pancaroba nih, musim yang juga dikenal dengan kedatangan banyak penyakit karena peralihan musim membuat tubuh beradaptasi kembali dan cuaca berubah menjadi ekstrem seperti angin yang bertiup lebih kencang dan hujan yang datang mendadak dalam waktu singkat serta udara yang terasa lebih panas. Nah saat musim peralihan begini jangan langsung ke apotek ya gan karena kalian bisa memanfaatkan 5 tumbuhan berikut untuk mengobati beberapa penyakit, manfaatnya tidak kalah lho dari farmasi hehe. Bahkan beberapa ada yang bagus untuk kecantikan juga, penasaran yuk ke TKP..

1. Daun Sirih
Quote:
sumber
Mungkin sudah banyak ya dari kita semua yang mengetahui khasiat daun sirih, tanaman yang menjulur dengan daun lebar yang kaya akan kandungan saponin, tanin serta beberapa jenis minyak esensial, daun sirih ini memiliki sifat antiseptic, anti inflamasi, bisa mendinginkan kulit dan jika dikonsumsi daun sirih yang akan memberi manfaat yang banyak untuk organ tubuh, biasanya dipakai untuk mengatasi masalah menstruasi dan bronchitis. Banyak sekali kegunaannya, malah daun sirih juga bisa menghentikan pendarahan hidung saat mimisan, cukup gulung selembar daun sirih dan masukkan ke dalam lubang hidung yang mimisan untuk pengobatan luka bakar ringan hancurkan 3-5 daun sirih campur dengan 2 sendok madu kemudian letakkan ke kulit yang terbakar dua kali sehari. Dan jika payudara bengkak sehabis menyusui bakarlah daun sirih merah sampai layu kemudian langsung tempelkan pada payudara yang bengkak, konsumsi daun sirih bisa mengatasi diabetes juga lho serta tekanan darah tinggi, inflamasi prostat dan sakit perut. Bahkan jika gusi kalian berdarah cukup kumur air rebusan daun sirih tiga kali sehari.


2. Lidah Buaya
Quote:
sumber
Lidah buaya juga dikenal dengan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh kita, bentuknya itu serupa kaktus namun isinya berlendir dan memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Pemanfaatan untuk kecantikan wajah bisa dengan menempelkan bagian tengah lidah buaya yang sudah dibelah menjadi dua bagian tempel selama 30 menit kemudian bilas ya, hal itu bisa menghilangkan jerawat, komedo, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan wajah. Kemudian pemanfaatan untuk rambut lidah buaya bisa dijadikan masker rambut yang digunakan sebanyak 2 kali sehari sebelum keramas, untuk menghaluskan bibir dan membuat bibir merah alami oleh saja lidah buaya pada bibir setiap hari dan yang terakhir jika kalian ingin melakukan perawatan kulit tubuh lidah buaya bisa menjadi pilihan yang bagus seperti pada wajah cukup belah lidah buaya menjadi 2 bagian kemudian tempelkan ke seluruh bagian tubuh, bisa jadi tabir surya sekalian ya, melembabkan kulit dan mencerahkan serta menghilangkan bekas luka di kulit.


3. Binahong
Quote:
sumber
Kalian pernah lihat tumbuhan Binahong gak? tanaman yang cantik dan dijadikan hiasan pagar tuh di rumah, tanaman dengan daun berwarna hijau kemudian batangnya lunak berwarna ungu dan berakar. Tanaman ini tumbuh memanjang bercabang dari batang tunggal nya, banyak yang memanfaatkannya untuk terapi ginjal dan sudah dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu sebagai obat alami, manfaatnya masih banyak lagi ya seperti obat kanker dan paru-paru, obat jerawat, luka bakar dan nyeri haid. Untuk ginjal kalian tinggal meminum air rebusan daun nya, nah jika kalian sedang terluka ambil daun binahong cuci kemudian remas atau tumbuk hingga halus tempelkan pada luka tunggu hingga daunnya mengering dan lepaskan, lalu konsumsi daun binahong juga bagus untuk geger otak, liver, kencing manis, paru-paru berlubang dan patah tulang. Bahkan bisa menjadi pengganti sabun loh gan, menanamnya juga gampang kok.


4. Tomat
Quote:
sumber
Tomat sudah dikenal dengan khasiatnya yang bagus untuk tubuh kita, sayuran atau buah ini mengandung lisopen yang merupakan pigmen karotenoid dan mengandung antioksidan yang tinggi, mengkonsumsi tomat bisa membantu melawan radikal bebas dan mencegah kanker, kandungan Potassium dan vitamin c-nya dapat melindungi jantung kemudian serat pada tomat bisa membantu mencegah diabetes, dan vitamin c-nya sendiri bagus untuk kulit membuat kulit kita jadi lebih kencang, menyembuhkan bekas luka dan jerawat. Memakan tomat juga sama dengan memakan wortel ya bagus untuk mata karena vitamin A pada tomat akan mendukung fungsi dan kerja retina, dan yang paling penting adalah kandungan folat pada tomat yang membantu kalian mengatasi depresi. Nah, menjadikan tomat sebagai obat bisa dengan cara dibuat jus atau konsumsi langsung dan jika kalian ingin memanfaatkannya untuk kesehatan kulit wajah cukup dengan memotong tomat bagian tengah tipis-tipis dan tempelkan dah kewajah.


5. Alpukat
Quote:
sumber
Buah yang satu ini dikenal sebagai tanaman buah yang istimewa, rasanya enak jika dibuat jus dan dicampur susu, saat ini banyak juga loh olahan kopi kekinian yang memakai alpukat sebagai campuran yang nikmat. Tapi ada juga yang menghindari mengkonsumsinya berlebihan karena kandungan lemaknya yang tinggi, namun konsumsi alpukat bisa menjadi pengganti makanan berat lainnya karena membuat kita merasa kenyang lebih lama. Konsumsi alpukat atau menggunakannya sebagai masker pada wajah juga bisa mengurangi kerutan dan keriput loh sehingga buah ini juga akan membuat kalian terlihat awet muda, bukan hanya dagingnya aja ya guys topi bijinya, bijinya ini bisa mengobati gigi berlubang caranya yaitu dengan menghancurkan bijinya menjadi bubuk kemudian tempelkan ke gigi yang sakit atau berlubang. Dagingnya juga bisa kita hancurkan menjadi bubur dan oleskan atau jadikan masker wajah, bijinya ini membantu mengatasi kulit wajah yang kering sedangkan daunnya bisa diseduh memakai air panas dan diminum setelah dingin karena ramuan ini katanya bisa mengobati darah tinggi.

Nah gimana gansis jadi pengen kembali ke pengobatan alami aja ya, silakan dicoba dan semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..
Diubah oleh Si.jonii 03-11-2021 07:02
nyonyo2
asamboigan
Okutet
Okutet dan 14 lainnya memberi reputasi
13
6.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.