Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

farhansaputr616Avatar border
TS
farhansaputr616
Cara mempercepat Windows 10 Yang Lelet Banget
Cara mempercepat Windows 10 Yang Lemot - Kamu bisa jadi kerap hadapi permasalahan Windows 10 yang jadi lelet, paling utama yang memperoleh Windows 10 dengan Cara upgrade dari Windows 7 ataupun 8, tentu hendak terjalin banyak sekali bug. Di artikel ini aku hendak sharing gimana Cara mempercepat Windows 10 yang lelet supaya lebih ringan serta tidak lemot. Kita cuma butuh melaksanakan sedikit tweaking pada bagian- bagian berarti yang sangat memastikan performa Windows 10 kita.

Cara mempercepat sistem operasi komputer Windows 10

Mengurangi startup program yang tidak penting

Buat mengatasi Windows 10 yang lelet merupakan dengan kurangi program- program yang jalur kala startup.  Dikala Windows booting, secara otomatis seluruh startup program hendak turut dilansir. Bila sangat banyak hingga dapat menimbulkan loading Windows kita jadi lelet dikala awal kali menghidupkan laptop.

Buat mengatasinya, kita wajib mematikan startup program yang tidak sangat berarti. Triknya dengan membuka > Task Manager > masuk pada tab Startup > sorot program yang mau dimatikan > klik Disable > Restart Komputer.

matikan startup program yang tidak penting

Silakan kamu pilah- pilah sendiri kira- kira startup program mana yang memberatkan loading Windows serta tidak sangat berarti, kemudian matikan seluruh. Sebagian program yang memerlukan proses sinkronisasi dikala awal kali diawali semacam dropbox serta auto- updater hendaknya dimatikan saja dari startup, sebab dapat membuat Windows jadi lelet dikala dihidupkan.

Hapus program bawaan yang tidak dibutuhkan serta program lama yang telah usang

Dikala menginstall Windows 10, terdapat banyak sekali program bawaan( native) yang turut diinstall secara otomatis. Sebagian besar program ini sesungguhnya tidak sangat kita perlukan.

Terlebih lagi bila kamu memperoleh Windows 10 dengan Cara upgrade dari Windows 7 ataupun Windows 8, tentu hendak terdapat banyak sekali program bawaan dari tipe Windows lama yang masih“ nyangkut” tetapi telah tidak dapat digunakan lagi di Windows 10 sebab permasalahan kompatibilitas.

Buat tingkatkan performa Windows 10 kita supaya lebih kilat hingga program- program ini hendaknya dihapus. Butuh kamu tahu, walaupun program bawaan ini tidak kita jalankan tetapi sebagian besar hendak turut di- load dikala Windows 10 diawali.

Program- program tersebut hendak mengambil resource RAM serta CPU kita yang sepatutnya dapat dialokasikan buat pekerjaan lain yang lebih berarti. Perihal ini dapat saja menimbulkan Windows 10 jadi lelet, paling utama bila spesifikasi minimum buat Windows 10 kita pas- pasan.

Buat menghapus program bawaan yang tidak berarti dapat dicoba melalui menu Apps& Features. Cara masuknya dengan mengetik“ apps” pada kolom Windows search bar kemudian seleksi Add or remove programs.

Apps and Features Windows 10

Sehabis masuk ke menu Apps& Features, kamu hendak memandang list panjang program- program yang terdapat di Windows 10 kamu. Di menu ini seluruh program bawaan hendak nampak, silakan pilih- pilih mana yang kira- kira tidak kamu perlukan kemudian klik Uninstall.

Hapus program bawaan Windows 10 supaya jadi kilat serta tidak lambat

Sehabis dirasa seluruh program bawaan yang tidak berarti dihapus, kamu pula dapat mengecek di Control panel
Program and Features. Di situ bisa jadi terdapat sebagian program lama yang tidak kompatibel lagi dengan Windows 10. Kamu dapat menghapusnya buat meluangkan lebih banyak ruang disk C serta meringankan beban RAM.

Disable transparency serta animation effects

Windows 10 memanglah muncul dengan desain serta dampak animasi yang menawan, tetapi kadangkala kehadirannya malah membuat sistem Windows kita jadi lebih berat. Terlebih bila spesifikasi laptop ataupun Komputer kita pas- pasan, hingga efek- efek yang sesungguhnya tidak sangat berarti ini malah dapat membuat Windows jadi lemot.

Buat mengatasinya kita butuh mematikan fitur dampak animasi di Windows 10 yang tidak kita perlukan. Yang awal butuh dimatikan merupakan fitur Transparency effects, fitur ini berperan buat membagikan dampak tembus pandang pada tampilan menu Start serta jendela native Windows, tidak sangat berarti.

Cara mematikannya merupakan dengan membuka menu Themes and Settings
Colors
matikan Transparency effects
hapus centang pada opsi Show accent color on the following surfaces.

matikan dampak yang tidak berarti buat mengatasi os windows 10 yang lambat

Berikutnya kita pula butuh mematikan dampak animasi yang kelewatan supaya Windows kita dapat loading lebih kilat. Efek- efek ini gunanya cuma membagikan sentuhan animasi pada tampilan jendela serta bar pada Windows.

Cara mematikannya merupakan dengan masuk ke menu Advanced System Settings. Langsung saja ketik“ advanced” di Windows search bar kemudian seleksi menu View Advanced System Settings.

Nanti jendela baru hendak terbuka, klik pada tab Advanced
pada bagian Performance
klik Settings
seleksi tab Visual Effects
centang pada opsi Adjust for best performance
OK

matikan dampak animasi buat mempercepat loading Windows 10

Sehabis klik tombol OK bisa jadi Windows kamu memerlukan waktu sebagian dikala buat mematikan dampak animasinya, perkenankan saja sampai berakhir. Bila terjalin not responding tunggu saja nanti hendak lenyap sendiri.

Sehabis prosesnya berakhir kamu bisa jadi hendak memandang tampilan Windows yang jadi flat serta tidak terdapat dampak animasinya, tetapi bisa jadi kamu pula hendak merasakan Windows yang jadi lebih kilat serta ringan dari tadinya sebab RAM serta CPU yang sebelumnya dipakai buat animasi saat ini dapat dialokasikan buat aplikasi lain.

Tidak hanya mematikan fitur animasi, kamu pula dianjurkan supaya tidak memakai tema Windows 10 yang berat. Aku sarankan buat memakai yang bawaan saja, jangan install tema dari sumber yang tidak jelas.

Matikan power saver plan

Cara buat mempercepat Windows 10 yang lelet berikutnya merupakan dengan mematikan fitur power saver di settingan power options laptop kamu.

Fitur power saver ini memanglah bermanfaat buat mengirit baterai supaya lebih awet, tetapi fitur ini pula secara otomatis hendak merendahkan performa Windows 10 kita dengan mematikan service- service yang oleh sistem dikira tidak berarti. Perihal ini dapat membuat Windows sedikit lebih lelet dari umumnya.

Cara buat mematikannya merupakan dengan masuk ke Control Panel
Power Options
Pindahkan centang dari Power Saver ke Balanced.

ubah settingan power savings

Sehabis itu kamu bisa jadi butuh restart dahulu laptopnya supaya perubahannya dapat dialami. Nanti kala dibutuhkan, misalnya kala baterai laptop drop ataupun lagi bepergian hingga fitur power saver ini dapat dihidupkan kembali.

Matikan fitur search indexing di Windows Explorer

Windows 10 secara otomatis melaksanakan pengindeksan file- file yang terdapat di hard disk kita. Proses ini berjalan di latar belakang sehingga kita tidak dapat melihatnya.

Secara teori, search indexing ini membolehkan kita buat melaksanakan pencarian file di hard disk dengan lebih kilat. Tetapi untuk kamu yang mempunyai spesifikasi pas- pasan, fitur ini kadangkala malah membuat loading Windows 10 jadi lebih lelet dari semestinya. Terlebih bila file di hard disk kita telah sangat banyak.

Buat tingkatkan performa Windows 10 jadi lebih kilat kita dapat mematikan fitur search indexing ini. Triknya dengan masuk ke menu Services, tekan tombol Windows+ R
ketik services. msc

Kamu hendak memandang banyak sekali service yang terdapat di sistem Windows, tarik ke dasar sampai menciptakan service bernama Windows Search
klik kanan
seleksi Properties
General
pada bagian Services status klik Stop
OK

matikan search services supaya loading windows lebih cepat

Restart dahulu komputernya.

Kemudian masuk ke menu Indexing Options, triknya ketik“ indexing” di Windows search bar kemudian seleksi Indexing Options
Modify
hapus seluruh centang pada opsi Change selected locations
OK.

matikan indexing service supaya windows 10 tidak lambat

Tidak hanya mematikan fitur search indexing, kita pula dapat mempercepat loading Windows Explorer dengan mematikan fitur Automatic Folder Type Discovery. Fitur ini pula mempunyai bug yang menimbulkan loading Windows jadi lemot.

Matikan fitur Windows Panduan and Tricks Suggestions

Cara mempercepat loading Windows 10 yang lelet berikutnya merupakan dengan mematikan fitur Panduan and Trick Suggestions. Fitur ini sesungguhnya tidak sangat kita butuhkan serta kadangkala malah membuat loading Windows 10 kita jadi lemot.

Cara buat mematikannya merupakan dengan masuk ke menu Notifications& actions, ketik“ notifications” di Windows search bar
seleksi menu Notifications and actions settings
matikan fitur Get panduan, tricks, and suggestions as you use Windows

matikan panduan tricks suggestions

Pada opsi Show me the Windows welcome experience… pula dapat kamu matikan sebab fitur ini tidak sangat berarti.

Mengurangi durasi Boot Menu Time- Out supaya loading Windows 10 lebih kilat dikala dihidupkan

Buat mempercepat loading Windows 10 pada dikala awal kali dihidupkan kita pula dapat kurangi Time- Out pada Boot Menu.

Jadi pada dikala booting, Windows secara otomatis membagikan kita waktu buat mengakses Boot Menu; semacam opsi buat masuk ke safe fashion ataupun recovery fashion. Secara default waktu yang diberikan merupakan 30 detik.

Buat mempercepat loading Windows dikala dihidupkan kita dapat kurangi durasi Time- Out ini.

Triknya dengan masuk ke Advanced System Settings
seleksi tab Advanced
pada opsi Startup and Recovery seleksi Settings
turunkan durasinya jadi 10 detik
OK.

mengurangi waktu boot menu supaya loading Windows 10 lebih kilat dikala dihidupkan

Berapa nilai yang pas silakan kamu sesuaikan sendiri, bila 10 detik dirasa sangat kilat hingga dapat dinaikkan jadi 15 detik. Sehabis itu restart komputernya.

Bersihkan system registry serta file sampah di Windows 10 secara berkala

Buat tingkatkan performa supaya lebih kencang kita pula wajib mensterilkan file sampah di Windows 10 secara tertib. File- file sampah semacam cache, file duplikat, temporary file, system registry, serta leftover file yang tidak dibersihkan dapat menumpuk serta membuat sistem jadi berat. Dampaknya loading Windows 10 kita hendak terasa lebih lelet dari sepatutnya.

Buat mensterilkan file sampah ini kita dapat memakai aplikasi cleaner terbaik buat Windows 10 yang dapat didapatkan secara free.

Di Windows 10 pula telah ada aplikasi cleaner bawaan yang dapat digunakan buat mensterilkan file sampah di hard disk, namanya Storage Sense.

Cara memakai cleaner bawaan di Windows 10 ini sangat gampang, langsung saja ketik“ storage” di Windows search bar kemudian seleksi menu Storage settings
pada bagian Storage sense
klik Gratis up ruang now.

Bersihkan file sampah di Windows 10

Nanti Windows secara otomatis hendak mengetahui file- file sampah yang dapat dibersihkan, bila proses scanning telah berakhir klik tombol Remove files.

Pakai aplikasi booster dikala bermain permainan berat

Buat memperlancar permainan berat di Windows 10 kita dapat memakai aplikasi permainan booster semacam Razer Cortex Permainan Booster yang dapat didapatkan secara free.

Aplikasi permainan booster ini bekerja dengan Cara mensterilkan RAM dari program- program yang berjalan di latar belakang serta tidak sangat dibutuhkan dikala bermain permainan. Efeknya memanglah lumayan terasa, terlebih kita memiliki RAM yang pas- pasan.

Sehabis berakhir bermain permainan, jalani restore memory supaya tidak terjalin error pada program yang lain.

Jaga Windows 10 senantiasa bersih dari virus serta malware dengan mengupdate Windows Defender secara berkala

Salah satu pemicu loading Windows 10 yang lelet merupakan peradangan virus serta malware di pc kita.

Terkadang kita tidak siuman jika Windows kita telah terinfeksi, bisa jadi dampak awal yang dialami cumalah loadingnya yang jadi lemot. Tetapi jika perihal ini dibiarkan dapat saja membuat Windows jadi korup serta menimbulkan permasalahan lain yang lebih parah semacam kandas startup ataupun blue screen.

Buat melindungi Windows senantiasa bersih dari virus serta malware kita dapat mengandalkan antivirus bawaan ialah Windows Defender. Sepanjang kita menjaganya senantiasa pembaharuan, Windows Defender ini lumayan jitu buat mencegah serbuan virus.

Cara pembaharuan Windows Defender dapat dicoba melalui menu Windows Pembaharuan Settings
Check for updates.

pembaharuan windows defender

Kamu dapat melaksanakan pengecekan secara manual buat memperoleh pembaharuan dengan lebih kilat.

Jalankan Troubleshooter buat mengenali sumber permasalahan yang membuat Windows 10 jadi lambat

Bila seluruh langkah di atas telah dicoba tetapi performa Windows 10 masih lelet, dapat jadi penyebabnya merupakan sistem yang korup ataupun terdapat permasalahan lain yang kita tidak ketahui. Cara buat mengatasinya dapat dengan melaksanakan fitur Troubleshooter dari Windows. Triknya masuk ke Troubleshoot settings jalankan troubleshooter pada bagian yang dicurigai bagaikan pemicu Windows jadi lelet. Dari hasilnya kamu bisa jadi hendak memperoleh petunjuk buat melaksanakan revisi. Windows pula umumnya menawarkan opsi revisi otomatis yang dapat dipakai. Seperti itu cara mengatasi Windows 10 yang lemot serta lemot yang dapat aku bagikan pada peluang kali ini. Walaupun memakai teknologi sangat pembaharuan, Windows 10 pula kadang- kadang dapat jadi sangat lemot. Mudah- mudahan panduan di atas dapat menolong sahabat seluruh. 
0
680
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.