• Beranda
  • ...
  • Games
  • List Video Games Yang Akan Menggunakan Unreal Engine 5

hyde13
TS
hyde13
List Video Games Yang Akan Menggunakan Unreal Engine 5


Unreal Engine merupakan sebuah engine atau program komputer yang khusus digunakan untuk membuat sebuah games. Unreal Engine 5 (UE5) merupakan sebuah engine terbaru yang di persiapkan untuk console dan hardware generasi terbaru (PlayStation 5, XBOX Series X/S). Pemilik dari Unreal Engine 5 adalah perusahaan video game raksasa yakni Epic Games. Unreal Engine 5 merupakan penerus dari Unreal Engine 4 yang sudah digunakan oleh banyak developer besar sejak tahun 2014.


Unreal Engine 5 di pertontonkan pertama kali ke publik pada Juni 2020, setelah itu langsung mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari para media serta penggiat video games. Pada momen itu, seakan kita melihat sebuah "glimpse" potensi grafik yang akan di capai oleh video game di masa yang akan datang.


Software full versi dari Unreal Engine 5 akan tersedia di pasaran sekitar awal 2022, namun beberapa developer game sudah mendapatkan early access dari Unreal Engine 5 ini, sehingga mereka sudah memulai mengembangkan game menggunakan engine ini.


Berikut ini list game yang sudah saya kumpulkan, dan suah di konfirmasi oleh developernya akan menggunakan Unreal Engine 5 :

1. Senua's Saga: Hellblade II.


Senua's Saga: Hellblade II  merupakan sekuel dari game Hellblade: Senua’s Sacrifice yang di release pada 2017. Game yang di develop oleh Ninja Theory, kemudian sukses dan mendapat banyak pujian karena struktur cerita naratif yang sangat memukau. Kali ini Ninja Theory mencoba untuk melanjutkan perjalanan dari tokoh utama Senua yang telah berhasil melawan iblis yang sebenarnya  bersemayam dalam dirinya.


Trailer dari Saga Senua: Hellblade II pertama kali diumumkan pada Desember 2019, di event The Game Awards, sebagai salah satu game exclusive dari Xbox Series X. Trailer Youtube : INI.

2. Black Myth: Wukong.


Black Myth: Wukong merupakan sebuah game yang mengambil tema dari perjalanan tokoh utama bernama Wukongyang di ambil dari sebuah novel abad ke 16 berjudul Journey to the West. Black Myth: Wukong merupakan game buatan dari developer asal negara Tiongkok bernama Game Science.


Pada awal pengembangan game ini masih menggunakan Unreal Engine 4 (2020), dan secara tiba-tiba pada Februari 2021 mereka berganti menggunakan Unreal Engine 5 diikuti dengan mengeluarkan sebuah trailer baru yang lebih memukau penonton. Trailer Youtube : INI.

3. eFootball PES 2022.


Pro Evolution Soccer (PES) sebuah permainan bola yang sudah lama kita kenal, sekarang berganti nama menjadi eFootball PES, game ini tidak akan release secara tahunan lagi, melainkan hanya mendapat update berkala secara musiman. Hal tersebut merupakan sebuah revolusi baru yang tentunya akan memutus siklus rilis tahunan dari sebuah game olahraga. Kabar yang beredar Konami sengaja absen 1 tahun (2021) karena mau mengembangkan game eFootball yang menggunakan Unreal Engine 5.


Namun nyatanya saat eFootball 2022 release di pasaran Oktober 2021, game tersebut masih menggunakan Unreal Engine 4. Mungkin karena developernya si-Konami mengerjakan dua versi eFootball 2022, sehingga hasil akhir saat release menjadi banyak bug. Saya merasa ke depannya  eFootball 2022 yang menggunakan Unreal Engine 4 diperuntukkan untuk PC spesifikasi rendah dan mobile phone dan eFootball 2022 versi Unreal Engine 5 untuk PS5 dan PC spesifikasi tinggi. Trailer UE5 eFootball : INI.

4. Echoes of the End.


Echoes of the End merupakan sebuah game IP baru yang di develop oleh developer asal negara Islandia bernama Myrkur Games. Echoes of the End merupakan sebuah project ambisius yang akan mengusung tema narrative-driven dari tokoh utama bernama Ryn, seorang petarung yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi materi benda di sekitarnya.


Echoes of the End di kabarkan di kembangkan menggunakan Unreal Engine 5. Kalau di lihat dari trailer yang mereka keluarkan, masih terlihat jauh dari realistis dan mengeluarkan potensi maksimal dari engine ini. Trailer & wawancara di Youtube : INI.

5. Dragon Quest XII: The Flames of Fate.


Sebuah game JRPG pertama yang di umumkan akan menggunakan Unreal Engine 5. Game ini di develop oleh Square Enix yang dulunya merupakan rival dari seri Final Fantasy. Seri Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age release pada 2017 telah sukses di pasaran. Dragon Quest XI merupakan contoh sukses sebuah game yang masih mengusung tema JRPG turn base dan bisa beradaptasi dengan menggunakan Unreal Engine 4. Trailer Logo Youtube : INI.

6. S.T.A.L.K.E.R. 2: Heart of Chernobyl.


S.T.A.L.K.E.R  merupakan sebuah game dengan jenis first-person-shooter yang di kombinasikan dengan elemen RPG dan action-adventure. Game ini memang hanya release exclusive di Xbox dan PC, sehingga judulnya sedikit asing bagi pengguna console PlayStation. Stalker 2 pertama kali di umumkan pada tahun 2010 dan berencana di release pada 2012 namun game ini memiliki jejak kasus yang sama seperti game Final Fantasy XV. Secara mendadak pada tahun 2011,  Stalker 2 diumumkan dibatalkan oleh developernya.


Pada 2018 developernya kembali mengumumkan akan mengembangkan game ini lagi, yang rencana akan di release pada 2021. Pada saat itu seri Stalker 2 sudah di kembangkan menggunakan Unreal Engine 4. Pada Agustus 2021 Developer game ini tiba-tiba nge-Tweet sebuah gambar yang menunjukkan mereka sedang menggunakan Unreal Engine 5, sekaligus mengkonfirmasi kalau S.T.A.L.K.E.R  akan menggunakan Unreal Engine dan akan di release pada April 2022.  Trailer Youtube : INI.

7. Fortnite.


Siapa yang tidak kenal judul Fortnite, sebuah game yang juga ikut memelopori genre battle royale ini merupakan sebuah game yang di release oleh perusahaan game yang membuat Unreal Engine yakni Epic Games. Tentunya game ini tidak mau ketinggalan dan akan mengubah engine dari Unreal Engine 4 ke Unreal Engine 5 di pertengahan tahun 2022.


Game yang bisa berjalan secara Cross-platform ini sekaligus merupakan sebuah daya magnet bagai para developer lain yang ingin menggunakan engine ini. Menunjukkan kalau Unreal Engine bisa berjalan dengan sangat mulus di PlayStation 4, Xbox, Nintendo Switch, PC dan bahkan perangkat Mobile. Trailer INI.

8. Gears of War.


Sebuah game exclusive andalan dari Xbox yang di kabarkan sedang di kembangkan menggunakan Unreal Engine 5. Walaupun Xbox Game Studios selaku publisher-nya belum mengumumkan kapan tanggal release Gears 6 namun, mereka sudah memberikan bocoran-bocoran mengenai pengembangan game ini.


Karena Gear of War ini di develop oleh beberapa developer besar yang salah satunya adalah Epic Games, jadi Saya yakin penggunaan Unreal Engine pada game Gears 6 akan sangat maksimal, dan menujukan potensi penuh yang di miliki oleh Unreal Engine 5. Trailer karakter : INI.


9. Avowed.


Avowed merupakan sebuah games first person role-playing fantasy yang di kembangkan oleh Obsidian Entertainment. Lagi-lagi sebuah game yang merupakan exclusive game dari Xbox Game Studios yang pertama kali di pertontonkan ke publik pada July 2020. Game ini mengambil setting di dunia Eora yang merupakan spin-off dari seri game Pillars of Eternity.

Sejak Game ini di umumkan sebenarnya belum ada informasi kapan game ini akan di release, namun trailer dari game ini sangat menjanjikan, karena sangat mirip dengan Skyrim. Trailer INI.

Kesimpulannya, Unreal Engine merupakan sebuah Engine yang sangat power full dari segala macam aspek di dalamnya. Saya benar-benar tidak sabar melihat sampai mana batas grafis yang bisa di capai oleh PS5 saat menggunakan engine ini. Berikut ini beberapa game yang masih di rumorkan akan menggunakan Unreal Engine 5, yang tidak saya bahas satu per-satu :

- Dreamhouse: The Game
- ArcheAge II
- ARK II
- Avowed
- Everwild
- Little Devil Inside
- Hogwarts Legacy (Saya sangat menunggu yang ini)
- New Bioshock game








Sekian artikelnya semoga bermanfaat, Terima Kasih
eMHidayatsgaruda102decepticon2301
decepticon2301 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
6.1K
53
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.