Kaskus

Food & Travel

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EligiadesiAvatar border
TS
Eligiadesi
CHAI KWE GORENG , TER-ENAAKKK !
CHAI KWE GORENG , TER-ENAAKKK !Hello agan dan sista...
Semangat pagi dihari ini...

Nah agan dan sista yang udh pernah baca konten aku kemarin pasti sudah tau makanan ini namanya apa dan asal usulnya dari daerah mana. Yap, makanan ini adalah makanan khas dari kota pontianak kalimantan barat. 

oke agan dan sista.. nama makanan ini adalah chai kwe juga tetapi ada yang sedikit berbeda baik bentuk dan cara pembuatannya. Jika kemarin yang kukus dan bentuknya seperti korket, kalau yang satu ini digoreng dan bentuknya pun bulat2 gitu agan dan sista. Berdiameter sekitar 5-6 cm dan tebal sekitar 2-3 cm. 

Untuk varian rasanya juga sama seperti chai kwe kukus kemarin. ada isi daun kucai, bengkuang, keladi. dan diatasnya ditaburi bawang putih yang sudah digoreng dan dicampur minyak. hmmm kebayang gak sih gan dan sist rasanya?? oh iya selain itu, ada tambahan varian juga ada kacang, dan rebung. tapi ditempat yang aku singgahi ini tidak terdapat varian rebung dan kacang huhu...
tapi gak apa-apa agan dan sista, masih ada tempat lain kok yang menjual varian rasa yang lengkap. contohnya seperti di Chai kwe siam, tepatnya di Jl. Siam kota pontianak.

Si Chai kwe ini umumnya dibuat dari adonan tepung beras gan dan sist yang kemudian dicampur sedikit tepung tapioka dan diisi dengan berbagai sayuran tadi. jika sudah diisi dengan berbagai sayuran, selanjutnya di taburi tepung terigu sedikit diatasnya supaya tidak saling menempel. 
selanjutnya chai kwe siap untuk digoreng. ditahapan ini, chai kwe di goreng dikuali penggorengan yang rata dan besar. Mengapa harus dikuali rata dan besar nih agan dan sista? agar si chai kwe ini dapat matang yang merata dan dapat digoreng dengan jumlah yang banyak. 

Oh iya agan dan sista, perlu diingat. untuk menggoreng chai kwe ini tidak perlu menggunakan minyak yang banyak hanya perlu minyak yang sedikit saja serta merata disekeliling kualinya.
proses penggorengan ini tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 5-6 menit saja agar chai kwe tidak gosong. Untuk satu porsi Chai kwe ini dibandrol 10K saja dan berisi 5 pcs chai kwe.
Sekian review dari aku, Happy tummy agan dan sista.



Diubah oleh Eligiadesi 29-03-2019 06:52
harmagedon77
tata604
tata604 dan harmagedon77 memberi reputasi
5
3.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
KASKUS Official
9.1KThread8.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.