KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Kopling Mobil Keras? Mungkin ini Penyebabnya Gan!

Untuk mobil dengan transmisi manual, kopling menjadi bagian yang paling penting. Dan karena perannya yang sangat penting, maka jika terjadi kerusakan akan membuat sang pengguna jadi kesal. Kerusakan disini biasanya pedal terasa keras saat diinjak. Bukan tanpa alasan tiba – tiba pedal kopling jadi keras, pasti ada masalah dari komponen tersebut. berikut beberapa hal yang bikin pedal kopling jadi keras:


Kopling kering

Kopling kering biasanya terjadi karena si pengguna tidak rutin melumasinya dengan oli atau serbuk khusus. Untuk menghindari hal ini, pengguna harus rajin ngasih pelumas, dan saat diberi pelumas bisa juga dilakukan penyetelan ulang kabel kopling agar lebih fleksibel dan pembungkus kabel tidak langsung bergesekan.

Kampas kopling menipis

Pedal kopling menjadi keras bisa juga disebabkan oleh kampas kopling yang menipis. Jika ini dibiarkan, maka kampas kopling yang menipis akan menimbulkan masalah yang lebih serius lagi. Dan bukan tidak mungkin ini akan merembet ke komponen lainnya. Jika kampas kopling udah menipis, segeralah untuk melakukan penggantian.

Kopling keras karena cover clutch

Jika usia cover clutch atau sering disebut sebagai matahari udah tua, ini akan membuat pedal kopling jadi keras. Cover clutch yang udah usang akan menurunkan daya tekannya. Dan jika daya tekan melemah, akan membuat kmponen pressure plate tidak bisa bekerja dengan normal. Sama halnya dengan kampas kopling, jika cover clutch udah uzur, segeralah untuk menggantinya.

Realese bearing juga bisa jadi penyebabnya

Pedal kopling yang keras juga bisa disebabkan oleh realese bearing yang ada di cover clutch. Jika realese bearing aus, tekanan pada pegas diafragma akan lemah. Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, realese bearing lama – kelamaan akan menggerus pegas diafragma. Dan ini akan membuat pedal kopling jadi keras.



richardus96
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
909
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.