Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Taunya Cuma Berwisata Aja, Yuk Mengenal James Cook Sang Penemu Pulau Hawaii

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Jangan Taunya Cuma Berwisata Aja, Yuk Mengenal James Cook Sang Penemu Pulau Hawaii


Selamat datang kembali di thread ane. Dalam sejarah penjelajahan dunia, nama James Cook sangatlah populer berkat kemampuannya sebagai ahli navigasi dan tentu saja ia merupakan seorang penjelajah handal. Sepanjang usianya ia telah melakukan tiga kali perjalanan bersejarah di mana salah satunya adalah menemukan kepulauan Hawaii.

James Cook lahir pada 27 Oktober 1728 di Inggris. Cook adalah anak ke-2 dari 8 bersaudara. Dilansir dari britannica.com, ayahnya adalah seorang buruh tani asal skotlandia. Pada tahun 1736 cook ikut keluarga nya yang pindah ke great heathen di sana ia mulai bersekolah dengan dibiayai oleh majikan ayahnya. Ia juga turut membantu sang ayah bekerja di tempat tersebut.

Quote:


Singkat cerita pada tahun 1746 saat usia 18 tahun ia kerja kepada pemilik kapal layar terkenal John walker wilbe. Ketertarikan cook pada dunia pelayaran dimulai saat ia pindah ke kampung nelayan sebelumnya. Sebagai tuntutan pekerjaan cook juga mempelajari geometri, trigonometri, ilmu navigasi, hingga astronomi. Berbekal pengalaman nya di withbe, cook mendaftar untuk menjadi relawan angkatan laut inggris
di usia 29 tahun.

Saat bergabung dengan kerajaan inggris, cook ikut perang antara Inggris dan Perancis. Lalu cook pertama kali terkenal sebagai seorang kartografer yang terlibat dalam perang tujuh tahun. Saat itu grafik terperincinya tentang sungai solorens membentuk inggris melakukan serangan mendadak terhadap welbeck yang dikuasai perancis.

Mengutip laporan idntimes.com pada awal tahun 1760 ia diberi kapal dan ditugaskan memetakan laut new fondland di lepas pantai kan ada yang dihasilkan begitu akurat, sehingga masih digunakan sampai abad ke-20. Keahlian cook dalam memetakan laut menjadi sangat penting dalam penjelajahan dan akhirnya ia berhasil. Dalam komando pelayaran keliling dunia pertamanya james cook bisa dipercaya untuk bernavigasi di wilayah yang belum dipetakan dan dapat membawa pulang peta akurat dari tanah yang ia temukan.

Quote:


Keahliannya dalam navigasi membuatnya dipercaya untuk memimpin ekspedisi pertamanya ke samudra pasifik. Pada tahun 1768 seperti yang dilansir dari laman kompas.com dengan sebuah kapal yang dipimpinnya telah memetakan garis pantai selandia baru dan australia pada tahun 1770. Cook kembali mendapatkan misi ekspedisi kedua, pada tahun 1772 untuk menentukan daratan luas di selatan khatulistiwa yang disebut terra australis.

Cook kemudian kembali menjalani ekspedisi ketiganya pada tahun 1776 dengan misi menemukan ada tidaknya jalur pelayaran di barat laut atau di timur laut sekitar Siberia antara Atlantik dan Pasifik dengan menggunakan kapal resolution dengan didampingi kapal discovery. Namun yang diharapkan untuk menemukan jalur yang telah lama dicari itu ternyata tidak membuahkan hasil. Ekspedisi pun kembali berlayar ke selatan dan menemukan Hawaii.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media aja ya gan. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini & Klik
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
diavelo
emineminna
MUF0REVER
MUF0REVER dan 16 lainnya memberi reputasi
11
4.5K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.