Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prettycantikaAvatar border
TS
prettycantika
Nikah Mewah 17 Tahun Kemudian Tetep Gak Balik Modal?
Minggu lalu Ane kedatangan salah satu tante dari pihak ayah dan tante ini, curhat kalau anaknya mau masuk sekolah tinggi pelayaran. Sudah tes dan dinyatakan lolos tapi, begitu lihat biaya permakanan dan pencucian taruna sekitar 4 juta sekian lalu biaya perlengkapan calon taruna sekitar 10 juta sekian dengan total sekitar 15 juta. Tante Ane ini langsung keder lihat biaya segitu karena, terus terang dia gak punya duit sebanyak itu dan maksud kedatangan adalah untuk pinjem duit bahkan, cuma 1,5 juta saja juga gak apa-apa.

Terus Ane mikir, perasaan dulu tante ini waktu Ane smp nikahnya wah banget dah karena, dia nikah sama tentara yang ada resepsi sama adat militernya, kenapa sekarang 15 juta saja gak punya? Ya sudah Ane tanya dah.

"Tante bukannya dulu nikahnya mewah banget? Kok sampai 15 juta saja gak ada duit?" dan dijawab.

"Ya itukan buat nikah, memang harus wah karena, malu kalau sampai gak dirayain. Lagian cuma sekali seumur hidup dan buat semua keluarga juga."

Buat Ane sih gak masuk akal jawabannya. " Terus dulu itu duit buat nikah mewah semua dari mana?"

"Sebagian dari pihak suami, sebagian lagi udunan (sumbangan) keluarga sendiri sama dulu si Umi (orang tua ayah) jual emas."

Ane langsung mikir, buset dah dulu gak mampu juga maksa banget. "Wah coba itu duit dulu dikumpulin aja buat di invest atau diputer, udah dapet kali sekarang 15 juta."
 
"Yah, itukan dulu lagian buat nikahan memang begitu, sekali seumur hidup loh."

Jir, tetep yah mending gali lobang tutup lobang sana-sini dari pada nikah sederhana. Dan setelah anaknya gede tetep aja itu duit nikah gak balik modal? Sampai 15 juta aja gak ada? Emang pas nikah dulu gak kepikiran biaya buat pendidikan anak dan sebagainya?

Setelah ngobrol panjang lebar ternyata, si tante ini memang cuma modal nikahan mewah aja. Setelah nikah mewah, begitu saja hidupnya bahkan, untuk rumah saja sampai sekarang gak terbeli dan masih numpang di mertua. Jadi setelah nikahan super duper wah itu, ternyata gak balik modal? Dia gak ada financial planning yang bagus. Cuma ngandelin duit gaji suaminya sebagai tentara aja. Dia juga modelan percaya kalau nikah, simsalabi, rezeki pasti turun sendiri getuh.

Dalam hati Ane langsung ilfeel dah dengernya, emang sih Ane ada duit 15 juta di tabungan hasil jadi buruh korporat selama ini tapi, minjemin ke modelan macam gini ya males juga. Padahal dulu tahun 2000an nikahan tante Ane nih, super duper wah! Gedung sendiri terus pelaminan gede banget, buat ukutan 17 tahun yang lalu aja gak mungkin cuma 5-8 juta pasti itu sekitaran 10 jutaan lah budget nikahan dia.

Jadi agan-agan kalau mau nikah harap tahu diri, harus punya finacial planning yang bagus jangan, cuma jadi raja sehari abisnya melarat dan 17 tahun kemudian pontang-panting cari pinjeman duit pendidikan anak.





penyukabiru
Jalan Cinta
Jalan Cinta dan penyukabiru memberi reputasi
2
2.5K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.