Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Jokowi Pastikan Dana Desa Naik


Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan dana desa ditambah setiap tahunnya. Anggaran yang dialokasikan untuk dana desa tahun depan akan lebih besar dari tahun ini. 


'Tahun depan enggak tahu naik berapa lagi, yang jelas harus naik,' kata Jokowi di Ecovention Ocean Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019. 


Menurut dia, pemerintah telah menggelontorkan dana desa sebesar Rp257 triliun sepanjang empat tahun terakhir. Anggaran tersebut meliputi 74 ribu desa di seluruh Indonesia. 


Total dana desa Rp257 triliun itu, sebanyak Rp20,7 triliun dicairkan pada 2015, Rp47 triliun digelontorkan pada 2016, serta 2017 dan 2018 dikucurkan masing-masing sebanyak Rp60 triliun. Tahun ini pemerintah berencana mengucurkan anggaran desa sebesar Rp70 triliun.


'Artinya sampai akhir 2018 itu Rp187 triliun kami gelontorkan. Sampai akhir 2019 Rp257 triliun masuk ke desa,' ungkap dia.


Baca: Jokowi: Perputaran Uang dari Dana Desa Harus Dijaga


Ia pun mengeklaim anggaran yang digelontorkan ke desa-desa selama empat tahun terakhir terbesar sepanjang sejarah. Untuk itu, Jokowi ingin dana desa digunakan secara maksimal dalam membangun proyek jalan desa, jembatan, irigasi, dan kebutuhan infrastruktur fisik lainnya.  


'Ini triliun loh ya bukan miliar. Gede banget. Tidak ada dalam sejarah kita, pemerintah gelontorkan anggaran triliunan ke desa-desa karena semakin tinggi uang mutar ke desa, akan berikan kesejahteraan ke desa,' ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.


Sementara itu, realisasi anggaran dana desa pada 2018 mencapai Rp187 triliun. Dari jumlah tersebut, sejumlah fasilitas terbangun, seperti jalan desa sepanjang 138 ribu kilometer, 6.500 pasar kecil, 11.500 posyandu, 18 ribu PAUD, 791 ribu meter jembatan.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...dana-desa-naik

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jabatan Perangkat Desa Dapat Gaji Setara ANS harus Jelas

- Gaji Perangkat Desa di Sulut Diambil dari ADD

- Program Padat Karya Tunai Dongkrak Ekonomi Warga

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.