Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Sri Izzati: Penulis Cerita Kecil-Kecil Punya Karya yang Kini Jadi Tokoh Inspirasional

sabillafauziAvatar border
TS
sabillafauzi
Sri Izzati: Penulis Cerita Kecil-Kecil Punya Karya yang Kini Jadi Tokoh Inspirasional
Udah lama banget aku nggak nulis. Baik tentang cerita berisi kisah sehari-hari yang bisa dijadiin pelajaran, atau bahkan curhat soal hal yang sebenernya nggak tau intinya apa, alias ngalor-ngidul. Dari dulu padahal aku suka nulis. Dibanding kalau lagi di kelas dan harus merhatiin papan tulis berjam-jam, aku lebih milih untuk nunduk dan corat-coret kertas sambil bayangin cerita apa yang kali ini bisa aku tulis.

Buat sebagian orang, nulis itu bisa jadi sarana untuk membagikan isi pikiran atau imajinasi. Nggak mesti yang berat-berat kayak nulis artikel atau nulis berita harian di koran. Jaman sekarang, banyak platform media sosial yang mendukung setiap orang dalam bidang menulis. Update status pun sekarang bisa berupa puisi, thread cerita, kita bebas untuk nulis apa aja. Mereka membagikan karya mereka tersebut dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca semua warganet.

Dulu boro-boro ada twitter, facebook, dan lain-lain untuk support minat baca aku. Aku banyak baca koran dan majalah di setiap waktu luang. Misalnya lagi ngantri di tempat mama nyalon, duduk di kantor papa sambil nunggu jam pulang, dan masih banyak lagi. Aku inget kalo minat bacaku gak pernah pudar sampe aku SD, dan untungnya sampe detik ini pun minat baca aku masih besar.

Dari kecil, keluarga aku selalu ngajarin untuk bisa lancar baca walau aku belum sekolah. Aku gak pernah ngelawan dan selalu nurut padahal aku nggak ngerti dulu gunanya apa kok dikit-dikit disuruh baca. Setiap kata yang aku lihat di jalan, di TV, selalu disuruh buat dibacain. Hasil jangka pendek yang aku dapet dari sana adalahbanyak tetangga yang sering kasih hadiah permen, atau uang jajan karena  merasa terhibur sama anak kecil yang pinter baca. Hasil jangka panjangnya, akucuma masuk TK satu tahun, dan bisa lulus tes baca di SD tanpa mesti belajar keras-keras.

Keluargaku selalu berusaha nyari sambil ngikutin kemana minat dan bakat aku. Keluarga dari ayahku tau banget kalo aku kemana-mana selalu bawa buku dan itu adalah caraku mengisi waktu luang, gak jarang mereka beliin aku buku cerita dan ngasih itu secara cuma-cuma. Kayaknya mereka emang udah dasarnya seneng kalo liat aku seneng, deh.

Salah satu novel yang sering aku baca waktu SD adalah KKPK. Dulu banget aku sering berkunjung ke perpustakaan sekolah sebelum akhirnya rajin ke perpustakaan daerah. Banyak banget buku KKPK yang gak bisa aku sebutin judulnya. Selain bisa baca cerita yang aku mau dengan tenang, Ibu guru yang jaga perpusnya juga baik banget, beliau sering ngasih saran buku mana yang bagus untuk aku baca. KKPK jadi

Salah satu buku yang ngisi masa-masa kecil aku dengan cerita ringan namun menyenangkan. Penulis KKPK favoritku adalah Sri Izzati. Dulunya, teteh cantik kelahiran tahun 1995 ini masih umur 7 tahun pas nulis karya pertama KKPK-nya yang berjudul “Kado Untuk Ummi”. Keren banget! Usia 7 tahun dan Sri Izzati berhasil mengisahkan cerita yang akhirnya diterbitin sama DAR! Mizan lewat KKPK.

DARI! Mizan sendiri adalah imprint yang khusus menerbitkan buku-buku hasil karya tulisan anak-anak usia 7-12 tahun. Dimana usia kisaran itu kan orang tua mulai bisa ngeliat kemana minat dan kegemaran si anak. Biasanya, dengan cara melihat dimana bidang yang paling menonjol dan kesenangan mana yang paling sering dilakukan si anak. Sisanya, tinggal gimana orang tua ngebantu dan ngedukung anak mereka untuk menyelami bakat masing-masing.

Siapa sangka, Sri Izzati yang dulu jadi penulis cilik sekarang udah nggak cilik lagi, berikut dengan prestasi atas nama Sri Izzati yang udah tercatat di mana-mana. Waktu umurnya masih 19 tahun pun, Sri Izzati meraih rekor MURI sebagai penulis termuda. Karyanya udah banyak padahal umurnya masih muda. Dari dulu, orang tuanya udah dukung dan bahkan sejak umur 3 tahun, Sri Izzati sudah biasa baca dan bikin tulisan.

Pas aku SMA, aku pernah dapet kesempatan buat ketemu sama Teh Sri Izzati. Disitu aku liat penampilan dia nyanyi dan main biola. Keren banget dan aku salut karena selain multi-talenta, dia juga ngelakuin semua hal yang dia suka dengan ikhlas dan bahagia. Akhirnya aku menyimpulkan bahwa, mengetahui passion anak juga penting, tapi yang gak kalah penting itu adalah untuk mendukung minat dan bakat anak setelahnya. Selama bakat itu bisa membawa manfaat, kenapa enggak, kan?
Diubah oleh sabillafauzi 16-01-2020 06:45
0
1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.