Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rhymetoneAvatar border
TS
rhymetone
Makanan khas kota Jogja
agan/sis disini pasti udah pada pernah ke Jogja kan? kalau belum cepet-cepet kesana deh, dijamin gak nyesel. Dijogja banyak banget yang mesti agan cobain. Spt tempat wisata nya, makanan , budaya nya dll. Dan kalau agan traveling ke kota Jogja gak bakal boros, karna disana biaya hidupnya murah banget.

Disini ane mau ngasih tau makanan khas atau oleh-oleh yang sering dibeli oleh para wisatawan. langsung aja gan...

1. Getuk goreng

Makanan khas kota Jogja

Getuk merupakan kue basah yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Tak hanya singkong, biasanya getuk dikombinasikan dengan ubi, talas, atau pisang. Umumnya, getuk dibuat dengan cara dikukus. Tetapi, di Jogja, ciri khas penyajian getuknya adalah dengan cara digoreng. Jika berkunjung ke kota ini, jangan heran kalau mendapati banyak getuk goreng yang dijual di toko oleh-oleh.

2. Bakpia

Makanan khas kota Jogja

Sekitar tahun 2000an mulai dikenal orang banyak dan dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja. Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa bakpia ini merupakan yang paling enak di antara yang lain. Tekstur Bakpia ini terasa lembut dengan kuaaaaaaalit bagian luar lebih tipis sedangkan isinya melimpah. Setiap varian rasanya begitu menggigit di lidah mulai dari kacang hijau, kumbu hitam, keju, hingga tiramisu, green tea, dan coklat mete.

3. Peyek kacang

Makanan khas kota Jogja

Peyek, merupakan salah satu makanan khas / Oleh oleh yang berasal dari Kulon Progo Jogja. memiliki penampilan unik. Kalau biasanya rempeyek yang dijajakan di warung warung berbentuk pipih, peyek yang ini dibikin berbentuk tumpuk tumpuk tidak beraturan dengan tepung dan kacang yang gurih dan kremes.

Pembuatan peyek tumpuk cukup unik yaitu tepung berbumbu warisan leluhur tanah jawa, kacang tanah, diaduk hingga berbentuk adonan siap goreng. Penggorengannya menggunakan teknik khusus tradisonal khas Kulon Progo Jogjakarta sehingga minyak kering sekali. Tahap pertama ialah pembentukan peyek. Kedua, penggorengan hingga kering. Setelah itu peyek diangin anginkan sampai kering. Baru pada tahap terakhir peyek digoreng lagi hingga kering rental empuk enak Dan lezat.


4. Yangko

Makanan khas kota Jogja

Yangko merupakan salah satu camilan khas asal Kotagede yang dibuat dari campuran bahan berupa ketan, kacang tanah dan gula. Melihat dari kombinasi bahan yang digunakan, pastilah Anda dapat menerka rasa camilan khas Jogja yang satu ini. Manis gula berpadu lembut dengan gurihnya kacang, enak namun tidak eneg. Begitulah kiranya rasa camilan imut yang satu ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, kini camilan ketan nan imut yang satu ini tersedia dalam beragam pilihan rasa buah seperti rasa strawberry, durian, melon hingga cokelat.

Selain memiliki rasa yang legit, kuliner berbentuk kotak yang satu ini juga memiliki aroma wangi yang khas. Tak hanya rasanya saja yang menarik lidah, namun kemasan kuliner yang satu ini dibuat sangat eye cathing. Bentuknya yang mungil dalam balutan warna beragam warna yang menarik hati, camilan yang satu ini sangat cocok dibawa saat musim liburan tiba. Dengan harga yang cukup murah, jajanan tradisional yang satu ini juga cocok dijadikan buah tangan untuk kerabat ataupun sahabat dekat Anda yang berada di luar kota cantik ini.

5. Mie des

Makanan khas kota Jogja


Mie des ini merupakan makanan unik, karena rasa mienya berbeda dari yang pada umumnya. Mie des juga punya berbagai macam nama. Mie des ini disebut juga Mie Des Bomber karena ketika dimasak mienya mengembang dan besar. Mie des juga disebut mie pentil karena teksturnya yang kenyal seperti pentil. Mie des ini dibungkus dengan daun jati, pisang, atau perpaduan dari keduanya, sehingga tergolong makanan yang unik.

..

Silahkan gan jika lagi berlibur ke Jogja, bisa bawain oleh oleh diatas buat orang rumah emoticon-Smilie Dan jangan lupa gan kalau lagi ke Jogja traveling sepuasnya!! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tata604
tien212700
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
2
703
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.