Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zalhadad90Avatar border
TS
zalhadad90
Cakupan 5G Oleh Penyedia Jaringan: Di Mana, Kapan & Bagaimana
Cakupan 5G Oleh Penyedia Jaringan: Di Mana, Kapan & Bagaimana

5G adalah generasi berikutnya dari teknologi nirkabel - dan ini adalah pengubah permainan. Jaringan seluler Inggris telah meluncurkan jaringan mereka sejak 2019 tetapi baru pada tahun 2020 5G benar-benar mulai diluncurkan dengan lebih banyak handset berkemampuan 5G di pasar dan jangkauan yang lebih luas

5G mengikuti empat generasi teknologi seluler sebelumnya . 1G hanya mengizinkan panggilan di ponsel, sementara 2G memperkenalkan pesan teks dan gambar. 3G bertepatan dengan pengenalan smartphone dan penggunaan internet di ponsel Anda. 

4G melihat penjelajahan dan unduhan yang lebih cepat, serta streaming musik dan film di perangkat seluler. 

5G menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat dan, menurut para pendukungnya, dunia kemungkinan. 

Apa yang bisa dilakukan pada 5G?

Dengan 5G, apa pun yang kami lakukan di ponsel cerdas dapat dilakukan lebih cepat dengan kemungkinan kecil kehilangan konektivitas atau buffering. 

Di 4G, Anda mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 20 hingga 30Mbps. Tetapi pada 5G ini melesat hingga sekitar 130 hingga 240Mbps. Dan itu hanya untuk saat ini - ini akan menjadi lebih cepat seiring dengan peningkatan jaringan.

5G berarti Anda dapat mengunduh film hanya dalam beberapa detik. Gamer seluler seharusnya melihat lebih sedikit penundaan - atau latensi - antara menekan tombol pada pengontrol dan melihat efeknya di layar. 


Selain kecepatan yang meningkat, 5G akan menawarkan kapasitas yang lebih besar. Ini berarti ribuan perangkat di area kecil dapat dihubungkan pada saat yang sama, yang akan relevan jika dan ketika pertemuan publik dimungkinkan.

5G juga akan membuat apa yang disebut "Internet of Things" lebih menjadi kenyataan. 

Internet of Things adalah gagasan bahwa jutaan perangkat fisik (apa pun dari ponsel cerdas dan teknologi yang dapat dikenakan hingga mobil dan drone yang dapat mengemudi sendiri) akan dapat terhubung ke jaringan dan bertukar informasi secara real time.

Bagaimana cara kerja 5G?

Pada tingkat dasar, 5G bekerja dengan cara yang sama seperti 3G atau 4G. Tiang seluler memancarkan frekuensi radio ke ponsel cerdas Anda, yang kemudian memungkinkan Anda mengirimkan data ke perangkat lain dan internet, menggunakan tiang sebagai relai.

Tetapi 5G menggunakan spektrum frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada yang digunakan untuk 4G atau 3G. Namun, semakin tinggi frekuensinya, semakin jauh jarak tempuhnya. Ini berarti 5G membutuhkan banyak 'sel kecil' - infrastruktur kecil yang mengisi celah antar tiang

Infrastruktur baru sedang dibangun sepanjang waktu - beberapa di antaranya adalah tiang besar yang dapat Anda lihat, sementara bagian lainnya lebih tersembunyi.

5G juga menggunakan teknologi lain, khususnya MIMO besar-besaran (Multiple Input Multiple Output). Ini bekerja berdasarkan prinsip jaringan nirkabel yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan lebih dari satu sinyal data secara bersamaan melalui saluran radio yang sama.

Apa yang saya perlukan untuk menggunakan 5G?

Dari sudut pandang pelanggan ponsel, Anda memerlukan tiga hal untuk menggunakan 5G:

Handset berkemampuan 5G

Paket 5G dari jaringan seluler Anda

berada di area yang dilayani oleh 5G

Handset seluler mana yang mendukung 5G?

Saat ini ada lebih dari 50 ponsel yang tersedia di Inggris yang mendukung 5G - dan daftarnya terus bertambah setiap saat. Anda dapat melihat penawaran kami di sini .

Apple baru saja meluncurkan jajaran iPhone 12 dan keempat handset kompatibel dengan 5G.

Saat ini ada 15 ponsel Samsung berkemampuan 5G termasuk rentang Samsung S20 dan Samsung Galaxy Note 20, dan Samsung Galaxy Z Fold 2.

Huawei dan Honor telah meluncurkan lima ponsel 5G di Inggris, termasuk Huawei Mate 20 X dan jajaran Huawei P40.

Dari OnePlus, OnePlus 8 Pro, OnePlus 8T, dan OnePlus Nord semuanya siap untuk 5G.

Saat ini terdapat empat ponsel Xiaomi 5G yang siap untuk 5G, di antaranya Xiaomi Mi 10, Xiaomi Mi 10 Lite 5G, dan Xiaomi Mi Mix 3.

Nokia, Sony, LG, Motorola dan beberapa produsen lain juga menawarkan beberapa handset 5G.

Penulis : Kevim Pratt
Sumber : Forbes

0
367
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.