Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chintyamaAvatar border
TS
chintyama
EMPAT HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT HARUS MEMILIH SERVER

Sumber : https://amt-it.com/empat-hal-yang-ha...emilih-server/

Memasuki perkembangan zaman yang bergerak sangat cepat, server menjadi modal penting dalam dunia bisnis.


Sudah semestinya semua data penting perusahaan disimpan pada tempat yang paling aman. Memilih server yang tepat adalah satu hal terpenting untuk diperhatikan, mengingat server bisa dianalogikan sebagai sebuah brankas penyimpanan bagi semua data vital perusahaan. Bisnis dengan skala besar ataupun kecil, ketika usaha terus berkembang, maka setiap pebisnis harus mempertimbangkan untuk memiliki server sendiri. Hal ini akan semakin penting jika usaha tersebut bergerak pada bidang digital.


Salah satu pertimbangan utama yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah sistem operasi server adalah nilai investasi pembelian pada sistem operasi tersebut. Nilai investasi tidak hanya dilihat berdasarkan harga dari sistem operasi itu saja, namun semua hal yang berhubungan dengan investasi finansial dan berkorelasi dengan sistem operasi tersebut. 

Oleh karena itu server adalah bentuk investasi terbesar dari bisnis, namun hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih server yang tepat?



Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan data merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih server. Bayangkanlah jika penyimpanan pada server kecil, namun kebutuhan perusahaan sangat besar. Apakah server tersebut dapat digunakan?

Namun pada dasarnya setiap server memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Jika terdapat perusahaan yang belum terlalu besar atau kapasitas yang diperlukan hanya ada di tahap rata-rata, maka pilihlah server yang menyediakan kapasitas penyimpanan rata-rata. Namun, jika bisnis telah merambah dalam dunia digital, maka semakin besar dari waktu ke waktu, sebaiknya pilihlah server yang menawarkan kapasitas penyimpanan besar.

Jangan sampai operasional usaha terganggu hanya karena server kelebihan beban. Berapa banyak kerugian yang akan timbul jika operasional terganggu walau hanya dalam hitungan detik?



Stabilitas Sistem

Hal yang sangat krusial pada sebuah sistem operasi server adalah stabilitas sistem itu sendiri. Jika dalam satu bulan sebuah perusahaan mengalami downtime lebih dari 3.5 jam, itu sudah sangat buruk. Lebih dari itu sebaiknya perusahaan tersebut harus siap untuk berpindah/migrasi server.

Perangkat server selalu dibiarkan menyala sepanjang tahun hingga beberapa tahun mendatang. Semua server pasti akan mengalami downtime, namun waktu dan frekuensinya tergantung dari jenis dan kualitas server tersebut. Untuk memungkinkan menjaga kestabilan sistem tersebut, maka sistem operasi server haruslah memiliki kestabilan dan kehandalan yang tinggi.

Layanan

Server merupakan infrastruktur usaha yang beroperasi 24X7X365, yang artinya server akan terus beroperasi penuh setiap hari tanpa henti. Sangat penting untuk terus memantau kinerja perangkat yang satu ini. Oleh karena itu, saat memilih server, pilihlah produk yang memberikan layanan pemeriksaan atau perbaikan server yang praktis dan responsif. Sebagai salah satu bentuk investasi bisnis, tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perangkat server. Pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas untuk memilih server yang sesuai dengan kebutuhan usaha.

Jumlah Pengguna

Berapa banyak pengguna sangat berpangaruh dalam pembangunan server yang optimal. Aktivitas bisnis yang ringan mungkin dapat diimbangi dengan spesifikasi server yang rendah, namun bagaimana jika jumlah penggunanya sangat banyak? Dalam hal ini, gunakan rumus untuk mendapatkan spesifikasi server yang sesuai dan optimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktivitas bisnis yang dibutuhkan, kemudian dikalikan lagi dengan jumlah pengguna. Jumlah pengguna dan aktivitas bisnis merupakan faktor yang berdampingan dan tidak bisa dipisahkan untuk membuat margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

AMT IT SOLUTIONS

AMT IT Solutions merupakan perusahaan System Integrator yang memiliki beragam solusi, dengan memanfaatkan dan menerapkan inovasi teknologi masa kini seperti Artificial Intelligence untuk menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas karyawan dalam mendapatkan peluang bisnis baru bagi perusahaan. AMT IT Solutions telah memberikan beragam solusi untuk melayani perusahaan yang bergerak pada bidang industri manufaktur, hospitality, perbankan, pemerintahan, serta lembaga pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan segala sektor apapun dapat dilayani oleh AMT IT Solutions. AMT telah bermitra dengan brand terkemuka di dunia, seperti Microsoft, Oracle, Symantec, Sangfor, Veritas, HPE, ACL/We Galvanize, Fortinet, Sundray, Hp, Acer, Emerson, Lenovo. “Embracing Technology, Enhancing People’s Lives.”



0
572
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.