Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah
Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah
Pedagang melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (3/7/2019).
Setelah wacana cukai plastik kembali menghangat, kini muncul wacana baru soal pemanfaatan pungutan cukai plastik yang masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala bidang Kebijakan Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Nasrudin Joko Surjono mengatakan, dana tersebut kelak akan digunakan untuk tata kelola sampah.

"Uang itu nantinya juga di recycle lagi ke masyarakat, dana-dana itu untuk pengelolaan sampah. Jadi dari situ, dia jadi cost effective, bisa kendalikan sekaligus dapat dikembalikan ke masyarakat untuk mengelola tadi, green policy," kata Nasrudin.
RingkasanKementerian Keuangan mengusulkan tarif cukai plastik sebesar Rp200 per lembar atau Rp30 ribu per kilogram. Harga kantong plastik yang harus dibayar konsumen berkisar antara Rp450 hingga Rp500 per lembar. Harga ini tidak lebih mahal dibandingkan negara lain.Pungutan cukai plastik yang akan masuk ke dalam APBN, nantinya akan digunakan untuk penanggulangan sampah plastik.Namun, kepastian pemanfaatan dana tersebut untuk keperluan pengolahan limbah masih didiskusikan dengan Direktorat Jenderal Anggaran.Rencana alokasi dana hasil cukai guna mengelola limbah plastik masih akan di bahas lebih lanjut, terutama terkait besaran maupun bentuk mekanisme pengalokasian.Sebaran Media
Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 4 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.
Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah
Jumlah berita per mediaSebaran Linimasa
Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.
Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah
Jumlah berita per jamSebaran Facebook
Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 34 interaksi, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 24 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 13 interaksi pada peringkat ketiga.
Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah
Jumlah berita media di FacebookSumberPungutan Cukai Plastik untuk Pengelolaan Sampah - medcom.idYogyakarta Siapkan Aturan Pengurangan Plastik - republika.co.idPemkot Yogyakarta menyiapkan aturan pengurangan penggunaan plastik - antaranews.comKena Cukai, Yakin Penggunaan Kantong Plastik Bakal Turun? - cnbcindonesia.comKemenkeu Pastikan Dana Hasil Cukai Plastik untuk Pengelolaan Limbah - viva.co.idKemenkeu: Cukai Plastik Efektif Kurangi Pemakaian Kantong Plastik 30% - katadata.co.idKementerian Keuangan imbau racikan cukai kantong plastik tidak perlu diubah - kontan.co.idKemenkeu Bantah Cukai Plastik Bisa Matikan Industri - liputan6.comKemenkeu: Pungutan Cukai Plastik untuk Pengelolaan Limbah Sampah - merdeka.comBKF Kemenkeu: Pengenaan Cukai Kantong Plastik Tak Pengaruhi Inflasi - bisnis.comCatatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ngelola-sampah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah BMKG catat gempa pukul 01:01 WITA guncang Sumbawa

- Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah Susunan kabinet Jokowi-Amin masih teka-teki

- Pungutan cukai plastik untuk mengelola sampah Milenial pilih Go-Jek walau Grab lebih ramah kantong

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
422
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread739Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.