Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

side.idAvatar border
TS
side.id
Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Layanan Ambulans Terbang!
Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Layanan Ambulans Terbang!

Side.id - Bandara Soekarno-Hatta memperluas fasilitas dan layanannya guna mengakomodir berbagai penerbangan dan kebutuhan masyarakat.

Sejak Agustus 2021 lalu, Bandara Soekarno-Hatta telah memperkenalkan layanan terbarunya, yaitu penerbangan untuk evakuasi medis (medical evacuation/medevac) menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan oleh Whitesky Aviation.

Penerbangan Medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport yang berada di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di wilayah Jabodetabek.

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan Medevac ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Layanan Ambulans Terbang!

“Semangat dari Medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter. Tujuannya adalah agar pasien cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek.”

Ia juga menjelaskan, Medevac merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. Pihaknya berharap, Medevac dapat bermanfaat, khususnya terkait aspek medis.

Layanan Medevac ini terbuka untuk umum, termasuk juga bisa digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

Medevac di Cengkareng Heliport ini juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya guna mendapatkan penanganan khusus.

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Layanan Ambulans Terbang!

CEO Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja menyebutkan, armada helikopter yang digunakan dalam layanan helimedevac ini terdiri dari dua tipe.

Pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429. Dua helikopter tersebut juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan untuk memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit.

Kemudian, ketiga adalah Heliport Emergency Unit, di mana fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit. Denon juga menambahkan, layanan Medevac ini diperkuat dengan paramedis profesional.

“Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter. Lalu, untuk memastikan pasien mendapatkan penanganan yang tepat selama penerbangan ke RS.

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Layanan Ambulans Terbang!

Selain itu, Cengkareng Heliport juga menyiapkan kendaraan ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit. Untuk mengetahui mengenai lebih lanjut mengenai layanan Medevac di Cengkareng Heliport, kamu bisa mengunjungi situs Whitesky Aviation di www. whitesky.co.id.


Sumber
Diubah oleh side.id 02-09-2021 09:14
newsmerahputih
kabarotocom
newsbolaskor
newsbolaskor dan 2 lainnya memberi reputasi
3
619
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.