Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iroiro78Avatar border
TS
iroiro78
Desain Huruf Timbul yang Baik tuh Gimana Sih?
Huruf Timbul atau kita kenal sebagai channel letter atau huruf reklame, adalah salah satu cara untuk menampilkan brand, layanan dan produk kita pada objek fisik misalnya di ruko, kantor, kios, atau bangunan lainnya.
Spoiler for Huruf Timbul:


Dengan menggunakan huruf timbul, informasi yang kita tampilkan akan terlihat lebih jelas dan menarik, sehingga bisa mengundang orang-orang yang lewat untuk membacanya. Ada kalanya huruf timbul dipasang agar orang-orang yang mencari lokasi lebih mudah untuk menemukannya. Atau agan ingin menyampaikan informasi yang teramat penting, dan berharap agar orang-orang yang masuk ke area tertentu, bisa melihatnya dengan mudah, kemudian membacanya.

emoticon-Peluk

Karena tujuannya adalah untuk mendapatkan perhatian, jelas bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh huruf timbul, agar dapat berfungsi secara maksimal. Sayang banget kan, kalau sudah mendesain huruf timbul, kemudian sudah keluar biaya pula untuk membuatnya, tapi ternyata malah gak ada yang baca..

Posisi gan..!

Sebelum kita membahas mengenai desain huruf timbul, pertama-tama kita perlu memastikan posisi peletakan huruf timbul yang akan agan buat. Apakah huruf akan ditempelkan di luar ruangan atau di dalam ruangan?

Jika huruf tersebut akan ditempelkan di luar ruangan, akan ditempelkan di sebelah mana? Apakah di atas bangunan, atau di atas pintu? Atau akan ditempelkan di dinding kosong bagian luar? Posisi penempatan huruf di luar ruangan sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Karena akan berpengaruh terhadap dua hal utama: Terlihat atau tidaknya huruf timbul tersebut, dan daya tahan dari huruf timbul yang dipasang.

Jika huruf timbul dipasang di dinding, tetapi dinding tersebut seringkali tertutup oleh kendaraan yang parkir, atau tumpukan kardus barang, maka huruf timbul akan menjadi sia-sia dipasang disana. Hal yang bisa agan lakukan?

Apakah agan bisa mencegah posisi tersebut terhalang? Misalnya dengan melarang kendaraan parkir disana, atau dengan memastikan agar tidak ada hal lain yang menghalanginya? Jika bisa, ya gak ada masalah. Tapi seandainya gak bisa, pindahkan posisi huruf timbul.. sayang banget kalau posisi tersebut tetap dipertahankan, dan huruf timbul gak terlihat setiap saat.

Seandainya huruf timbul akan dipasang di dalam ruangan, maka huruf tersebut akan dipasang di sebelah mana? Akan dipasang di dinding sebelah mana? Cukup penting agar agan membayangkan diri sebagai konsumen atau orang yang pertama kali akan memasuki sebuah bangunan. Ketika masuk ke dalam ruangan tersebut, sebagai seorang konsumen, apa sih yang agan cari? Informasi apa yang agan pikirkan ketika masuk pertama kali ke dalam ruangan tersebut?

Jika ada banyak informasi, pilih mana yang menjadi prioritas. Jika masih terlalu banyak, kurangi lagi. Lho, kenapa informasi lengkap kok dipotong dan dikurangi terus menerus?

Karena, terlalu banyak informasi gak selalu baik gan.. jangan sampai terlalu banyak informasi yang agan tampilkan, kemudian semuanya dipasang di area pintu masuk. Akibatnya orang yang masuk akan berhenti, mencoba membaca semua informasi, kemudian malah menghambat orang-orang yang akan keluar masuk melalui pintu tersebut.

Akhirnya malah lebih banyak gangguan yang muncul akibat penempatan yang salah.

Harga juga Penting

Kemudian gak kalah penting nih, agan juga harus memahami terlebih dahulu, apa saja sih yang berpengaruh terhadap harga huruf timbul? Ada kalanya ketika kita akan membuat desain, kita sudah punya limit budget tertentu, dan kerangka pikir kita harus berangkat dari ketersediaan budget.

Nah beberapa hal yang berpengaruh terhadap harga huruf timbul bisa dicek disini

Spoiler for Ini hal-hal yang berpengaruh terhadap harga huruf timbul gan:


Kita simak yuk beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar desain Huruf Timbul kita menjadi efektif.

1. Pilih Font yang mudah untuk dibaca
Agar berfungsi maksimal, huruf timbul harus mudah untuk dibaca. Ada banyak pilihan font yang indah, tetapi ingat bahwa kata atau kalimat yang disusun harus mudah dikenali dan dibaca.

Sebaiknya hindari huruf yang terlalu "berkeriting" atau huruf-huruf yang bagian serif nya terlalu menonjol dan sulit dibaca. Karena jenis-jenis huruf ini kadang enak dipandang (gak semuanya enak dipandang juga gan emoticon-Big Grin) dan ada kalanya memang hanya bertujuan untuk dekorasi semata, bukan untuk mudah dan cepat dibaca.


Spoiler for keriting:


Percuma kalau kata-kata atau kalimat yang terpasang terlihat sangat indah, tetapi orang-orang merasa kesulitan untuk membacanya, pasti akhirnya hanya akan dilewati begitu saja.

Spoiler for Font:


2. Tentukan Ukuran yang Tepat
Ukuran huruf timbul harus efektif.. artinya ukuran yang tepat. Tidak boleh terlalu kecil karena akan sulit dibaca. Kalau terlalu besar boleh gak? Ya boleh lah, cuma kan sayang juga di budget.. produksi huruf timbul dihitung dari ketinggian huruf timbul tersebut, semakin besar desain yang kita buat artinya biaya produksi huruf timbul juga akan semakin mahaaal..

Salah satu cara yang cukup efektif yaitu dengan menyiapkan beberapa ukuran huruf, kemudian agan print menggunakan printer di rumah/kantor seukuran huruf yang rencananya akan dibuat.

Nah, bawa hasil print tersebut, tempelkan sementara di posisi yang sudah agan tetapkan dengan menggunakan selotip. Kemudian berjalanlah menjauh menuju tempat dimana agan berharap agar orang-orang yang berada disana dapat melihat huruf yang agan pasang.

Coba analisa apakah ukuran yang didesain terlalu kecil atau terlalu besar. Bagaimana jika ukuran huruf tersebut dikurangi atau ditambah, apakah lebih cocok? Setelah puas, tentukan ukuran yang tepat.

Memang cara di atas tersebut hanya bisa dilakukan untuk huruf-huruf berukuran kecil hingga sedang. Kalau ukuran hurufnya besar banget gimana gan? Misalnya nama bangunan atau perusahaan yang ingin dipasang di atas sebuah gedung?
Kalau memungkinkan ya bisa agan print dengan ukuran banner.. tapi kalau tidak memungkinkan, cukup simulasi. Foto dari bawah, dimana orang-orang diharapkan akan dapat melihat huruf timbul tersebut, kemudian dengan menggunakan software edit foto, tempelkan huruf timbul di posisi yang sudah ditentukan. Setelah itu, analisa apakah sudah terlihat jelas atau belum?

3. Pertahankan Kontras Warna 
Kontras warna sangat penting, karena jika huruf timbul memiliki tingkat kontras yang rendah dengan latar belakangnya, maka huruf timbul tersebut akan sulit untuk dibaca. Misalnya kita membuat huruf timbul berwarna putih, tetapi kita pasang di tembok berwarna putih.. maka huruf timbul yang susah payah kita buat tersebut, akan sulit untuk ditemukan oleh mereka yang melintas atau mencarinya.

Warna yang kontras dapat agan cek di berbagai website, dimana agan dapat mengumpulkan beberapa komposisi warna kontras. Pilih beberapa komposisi yang menarik, sesuai warna yang akan digunakan.

4. Gunakan Frame untuk Mempertahankan Kerapihan
Ada kalanya huruf timbul yang akan kita buat terdiri dari banyak huruf, mungkin mengandung 10 atau bahkan lebih huruf. Coba perhatikan deh, semakin banyak huruf yang tersusun, maka akan terlihat semakin tidak rapi. Pemasangan huruf tidak semudah kita menempelkan sticker pada permukaan kaca. Karena itu, sebaiknya gunakan alat bantu besi atau pipa hollow sebagai landasan untuk menempelkan semua huruf timbul tersebut. Terlihat rapi, efektif, dan pemasangannya cepat!

Karena itu kalau agan melihat brand-brand luar di mall, rata-rata menggunakan frame untuk pemasangan. Karena pemasangan akan jauh lebih efektif dan rapi.

Selain itu, desain frame yang baik juga sangat diperlukan jika ukuran huruf timbul yang akan dibuat memiliki ukuran yang besar. Ukuran huruf dengan tinggi di atas 60 cm sudah cukup berat, jangan sampai dipasang begitu saja tanpa frame penguat, untuk berjaga-jaga agar tidak mudah lepas.

Spoiler for Frame:


5. Gunakan Background
Background yang tepat akan meningkatkan keterbacaan dari susunan huruf timbul yang kita buat. Huruf timbul yang mudah untuk dibaca, tanpa disadari akan dibaca oleh orang-orang yang lewat. Penggunaan background juga akan meningkatkan kecepatan orang untuk membacanya.

Pilih background yang berkualitas agar tahan lebih lama, dan kontras warna yang memadai. Bahan background juga harus memiliki kualitas yang baik. Seringkali dengan harga murah, agan akan mendapat background yang bagus di awal. Dipasang juga bagus dan rapi.. tapi setelah beberapa saat, background nya mulai miring atau melengkung :bingung

Kalau sudah seperti itu, mau gak mau agan harus memesan lagi, ke tempat yang lain. Karena umumnya pembuat huruf timbul hanya memberikan garansi untuk lampu (kalau huruf yang agan pesan menyala) selama beberapa minggu saja.

Spoiler for Background:


6. Pesan Kualitas Huruf Timbul yang Bagus
Ada harga ada barang gan.. di banyak tempat, harga dan kualitas huruf timbul saling menyesuaikan. Kita punya budget tinggi, kita akan mendapat kualitas bahan dan pengerjaan yang bagus. Kalau kita ingin berhemat budget, maka kualitas keduanya juga akan menurun. 

Pemilihan kualitas disesuaikan dengan kebutuhan kita gan.. kalau kita belum yakin akan jalannya usaha/kantor, pilih yang murah. Siapa tau baru usaha setahun gak taunya tutup. Kan sayang kalau sudah terlanjur beli yang mahal.
Kalau agan yakin dengan usaha, atau usaha memang sudah berjalan beberapa tahun, jangan pilih yang murah, pilihlah yang harganya lebih mahal dan dapatkan yang lebih berkualitas. 

Karena daya tahan huruf timbul yang murah tidak akan lama, ada kalanya setiap tahun agan harus pesan yang baru karena huruf tersebut sudah rusak, pengerjaannya tidak rapi sehingga banyak debu dan kotoran yang masuk, atau kualitas lampu LED hingga semua kabelnnya sudah rusak. emoticon-Sorry
Bayangkan kalau perbedaan dari segi harga yang murah dan mahal hanya sekitar Rp. 1,000,000 hingga Rp. 2,000,000, sedangkan daya tahan keduanya berbeda beberapa tahun.. berapa pemborosan yang sudah dilakukan dengan melakukan pemesanan yang salah?

Jika agan memesan huruf timbul seharga 4 juta rupiah, sedangkan ada tempat lain menawarkan 6 juta rupiah. Perbedaannya hanya 2 juta rupiah. Tetapi di tempat pertama agan mendapat kualitas yang hanya bertahan satu tahun, maka hampir setiap tahun agan harus keluar 4 juta rupiah. Kalau di tempat kedua agan bisa mendapat kualitas 3 tahun, banyangkan perbedaan harganya selama 3 tahun tersebut.. akhirnya menjadi 12 juta berbanding 6 juta rupiah.

Seringkali rencana penghematan akhirnya malah menjadi pemborosan. Pertimbangkan dengan matang agar pemilihan penawaran dari para vendor lebih tepat gan. Ingat bahwa pembuat huruf timbul tidak memberikan garansi selain lampu LED yang digunakan.

Pembuat huruf timbul semakin banyak, karena itu carilah yang sudah berpengalaman, karena mereka akan bisa memberikan saran yang terbaik buat agan, juga pertanggung jawaban kualitas juga lebih jelas. Gak sekedar murah saja. emoticon-Shakehand2

Makasih sudah mampir disini ya ga.. kalau berkenan mohon tinggalkan jejak ijo gan emoticon-2 Jempolemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh babanbe 01-03-2021 06:11
0
662
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.