Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dinata218Avatar border
TS
dinata218
PENERAPAN BIG DATA DAN DAMPAKNYA TERHADAP BISNIS PERUSAHAAN
PENERAPAN BIG DATA DAN DAMPAKNYA TERHADAP BISNIS PERUSAHAAN
Blog: https://amt-it.com/penerapan-big-data/

Saat ini hampir setiap orang sudah dapat mengakses internet dari smartphone atau tablet yang memiliki jumlah data cukup besar. Maka tidak heran jika data memiliki nilai strategis karena Big Data dianggap sebagai modal.

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Sebagian besar nilai yang ditawarkan perusahaan besar di seluruh dunia berasal dari data mereka yang terus menerus dilakukan analisa dengan tujuan menawarkan pelayanan yang lebih baik dalam mengembangkan produk, serta fitur-fitur baru.


Melalui perkembangan teknologi, berbagai perusahaan memiliki keluhan tentang banyaknya data yang dimiliki. Mereka menginginkan sebuah solusi, tentang bagaimana cara mereka memanfaatkan data yang tersimpan agar dapat lebih bermanfaat dalam pengambilan keputusan, serta mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sudah mengolah datanya.


Apa itu Sebenarnya Big Data?


Big data adalah istilah yang menggambarkan suatu volume dari besarnya data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang terjadi dalam bisnis sehari-hari. Namun bukan jumlah data yang penting, tindakan atau olahan dengan data itu yang penting. Big data dapat dianalisis demi pemahaman yang mengarah pada keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik.
Analoginya bisa dibayangkan, seperti setiap harinya ada lebih dari 400 juta tweets/cuitan yang dikirim ke Twitter dan 72 jam video YouTube diupload setiap menitnya. Eric Schidmt dari Google mengatakan bahwa sampai dengan tahun 2003, manusia menghasilkan 5 exabytes data. Sekarang manusia menghasilkan 5 exabytes data setiap dua hari dan ini diperkirakan akan terus bertambah. 



Big data dapat membantu perusahaan untuk berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, entitas, dan proses. Dari empat hubungan tersebut akan menentukan cara baru untuk menggunakan pengetahuan baru. Perusahaan bisa menggunakan data insight untuk meningkatkan keputusan tentang pertimbangan keuangan dan perencanaan. Perusahaan dapat memperhatikan tren dan apa yang pelanggan inginkan pada produk atau layanan baru.
Jumlah data yang telah dibuat dan disimpan pada tingkat global hari ini hampir tak terbayangkan jumlahnya. Data tersebut terus tumbuh tanpa henti. Big Data memiliki potensi tinggi untuk mengumpulkan wawasan kunci dari informasi bisnis.


Pentingnya Big Data tidak hanya berputar pada jumlah data yang organisasi miliki, tetapi hal yang penting adalah bagaimana mengolah data dari internal dan eksternal. Perusahaan dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisanya untuk menemukan jawaban yang diinginkan dalam bisnis, seperti: 1) Pengurangan biaya; 2) Pengurangan waktu; 3) Pengembangan produk baru dan optimalisasi penawaran produk; dan 4) Pengambilan keputusan yang cerdas.


Fenomena Big Data menerapkan 4 elemen di dalamnya, yaitu; Volume, Velocity, Variety, dan Variabilitas;


Volume – Organisasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, media sosial, dan informasi dari data sensor atau mesin-ke mesin.


Velocity – Data terproses dengan cepat. Tag RFID, sensor, dan pengukuran pintar mendorong kebutuhan untuk menghadapi derasnya curahan data secara hampir real-time.


Variety – Data hadir dalam semua jenis format – dari data terstruktur dan numerik dalam database tradisional hingga dokumen teks tidak terstruktur, email, video, audio, data stock ticker, dan transaksi keuangan.


Variabilitas – Selain meningkatnya kecepatan dan keberagaman data, aliran data dapat sangat tidak konsisten dengan puncak periodik. Pemuatan data puncak yang dipicu peristiwa, harian, dan musiman dapat begitu menantang untuk dikelola.


Manfaat Big Data Bagi Perusahaan


Manfaat big data mulai ditemukan seiring perkembangan teknologi analisis pemroses data yang memberikan solusi bagi bisnis untuk menganalisis big data secara real time. Hasil analisis ini membantu perusahaan dalam memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang baru yang mungkin bisa dikelola.


Potensi penggunaan big data untuk kemajuan bisnis sesungguhnya tanpa batas. Hasil analisis big data dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi, dan mendorong pertumbuhan untuk keunggulan yang kompetitif. Potensi big data terletak pada kemampuannya untuk menghadirkan perspektif dan peluang baru dari sejumlah besar data yang selama ini belum digunakan dengan pemroses data konvensional.

AMT IT SOLUTIONS


Dalam beberapa tahun terakhir AMT IT Solutions melihat perkembangan kebutuhan pelanggan dalam Big Data dan Data Visualization (Analytics). Hal ini semakin meningkat dan berdampak positif pada nilai bisnis yang semakin besar. Tujuan kami adalah untuk mendorong kemajuan perusahaan dengan memanfaatkan kecerdasan manusia yang didorong oleh akses teknologi yang lebih baik bagi perusahaan yang memiliki berbagai ide besar. Semua ide besar ini menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar, yang mendorong potensi peluang bisnis baru.

0
430
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.