Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bellajulianti95Avatar border
TS
bellajulianti95
Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Hidup Lebih Bermanfaat
Puasa tinggal sebentar lagi dan mungkin saat ini sebagian besar keluarga Muslim sedang mempersiapkan banyak hal untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah yakni bulan Ramadhan.

Ya, para ibu rumah tangga memang seringkali mempersiapkan banyak hal menyambut bulan puasa. Apalagi menghadapi jadwal makan yang berubah selama puasa tentu ada banyak pula perubahan dan persiapan yang perlu dilakukan.

Puasa bukan berarti menghentikan asupan makanan sehat ke dalam tubuh. Sebaliknya, waktu makan yang bergeser selama puasa tetap menuntut kita untuk senantiasa mengasup kebutuhan makanan sehat dari dua waktu makan yang terbatas.

Nah, sebagai ibu rumah tangga penting sekali ibu sebagai kapten di dapur untuk senantiasa merancang menu buka puasa keluarga untuk hidup yang lebih sehat dan bermanfaat. Mari simak tips memilih menu buka puasa yang sehat untuk hidup lebih bermanfaat di bawah ini.

Awali Buka Puasa dengan Segelas Air Putih

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Hidup Lebih Bermanfaat
sumber gambar: aceh.tribunnews.com

Tubuh kita kehilangan banyak cairan selama menjalani ibadah puasa hampir 14 jam. Untuknya, awali buka puasa dengan mengasup kebutuhan cairan yang hilang selama waktu tersebut. Selain itu, lambung yang tidak mencerna makanan berat selama anda berpuasa pun butuh beradaptasi sebelum mencerna makanan baru dengan aneka tekstur dan jumlah yang banyak saat buka puasa.

Maka dari itu, silahkan awali buka puasa anda dengan konsumsi segelas air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang. Sebaiknya, pilih air putih yang hangat atau suhu ruangan saja sudah cukup. Hindari pula menyantap air putih dingin dari lemari es sebab hal ini akan memicu reaksi asam lambung naik hingga ke bagian kerongkongan anda. Akibatnya, buka puasa pertama anda akan terasa kurang nyaman.

Lanjutkan dengan yang Manis Alami

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Hidup Lebih Bermanfaat
sumber gambar: hellosehat.com

Selesai dengan menyantap air putih maka menu buka puasa selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah makanan atau kudapan yang manis alami. Ingat kudapan yang manis disini adalah bahan yang alami bukan yang penuh dengan pemanis buatan. Makanan manis akan memberikan tenaga dan mengganti energy yang hilang selama menjalani ibadah puasa.

Namun sebaiknya, jumlahnya tidak terlalu banyak karena makanan manis akan mencegah anda menyantap hidangan lain sebab perut anda sudah cukup kenyang. Cukuplah menyantap 3 butir kurma sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Jangan Langsung Makan Besar

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Hidup Lebih Bermanfaat
sumber gambar: selerasa.com


Selesai dengan hidangan manis maka sebaiknya hindari berikan terlebih dahulu jeda untuk perut anda bisa mencerna makanan yang baru saja anda asup ke dalam tubuh. Selama jeda ini anda bisa melaksanakan ibadah shalat magrib baru setelah selesai shalat maka anda diperkenankan untuk menyantap hidangan makanan besar.

Aturan seperti ini akan dapat menjadi panduan yang baik agar ibadah puasa yang anda jalani tetap terasa nyaman tanpa adanya keluhan atau gangguan akibat masalah pencernaan. Ketika ibadah puasa aman tentu aktivitas yang dijalani selama Ramadhan pun tidak akan terasa seperti beban yang terlalu besar.

tata604
tata604 memberi reputasi
1
1.5K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.