Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dinata218Avatar border
TS
dinata218
PERBEDAAN ANTARA ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING, DAN DEEP LEARNING
 PERBEDAAN ANTARA ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING, DAN DEEP LEARNING



Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah mengambil bagian dalam kehidupan sehari-hari manusia saat ini, terlepas dari fakta bahwa masih banyak yang belum menyadarinya. AI diprogram untuk melakukan suatu hal yang menguntungkan, seperti meningkatkan pemasukan dan peluang bisnis bagi perusahaan.

Melalui automasi dan personalisasi yang kerap disebut sebagai “the next big thing” di dunia teknologi, kini sudah banyak perusahaan yang telah memulai untuk menerapkan machine learning ke dalam bisnis mereka — bahkan sejak teknologi ini belum populer. Sedangkan deep learning merupakan suatu teknologi yang dapat melakukan pembelajaran secara terstruktur dan hierarkis. Secara umum deep learning dianggap sebagai otak yang lebih baik untuk meningkatkan cara kerja komputer. Setelah memahami pengertiannya secara umum, lalu bagaimana cara membedakan antara Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep Learning?

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence dapat ditafsirkan sebagai suatu teknologi yang diciptakan untuk meniru perilaku manusia dalam beberapa cara dan kebiasaan hidup. Sebagai disiplin akademik yang diciptakan pada tahun 1956, AI mempunyai tujuan untuk melakukan tugas-tugas manusia dengan bantuan kecerdasan buatan.

AI juga merupakan suatu aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan suatu hal yang dalam sudut pandang manusia adalah cerdas atau dapat dipahami sebagai sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer dapat melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik dari manusia.

Deep Learning

Deep Learning merupakan salah satu metode implementasi dari machine learning yang bertujuan untuk meniru cara kerja otak manusia dengan menggunakan artificial neural network atau jaringan nalar buatan.
Deep learning menggunakan sejumlah algoritma sebagai ‘neuron’ untuk bekerja sama dalam menentukan dan mencerna karakteristik tertentu di suatu rangkaian data. Program deep learning biasanya diprogram dengan kapabilitas lebih kompleks untuk mempelajari, mencerna, dan mengklasifikasikan data.


Satu contoh seperti Facebook yang menggunakan deep learning pada asisten virtual berbasis AI yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas-tugas mereka seperti melakukan penelitian, memesan kursi penerbangan, dan memesan kopi.

Deep learning dapat meningkatkan semua bagian AI, mulai dari pemrosesan bahasa alami hingga machine vision. Anggap saja deep learning sebagai otak yang lebih baik yang dapat meningkatkan cara belajar komputer. Deep learning telah berdampak pada kemajuan perkembangan AI secara signifikan. Bukan hanya perangkat lunak, namun penggunannya telah merambah pada berbagai industri yang lain.



Machine Learning

Machine learning merupakan cabang aplikasi dari Artificial Intelligence dengan fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri tanpa harus berulang kali di program oleh manusia. Namun sebelum mengeluarkan sebuah hasil data dari perilaku objek, machine learning membutuhkan data awal sebagai bahan belajar.

Peran awal data sangat penting sebagai permulaan machine learning untuk mengeluarkan output. Hal ini sebagai latihan atau uji coba awal dari machine learning. Setelah melewati uji coba awal, machine learning akan dapat menyelesaikan masalah tanpa diprogram secara eksplisit.

Machine Learning menggunakan alrgoritma untuk mencerna rangkaian data, mengambil kesimpulan berdasarkan data yang dianalisis, serta menggunakan kesimpulan tersebut untuk menyelesaikan tugasnya dengan cara yang paling efektif.

Machine learning tidak hanya satu disiplin ilmu saja, melainkan meliputi berbagai aspek komputasi yang fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Beberapa di antaranya adalah:
Machine reasoning atau penalaran mesin, yang merujuk kepada kemampuan suatu sistem untuk mengambil kesimpulan dengan metode logis berdasarkan data yang disediakan kepadanya.
Language processing atau pemrosesan bahasa, yang berarti kemampuan sistem untuk mencerna dan menginterpretasi bahasa manusia.


aipnugraha
aipnugraha memberi reputasi
1
969
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.