Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Heboh gunung Rinjani bertopi awan
Heboh gunung Rinjani bertopi awan
Ilustrasi: Awan lenticular di atas Gunung.
Foto puncak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tertutup awan berbentuk topi, menghebohkan warganet, Rabu (17/7/2019).

Banyak yang mengaitkan penampakan awan tersebut dengan peristiwa gempa yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Ada pula yang mengaitkan dengan fenomena Gerhana Bulan yang terlihat pada Rabu dini hari sekitar pukul 04.00 WITA di wilayah itu. Padahal sesungguhnya tak berkaitan sama sekali.
RingkasanSebuah fenomena awan berbentuk topi terlihat melingkari puncak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (17/7/2019).Cap cloud alias awan topi, menurut BMKG adalah fenomena alam biasa.Itu adalah jenis awan stratus yang tumbuh menyamping, melayang di atas puncak gunung.Awan ini berbentuk lenticular atau cekung-cembung. Hal tersebut terjadi karena adanya angin lapisan atas pada arah horizontal.Pembentukan awan topi disebabkan pendinginan dan kondensasi udara lembap yang dipaksakan naik ke atas karena orografi atau ada gunung dan di atas puncak gunung.Di Indonesia, fenomena topi awan selain di Rinjani, pernah terlihat juga di Gunung Semeru, Sumbing dan Ciremai. Sebaran Media
Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.
Heboh gunung Rinjani bertopi awan
Jumlah berita per mediaSebaran Linimasa
Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.
Heboh gunung Rinjani bertopi awan
Jumlah berita per jamSebaran Facebook
Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 2870 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 432 interaksi. Selanjutnya radarcirebon.com dengan 138 interaksi pada peringkat ketiga.
Heboh gunung Rinjani bertopi awan
Jumlah berita media di FacebookSumberFenomena Awan ‘Topi’ di Atas Gunung Rinjani, Apakah Berbahaya? - malangtoday.netMengenal Fenomena Awan Topi Gunung Rinjani yang Viral di Medsos, Apakah Berbahaya Bagi Manusia? - tribunnews.comMemesona, Ini 3 Gunung di Indonesia yang Alami Fenomena Topi Awan - suara.comFakta-Fakta tentang Fenomena Topi Awan di Puncak Gunung Rinjani - liputan6.comBerpotensi Bahaya, Dibalik Indahnya ‘Awan Bersurban’ Rinjani - radarcirebon.comPotret Awan Topi di Gunung Rinjani Lombok yang Sangat Indah - viva.co.idBMKG jelaskan terbentuknya "awan topi" yang bisa bahayakan penerbangan - antaranews.comMuncul Fenomena Topi Awan di Puncak Rinjani, BMKG Peringatkan, "Itu Berbahaya...." - jitunews.comCatatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.Heboh gunung Rinjani bertopi awan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-bertopi-awan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Heboh gunung Rinjani bertopi awan Benarkah FaceApp mencuri data pengguna

- Heboh gunung Rinjani bertopi awan Hari ini IHSG ditutup menguat

- Heboh gunung Rinjani bertopi awan Infografik: kreasi duta bangsa, Tahilalats sampai Mintchan

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
493
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread743Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.