Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Ahok ditunjuk menjadi Komisaris Utama Pertamina

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghadiri upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Jumat (22/11/2019).

"Insya Allah sudah putus dari beliau (Presiden Jokowi), Pak Basuki akan jadi Komut Pertamina," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Jumat, seperti dikutip antaranews.com.

Sebelumnya, Erick berbicara empat mata dengan Presiden Joko Widodo di beranda Istana Merdeka sekitar 10 menit.

"Nanti akan didampingi pak Wamen (Wakil Menteri BUMN) Pak Budi Sadikin menjadi wakil Komisaris Utama. Lalu, nanti juga ada direktur keuangan yang baru, Ibu Emma (Emma Sri Martini) dari yang sebelumnya Dirut Telkomsel," kata Erick.

Direksi maupun komisaris BUMN dilarang terafiliasi dengan partai politik. "Pasti semua komisaris di BUMN, apalagi direksi, harus mundur dari partai, itu sudah clear," kata Erick. Ahok merupakan kader PDI Perjuangan.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk mengangkat Ahok sebagai komut dan Budi sebagai wakil komut pada Senin (25/11/2019) nanti.

"Dalam Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2014, jelas disebutkan bahwa kalau untuk dewan komisaris dan dewan direksi perusahaan BUMN yang strategis harus meminta persetujuan dari presiden," kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, di Jakarta, Jumat.

Menurut Arya, Presiden telah mengeluarkan surat menyetujui usulan dewan komisaris dan dewan direksi yang diajukan Menteri BUMN. "Sudah keluar suratnya - berikutnya akan dilakukan RUPSLB," kata Arya.

Erick Thohir juga mengumumkan Chandra Hamzah diangkat menjadi Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN), sementara Pahala Mansury ditunjuk menjadi Direktur Utama Bank BTN. Penetapan keduanya akan dilangsungkan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) pada akhir November 2019.

"Pak Chandra Hamzah background-nya hukum, kita tahu di BTN sekarang ada isu-isu yang kurang baik, tentu harus dilihat secara hukum,” kata Erick.

Chandra pernah menjadi Komut PT PLN pada 2014.

Pertamina-Inalum-Mandiri

Kementerian BUMN berkomitmen menuntaskan rapat umum pemegang saham atau RUPS perombakan kepengurusan di Pertamina dan Inalum sebelum akhir tahun.

"Pokoknya semua selesai pada akhir tahun ini. Semua selesai, supaya bisa segera berlari," kata Arya.

Sebelumnya Menteri Erick mengatakan akan merombak kepemimpinan di seluruh perusahaan milik negara. Ia membutuhkan figur-figur yang bagus untuk membantu di masing-masing unit BUMN. Erick juga berencana untuk membuat rapat bulanan bersama 30 pimpinan BUMN.

Saat ini posisi direktur utama pada tiga BUMN, yaitu Bank Mandiri, PT Inalum, dan PT PLN (Persero). Posisi Dirut Bank Mandiri dan Inalum kini kosong setelah ditinggal Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN. Sementara itu, Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir dinonaktifkan sejak pengadilan kasus suap proyek PLTU Riau-1.

Kementerian BUMN sudah menyerahkan nama-nama kandidat untuk tiga BUMN, yaitu Inalum, Bank Mandiri dan Bank Tabungan Negara, Senin (11/11/2019) lalu. Sampai tulisan ini diturunkan, baru Dirut BTN yang terisi.

Siapa Ahok?

Ahok, mantan Gubernur DKI Jakarta yang dipenjara karena terbukti melakukan penistaan agama ini lahir besar di Desa Gantung, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Seperti dikutip situs ahok.org, ia lulusan Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti. Setelah itu ia pulang kampung mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah.

Ahok meneruskan kuliah S-2 di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta, mengambil bidang manajemen keuangan dan mendapat gelar Master in Business Administration (MBA) atau Magister Manajemen (MM).

Pada 1992, Ahok mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS). Pada 1994, Ahok memulai pembangunan pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Pulau Belitung.

Pada 2003 Ahok masuk ke gelanggang politik, bergabung di bawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang dipimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

Setelah tujuh bulan menjadi anggota DPRD, muncul banyak dukungan dari rakyat yang mendorong Ahok menjadi bupati. Ia maju sebagai calon Bupati Belitung Timur pada 2005 dan menang.

Pada 2007, Ahok maju sebagai Gubernur Babel, tapi kalah. Dalam pemilu legislatif 2009, ia maju sebagai caleg dari Golkar dan memperoleh kursi di DPR.

Tahun 2012, Ahok berpasangan dengan Jokowi memenangkan pertarungan dalam Pilkada Jakarta.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tama-pertamina

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kapal ikan tenggelam karena disambar petir di Nias

- UMK 2020 Karawang tertinggi di Indonesia, kalahkan DKI

- Penurunan 31 emiten sebabkan LQ45 loyo - Jumat (22/11/2019)

tata604
anasabila
anasabila dan tata604 memberi reputasi
2
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread736Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.