• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benarkah 2% Kekayaan Elon Musk Sanggup Menuntaskan Kelaparan Dunia?

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Benarkah 2% Kekayaan Elon Musk Sanggup Menuntaskan Kelaparan Dunia?


Belum lama ini World Food Program (WFP) yang menjadi salah satu program dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan pernyataan bahwa 2 persen dari kekayaan Elon Musk yang mana bernilai sekitar 6 milliar dollar sanggup untuk menyelesaikan permasalahan kelaparan dunia. Tanpa disangka pernyataan tersebut ternyata dicuitkan kembali oleh Elon Musk dalam akun twitter resminya.

Dalam cuitannya, Elon Musk menantang WFP untuk menjelaskan bagaimana cara 2 persen kekayaannya sanggup menyelesaikan masalah kelaparan dunia dan jika WFP sanggup maka Elon akan dengan sukarela menjual saham Tesla demi menyelesaikan kelaparan dunia. Namun data-datanya harus terbuka untuk publik sehingga semua orang bisa melihat dan tahu kemana uang itu dihabiskan.

Dan untuk menanggapi cuitan Elon Musk, David Beasley sang direktur WFP membalas bahwa 6 milliar dolar tidak akan menyelesaikan permasalahan pangan dunia namun dapat membantu setidaknya 42 juta orang yang tengah kelaparan. Usut punya usut ternyata Elon Musk mendapatkan kesalahan data karna dia mengutip dari CNN Bussiness (yang mana menggunakan judul clickbait).



Dr. Eli David, seorang expert AI dan Deep Learning, mengungkapkan fakta bahwa anggaran tahunan WFP adalah 8,4 milliar dollar yang mana lebih besar dari 2 persen kekayaan Elon Musk jadi mengapa mereka tetap tak bisa menyelesaikan masalah kepalaran? Jawabannya jelas karna masalah kelaparan bukan sesuatu yang bisa diselesaikan dengan uang semata.

Kasusnya sama seperti bansos, meskipun pemerintah mengucurkan banyak dana untuk memastikan hidup masyarakat tetap sejahtera namun jika menteri dan bawahan-bawahannya memotong anggaran di setiap pemberhentian maka yang sampai ke tangan masyarakat hanyalah sebungkus roti dan uang 50 ribu, bagaimana caranya itu bisa menyelesaikan masalah?



Selain itu kelaparan bukan sesuatu yang hanya perlu satu kali pengerjaan. Manusia selalu lapar dan akan terus lapar sepanjang hidupnya. Apa yang diperlukan oleh orang-orang lapar bukanlah makanan siap saji melainkan cara untuk mendapatkan makanan atau dengan kata lain sebuah pekerjaan atau sumber daya yang bisa digarap.

Orang bijak pernah berkata; Beri seorang pria ikan dan dia akan kenyang untuk sehari. Ajari seorang pria cara memancing ikan maka dia akan kenyang untuk seumur hidup. Dengan sekedar memberikan makanan hanya akan menunda masalah yang sebenarnya, berikanlah mereka cara mendapatkan makanan dengan tangan mereka sendiri dan masalah selesai, akhir bahagia untuk semuanya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Okutet
Bikepacker
calvinn28
calvinn28 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.3K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.