Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Nyalip Bus di Tol Ternyata ada Rumusnya Gan!

Berkendara di jalan tol dibutuhkan kehati – hatian yang cukup ekstra. Karena disana ada berbagai macam jenis mobil dan lajunya lumayan kencang. Sikap hati – hati di jalan tol juga harus diterapkan saat menyalip di jalan tol, apalagi yang disalip bus atau truck yang ukurannya besar. Nyalip kendaraan berukuran besar harus penuh perhitungan yang mantap.
 

Ada beberapa tips dan trick yang bisa Agan dan Sista terapkan ketika ingin menyalip kendaraan berukuran besar, seperti bus. Usahakan ketika menyalip kendaraan kita tetap terlihat oleh pengemudi bus. Soalnya bus mempunyai blind spot yang tidak terjangkau kaca spion. Blind spot pada bus cakupan areanya cukup luas, sehingga pandangan pengemudi relatif lebih terbatas ketimbang nyetir mbil biasa.

Selanjutnya, terapkan rumus PDA sesaat akan menyalip bus. Pertama “P”, pengemudi harus paham dulu penting atau tidak menyalip. Kalau gak penting – penting amat, mending jangan. Kedua “D”, dibenarkan posisi ketika akan menyalip, seperti jangan menyalip di tanjakan, turunan, tikungan, jembatan, marka jalan, persimpangan, jalan rusak, zebra cross, dan lain sebagainya. Ketiga “A”, Aman atau tidak untuk menyalip. Pastikan dulu keamanan kendaraan sebelum menyalip bus.

Setelah rumus ini terjawab, barulah lakukan strategi atau teknik menyalip. Pastikan kondisi bidang pandang tetap 50% - 60%, dan jangan terlalu dekat untuk menyalip. Hindari untuk menyalip tiba – tiba di depan bus. Karena kendaraan besar butuh waktu yang lebih lama untuk pengereman. Jangan lupa untuk klakson dulu GanSis, sebagai kode kalau mau nyalip.



minhakim20
ronalddch
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.