Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

euodiasuryaniAvatar border
TS
euodiasuryani
Membangun Divisi Digital Sales untuk Dealer Mobil

Pasar otomotif semakin bertumbuh, tetapi persaingan juga meningkat. Ketika dealer mobil mencoba memasarkan secara online, dealer lain juga terjun di bisnis online, sehingga terjadi banyak persaingan. 

Hampir semua orang dapat mencari informasi melalui website ataupun sosial media.
- Menurut survei Google, 92% pembeli mobil melakukan penelitian online sebelum membeli.
- Lebih dari 60% pembeli mobil melaporkan mengunjungi dealer atau situs web dealer setelah menonton video kendaraan yang mereka pertimbangkan.

Hampir semua orang menggunakan smartphone dimana saja sekarang, termasuk pembeli kendaraan yang menggunakan smartphone untuk mencari informasi.

[url=([url]https://www.facebook.com/business/news/insights/understanding-the-auto-buying-journey-of-the-connected-consumer)]Studi[/url] Facebook[/url] mengungkapkan bahwa 69% konsumen otomotif menemukan kendaraan baru secara online dibandingkan dengan 41% di dealer. Smartphone adalah alat penting untuk browsing bagi semua responden otomotif, dengan 50% mengatakan mereka menemukan kendaraan dan merek baru di ponsel cerdas atau tablet mereka.

Melalui internet, pelanggan dapat dihubungi langsung melalui pemasaran digital (digital sales). Pendekatan bertarget ini memiliki rasio konversi yang lebih baik daripada pendekatan tradisional.
Seiring meningkatnya persaingan di industri, pendekatan yang berfokus pada konversi ini akan menjadi lebih penting. Oleh karenanya penting bagi dealer kendaraan untuk mempunyai penjualan digital.

Membuat Bagian Penjualan Digital (digital sales)

Dealer mobil harus membuat bagian penjualan digital untuk menilai keberhasilan tim penjualan dan pemasaran mereka. Divisi penjualan ini harus mengukur berapa banyak orang berpotensi sebagai prospek dan berapa banyak dari prospek tersebut yang akhirnya membeli.
Ada beberapa tolok ukur penting untuk membangun saluran penjualan digital:

1. Prospek
Prospek adalah pelanggan potensial yang dapat Anda hubungi (misalnya nomor telepon atau alamat email). Prospek adalah ukuran yang paling dikenal untuk pemasar otomotif. Paling sering, pemasar dinilai dari kemampuan mereka menghasilkan prospek untuk dealer mereka. 

Penjualan harus terjadi untuk mengembangkan dealer. Semakin banyak prospek yang Anda miliki, semakin banyak orang yang harus Anda jangkau dan ubah menjadi penjualan. Menarik lebih banyak prospek akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Jumlah rata-rata prospek adalah 1% dari lalu lintas web Anda yang dikonversi menjadi prospek digital. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki 10.000 pengunjung web sebulan, Anda harus memiliki setidaknya 100 prospek digital dari situs web Anda.

Cara meningkatkan:
A. Cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak prospek adalah mempermudah pembeli digital untuk memberikan informasi mereka kepada Anda. Menggunakan chat box, atau formulir lainnya.

B. Cara terbaik untuk ketika perolehan traffic meningkat maka kemungkinan juga peningkatan perolehan prospek. Google Analytics untuk mempelajari saluran mana yang menghasilkan prospek paling banyak dan berapa biaya per prospek Anda. Habiskan lebih banyak uang dan waktu untuk sumber yang menghasilkan prospek paling banyak.

Pelajari analytics tersebut ke dalam sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) Anda untuk melihat siapa yang membeli, dan luangkan waktu pada sumber yang menghasilkan penjualan paling banyak.

2. Prospek Dihubungi
A. Minta informasi kontak yang benar-benar Anda bisa hubungi, dan berikan pengunjung opsi untuk memilih bagaimana mereka ingin dihubungi. Misalnya, mereka mungkin lebih suka teks daripada email atau panggilan telepon.

Formulir yang singkat lebih berguna, karena pelanggan lebih suka mengisi formulir yang singkat dan padat. 

B. Dorong prospek untuk kunjungan ke dealer
Mendorong calon pembeli untuk datang ke dealer Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk melakukan digital sales. Anda bisa menginformasikan kendaraan terbaik untuk kebutuhan mereka.

Gunakan kata-kata yang terkonsep dengan baik untuk menelepon dan template yang menarik untuk email serta juga tambahkan personalisasi untuk setiap pelanggan.

Teknologi bisa membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak janji. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran dapat melacak apa yang dilihat orang di situs web Anda dan kapan mereka mengklik email Anda. Hubungi mereka saat mereka aktif di situs Anda atau melihat email Anda, sehingga Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk menghubungi mereka melalui telepon.

Anda juga dapat menggunakan email untuk menindaklanjuti pengiriman formulir dengan mengarahkan mereka untuk membuat janji. 

Janji temu adalah pertemuan pelanggan diajak bertemu datang ke dealer. Mendorong pelanggan untuk hadir pada janji temu tersebut mempermudah melakukan penjualan. Hubungan pribadi mempermudah digital sales.

3. Test drive
Tim penjualan Anda perlu menutup kesepakatan sehingga semua kerja keras Anda dalam menghasilkan dan mengubah prospek menghasilkan penjualan.

Teknik penjualan yang telah dilatih oleh perwakilan penjualan Anda akan berguna. Strategi akan berubah tergantung pada bagaimana toko Anda memberi harga kendaraan (satu harga, negosiasi, dll.). Secara umum, usahakan agar proses tersebut efisien, transparan, dan penuh hormat.

4. Total Konversi Digital Leads (automotive digital leads)
Mengetahui konversi total Anda akan mengarahkan keputusan pemasaran Anda dan memungkinkan perkiraan penjualan. Jika Anda tahu bahwa 10% prospek digital membeli kendaraan, Anda tahu bahwa menambahkan 100 prospek akan menghasilkan 10 penjualan tambahan.

Identifikasi nilai rata-rata penjualan untuk toko Anda, dan kemudian tentukan apakah aktivitas pemasaran Anda akan menghasilkan lebih banyak nilai daripada biayanya. Itulah definisi laba atas investasi (ROI) positif.

Perbaiki setiap langkah sehingga menghasilkan automotive sales. CRM Anda memungkinkan toko Anda dengan cepat menemukan nomor saluran penjualan Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak apa yang berhasil (dan apa yang tidak).

Integrasikan Lucep dengan mudah dengan CRM, DMS, serta proses dan perangkat lunak manajemen prospek yang ada. Memindahkan prospek secara real-time ke dalam sistem manajemen prospek Anda memastikan bahwa tidak ada prospek yang hilang dan tidak ada duplikasi data dari manapun salurannya.

0
158
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.