Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Benarkah FaceApp mencuri data pengguna
Benarkah FaceApp mencuri data pengguna
Tangkapan layar situs FaceApp.
Menua jadi gaya berkat aplikasi FaceApp. Aplikasi ini kembali viral di media sosial.

Masalahnya, FaceApp punya celah yang memungkinkan pengembang aplikasi mengakses data pribadi penggunanya. Benarkah mereka mencuri data pengguna?

Popularitas FaceApp tak hanya bisa dilihat dari banyaknya selebritas yang menjajal aplikasi ini. Mulai dari Drake sampai Agnez Mo.

Aplikasi berumur dua tahun ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang di Google Play. Kini, FaceApp juga masuk daftar paling populer di App Store iOS di 121 negara.

Seperti halnya aplikasi lain, isu privasi kembali jadi sorotan. Aplikasi buatan Rusia ini disebut-sebut mencuri data pengguna.

Sampai-sampai, Senator Amerika Serikat, Chuck Schumer meminta FBI melakukan investigasi atas kemungkinan ancaman keamanan nasional dan risiko pelanggaran privasi yang ditimbulkan aplikasi ini.
BIG: Share if you used #FaceApp:The @FBI & @FTC must look into the national security & privacy risks nowBecause millions of Americans have used itIt’s owned by a Russia-based companyAnd users are required to provide full, irrevocable access to their personal photos & data [URL="https://S E N S O RcejLLwBQcr"]pic.twitter.com/cejLLwBQcr[/URL]
— Chuck Schumer (@SenSchumer) [URL="[twitter=SenSchumer]1151645791796248576[/twitter]?ref_src=twsrc%5Etfw"]July 18, 2019[/URL]
Kepada The Guardian, periset keamanan Prancis dengan pseudonim Elliot Alderson mengungkap temuannya tentang aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Menurutnya, FaceApp tidak mengambil seluruh foto yang ada di ponsel pengguna. Hanya foto yang dimodifikasi saja.

Alderson juga tak menemukan bukti bahwa aplikasi ini mencuri data pengguna. Yang diambil hanya ID ponsel dan jenis ponsel, seperti halnya banyak aplikasi lain.

TechCrunch melaporkan temuan yang sama. Hanya saja, karena desain tampilan antar-muka FaceApp secara spesifik memilih foto satu per satu untuk diunggah dan dimodifikasi, aplikasi ini punya akses semua foto yang telah disunting pengguna.

Bahkan jika pengguna sudah mengubah pengaturan ponsel untuk tidak membagi foto. Jadi walau FaceApp tidak punya akses ke kumpulan foto di ponsel pengguna, mereka menyimpan foto-foto yang dipakai pengguna di aplikasi ke awan digital, alih-alih memprosesnya di ponsel seperti aplikasi lain.

Hipotesis Alderson, aplikasi ini menimbulkan kegaduhan karena ketakutan akan Rusia. Pengembang aplikasi ini, Wireless Labs berasal dari St. Petersburg, Rusia.

FaceApp merespons. Mereka membantah melakukan pelanggaran data dan privasi.

Mereka hanya mengunggah foto yang dipilih pengguna untuk dimodifikasi, tidak memindah foto lain dari ponsel ke awan.

Akan tetapi, FaceApp menyatakan mungkin menyimpan foto yang diunggah di awan dengan alasan kinerja dan kemudahan pengguna. Pun, sebagian besar foto dihapus dari server dalam waktu 48 jam sejak tanggal pengunggahan.

Selain itu, mereka menerima permintaan dari pengguna untuk menghapus semua data pengguna dari servernya. Caranya, dari aplikasi FaceApp masuk ke "Settings->Support->Report a bug" dengan subjek privasi.

FaceApp juga menyatakan tidak menjual atau berbagi data pengguna dengan pihak ketiga mana pun. Terakhir, meskipun tim riset dan pengembangan inti berlokasi di Rusia, data pengguna tidak ditransfer ke Rusia.

Walau begitu, perlu diingat menurut [URL="[twitter=ElizabethPW]1151315511801606144[/twitter]"]ketentuan layanan FaceApp[/URL], pengguna memberi aplikasi ini izin yang "abadi, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, di seluruh dunia" untuk melakukan apa pun dengan foto pengguna.

Mungkin ini terdengar mengerikan. Tapi pada dasarnya sama dengan kebijakan privasi setiap layanan dan platform teknologi lain.
Benarkah FaceApp mencuri data pengguna


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-data-pengguna

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Benarkah FaceApp mencuri data pengguna Heboh gunung Rinjani bertopi awan

- Benarkah FaceApp mencuri data pengguna Hari ini IHSG ditutup menguat

- Benarkah FaceApp mencuri data pengguna Infografik: kreasi duta bangsa, Tahilalats sampai Mintchan

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
547
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread743Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.