Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GawaikitaAvatar border
TS
Gawaikita
Cara Mematikan Laptop Otomatis

Laptop saat ini telah menjadi alat elektronik yang sangat membantu pekerjaan hampir di seluruh sektor dan kalangan. Dengan adanya laptop kita dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat. Banyak dari kita yang menggunakan laptop dengan waktu yang lama cukup lama, hingga terkadang sering lupa mematikan laptopnya. Padahal laptop perlu dimatikan ketika tidak digunakan. Hal ini diperlukan untuk memberikan jeda waktu istirahat pada komponen – komponen didalamnya, jika tidak maka kinerja laptop akan cepat turun atau rusak. Untuk menghindari hal tersebut, Gawai kita memiliki tips untuk mematikan laptop otomatis yang dapat dilakukan oleh Sahabat Gawai dengan mudah. 

1. Menggunakan Perintah Run

Untuk membuka menu Run, Sahabat Gawai dapat menekan tombol Windows + R, atau klik Start menu lalu Ketikan Run. Lalu ketikan ”at 08:25 shutdown –s”.


Angka 08:25 , merupakan jadwal waktu laptop kamu dimatikan secara otomatis. Lalu klik OK. Jika Sahabat Gawai ingin mematikan pengaturan ini, kamu dapat mematikannya dengan cara membuka kembali menu Run lalu ketikan “shutdown-a”. Lalu perintah mati otomatis akan dibatalkan.


2. Menggunakan Shortcut

Mematikan laptop secara otomatis juga dapat dilakukan dengan menggunakan shorcut, caranya pertama klik kanan pada dekstop kemudian pilih New > Shortcut.


Masukkan kode “shutdown -s -t 600” pada menu yang tersedia kemudian klik Next.


Angka 600 merupakan waktu mati dalam hitungan detik, atau 600 detik atau 10 menit. Untuk angka ini dapat Sahabat Gawai ubah sesuai dengan kebutuhan. Kemudian kalian beri nama shortcut tadi, contohnya ‘shutdown.exe


Shortcut ini dapat digunakan saat ingin mematikan laptop secara otomatis, apabila tidak digunakan tidak usah dibuka.

3. Menggunakan task scheduler

Cara lainnya adalah dengan menggunakan fitur Task Scheduler. Untuk menggunakannya Sahabat Gawai dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini  : Pertama, buka ‘Task Scheduler‘ dengan menekan tombol windows + s lalu ketikan “Task Schedule”


Setelah itu akan terbuka halaman Task Schedule


Pilih Create Basic Task pada menu kanan.


Masukkan nama yang mudah diingat, misalnya “Shutdown” , klik Next.


Setelah itu, pilihlah frekuensi dari shutdown otomatis. Sahabat Gawai dapat memilih “Daily” pada menu “Trigger” lalu klik Next.


Pada bagian daily Sahabat Gawai bisa ubah sesuai kebutuhan, bisa mingguan atau frekuensi waktu lainnya. Masukkan jam yang diinginkan, kemudian klik Next.


Pilih Start a program. Kemudian klik Next.


Pada menu “Program/script”, ketik C:WindowsSystem32shutdown.exe. Ini berarti kita akan menjalankan program default dari Windows kita untuk mematikan laptop atau komputer. Pada dasarnya memang saat kita mematikan laptop atau komputer seperti biasa, ada program yang berjalan yaitu shutdown.exe tersebut.


Kemudian pada menu “Arguments“, ketik “/s”. Klik Next.


Akan muncul tab Summary yang berisi rangkuman dari settingan tadi, lalu klik Finish.

4. Timer dengan CMD (Command Promp)

Buka CMD dengan fitur Run dengan cara tekan tombol windows + r lalu ketikan “cmd”


Setelah terbuka , ketikan  “shutdown /s /t 300”

Klik enter untuk menjalankan timer. Angkat 300 merupakan hitungan waktu mundur dalam detik, untuk mematikan laptop. Sahabat Gawai dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Apabila ingin mematikan dalam jangka waktu satu jam tinggal mengganti angka 300 dengan 3600. Satuan yang dimasukan harus dalam satuan detik.

Itulah 4 cara yang dapat Sahabat Gawai lakukan untuk mematikan laptop secara otomatis. Jika terjadi masalah pada laptopmu, kamu dapat langsung kosultasikan masalahnya di Gawai Kita.

Gawaikita adalah solusi mu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.comdan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!


b0c4h.n4k4l
b0c4h.n4k4l memberi reputasi
1
231
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.