Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik, Sistem dan Prospek Kerjanya

syarif.sodenAvatar border
TS
syarif.soden
Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik, Sistem dan Prospek Kerjanya
Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik, Sistem dan Prospek Kerjanya
Pengertian Otomotif 
Otomotif adalah sebuah istilah yang merujuk kepada hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat transportasi, khususnya sepeda motor dan mobil. Teknik Otomotif mempelajari komponen kendaraan dan berbagai sistem yang mengaturnya.

Sedangkan secara etimologis, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi Otomotif bermakna sesuatu yang berputar dengan sendirinya. Memang jika merunut pada asal katanya yang sepertinya dari kata “oto” dan “motif”. Maka artinya menjadi “sendiri” dan “alasan”.

Maksudnya adalah sesuatu yang mampu bergerak karena memiliki alasan tersendiri. Dan mudahnya adalah sesuatu bergerak karena ada sistem yang melandasinya. Yang tidak lain adalah sistem otomotif itu sendiri.

Ruang Lingkup dan Bidang Kajian Otomotif

Untuk ruang lingkup dan bidang kajian otomotif di Indonesia masih berkisar pada alat-alat transportasi yang umum ada di Indonesia, seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk. Namun sebenarnya jika secara luas, otomotif juga bisa menjadikan kereta, kapal dan pesawat terbang sebagai objek kajiannya.

Karena jika dikembalikan lagi pada pengertian otomotif di atas, maka segala kendaraan transportasi sesungguhnya bagian dari ruang lingkung otomotif.

Meski begitu, memang ilmu teknik otomotif yang berkembang dan populer di Indonesia, serta banyak diajarkan masih sebatas pada kendaraan-kendaraan yang tidak begitu rumit mesin dan sistemnya, seperti motor dan mobil.

Pada akhirnya, bicara otomotif di Indonesia masih sangat kental akan kajian akan sepeda motor dan mobil belaka. Tentu ini juga berimplikasi pada output para tenaga otomotif yang mana banyak orang Indonesia dipekerjakan sebagai buruh-buruh di pabrik perakitan motor dan mobil milik perusahaan multinasional-global.

Pengertian otomotif yang masih sangat sederhana di Indonesia ini. Yang hanya berputar pada kendaraan-kendaraan roda dua dan empat bukanlah sesuatu yang harus diremehkan. Biar bagaimana pun kajian ilmu dan teknik otomotif di kurikulum pendidikan Indonesia sudah cukup baik.

Cabang-Cabang Ilmu dan Teknik Otomotif
Selengkapnya Klik Disini>>
0
1.3K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.