Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Sajian Unik, Soto Bunga Durian! Siapa Pernah Mencicipi?

sumber

Hai, Gansist!
Kalian suka jajan apa? Siang-siang begini enaknya makan apa, ya. Makan yang berkuah segar dan bikin lega. Bakso apa soto?

Soto memang beragam nama dan jenisnya, ada soto yang dinamai sesuai dengan daerah kota asalnya, ada soto Surabaya, soto Kadipiro, soto Banjar, soto Lamongan, dll.

Ada juga soto diberi nama sesuai dengan isiannya yang disajikan yakni ada soto ayam, soto sapi, soto babat, dll. Pastinya Gansist sudah biasa mencicipi dan sering nyobain atau malah pernah bikin.

Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan referensi soto yang unik dari daerahku, Kulonprogo. Soto bunga durian. Pasti pada penasaran nih dengan soto bunga durian.

Yups, soto bunga durian ini ada tambahan bunga duriannya, maka dinamakan soto bunga durian atau lebih pas disebut soto durian padahal tidak pakai buah durian. Wkwkwk. Jika Gansist mencicipi ada aroma durian yang akan tercium dari soto ini, ya jelaslah karena ada tambahan bunganya. Tapi, aromanya tidak sekental buah duriannya yang bisa sampai menusuk hidung.

Pasti Gansist berpikiran, 'sayang dong bunga durian dipetik untuk dibuat soto, buahnya kan mahal'.


Jangan khawatir Gansist, sebenarnya yang dipakai untuk campuran soto ini adalah benang sari dari bunga durian kok. Jadi tidak berpengaruh pada hasil buah duriannya kok. Benang sari pada bunga durian ini akan rontok setelah melakukan pembuahan. Pembuahan, bertemunya serbuk sari di kepala putik (calon buah).

Nah, jika rontokan benangsari tersebut diambil dan dimasak untuk campuran membuat soto. Soto bunga durian ini pertama kali dicoba oleh ibu yang tinggal di kota Kulonprogo. Bu Siti Qodriyah terinspirasi untuk menggunakan bunga durian dalam sotonya pas ada acara lomba masak berbahan durian. Ia ikut lomba memasak oseng-oseng bunga durian dan meraih juara satu dalam lomba tersebut. Kemudian ia mengimplementasikan bunga durian ke dalam sotonya.



Jika Gansist pingin mencoba memasak bunga durian ini pun cukup mudah kok. Bunga durian tinggal direbus lalu dimasukkan ke dalam soto saat penyajian. Teksturnya mirip suwiran daging ayam pada soto ayam, tapi ada yang bilang bentuknya kayak jamur.

Nah, itu tadi tentang soto bunga durian. Sajian yang cukup unik dan patut untuk dicoba. Bunga durian yang berserakan kini telah dimanfaatkan menjadi campuran soto berkat tangan-tangan kreatif dan inovatif.

Sekian dari aku, sampai jumpa lagi dan see you next my thread. Terima kasih.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Referensi dan ilustrasi: dari sini
isanyk
makola
cheria021
cheria021 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.5K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.