singkawang7Avatar border
TS
singkawang7
Pertalite Mestinya Dijual Rp 11.000 Bukan Rp 7.650, Begini Respons Ahok
Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite seharusnya Rp 11.000. Menurut Kementerian ESDM harga keekonomian Pertalite sudah mencapai level tersebut.
Namun saat ini Pertamina masih menjual Pertalite dengan harga Rp 7.650. Tak cuma Pertalite, untuk jenis Premium harga seharusnya Rp 9.000 tapi kini masih dijual Rp 6.450 per liter.

Menanggapi hal tersebut Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan jika hal ini terkait tugas pertamina.

"Bisa tanya ke dirut," ujar Ahok kepada detikcom pada (26/10). Lebih lanjut Ahok menanggapi pertanyaan apakah kondisi ini menjadi perhatian komisaris, ini terkait dengan situasi pemulihan ekonomi.

"Ini masalah tugas Pertamina dalam situasi pemulihan ekonomi," katanya.


Adanya selisih harga keekonomian dan harga jual Pertalite maupun Premium mulanya diungkap Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih. Dia mengatakan, harga Pertalite sebenarnya atau harga keekonomiannya telah mencapai Rp 11.000 per liter. Namun, Pertamina tetap menjual dengan harga Rp 7.650 per liter.

"Pertalite ini kan sebenarnya jenis bahan bakar umum secara normal harga Pertalte ini sudah berada di atas Rp 11.000 harga keekonomian. Kemudian Pertamina masih tetap harus menjual di harga Rp 7.650" katanya dalam konferensi pers, Senin (25/10).

Dia mengatakan, supaya tidak terjadi keresahan di masyarakat karena kenaikan harga yang tinggi, Pertamina sebagai BUMN diharapkan tetap mendukung kelancaran penyediaan dan pendistribusian BBM yang terjangkau.

Sementara, Premium sendiri harga keekonomiannya sudah mencapai Rp 9.000 per liter. Sementara, Premium sendiri masih dijual di harga Rp 6.450 per liter.

"Terkait dengan, berat subsidi BBM, Elpiji ya sudah pasti. Tapi kita memang untuk BBM terkait Premium ini, ada kompensasi. Pastinya selisih harga jual Premium yang Rp 6.450 dengan harga keekonomian sekitar Rp 9.000 ya bisa kita hitung berapa kompensasi yang harus dibayarkan," terangnya.


[url]https://finance.detik.com/energi/d-5789157/pertalite-mestinya-dijual-rp-11000-bukan-rp-7650-begini-respons-ahok [/url]

blum pulih dari pandemi sudah di hajar kenaikan BBM dan test PCR semua moda transportasi termasuk transportasi pribadi, belum lagi di tar bakalan di hajar PPN 1% dan carbon tax, cukai rokok, dll.

hancur sudah negara ini!
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 24 suara
apa kah indo bentar lagi bangkrut dan bubar?
indonesia akan segera bangkrut dan bubar
50%
indonesia akan ada tapi rakyat di jadikan budak perahan
50%
0
3.1K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.