Iman888Avatar border
TS
Iman888
Menimalis kecelakaan di jalan raya
Assalammualaikum Wr.Wb.

Sebagai manusia morend seperti saat ini,kebisaan untuk mengemudi itu sangat di haruskan dan bahkan menjadi kebutuhan bagi setiap lapisan masyarakat.dan bahkan usia anak-anak ( 9 tahun ) pun,di ajarkan orang tua ke pada anak2nya.
Padahal saat mengendarai kendaran tidak hanya bisa: gas,rem, pasang sent pada saat sebelum berbelok dan tidak jatoh.
Padahal lebih dari sekedar itu.

Untuk itu mari kita sama-sama memahami fungsi dasar : GAS, REM,KOPLING,STIR ( OLAH KEMUDI ),GIGI ( PERNELING ).

DAN PADA SAAT MENGEMUDI COBA KITA TIDAK MAU MENJADI : PENYEBAB KECELAKAAN, KORBAN KECELAKAAN, TERLIBAT KECELAKAAN.

# FUNGSI GAS = banyak dari para pengemudi berfikiran fungsi gas itu adalah untuk menambah kecepatan laju dari kendaraan yang sedang kita kemudikan. Padahal pemikiran yang sangat keliru besar. Karna fungsi dasar GAS itu adalah hanya sebagai sarana membuka /menutupnya SUPLAY BAHAN BAKAR KERUANG BAKAR.

#FUNGSI GIGI ( PERNELING ) = perneling ini, pada dasarnya untuk mengatur ingkar kecepatan suatu kendaraan yang dikemudikan dan memberikakan daya mundur ( bagi kendaraan roda 4 atau lebih ).
Sekarang coba praktekan sendiri, anda masukan ke gigi 1, apakah kendaraan anda bertambah kecepatannya atau hanya RPMnya saja yang bertambah tinggi/cara lain NETRAL KAN PERNELING injak gas dalam2 apakah suara mesinnya yang mangkin menderu, rpm tinggi,tapi mobil tidak bergerak. ( Jadi sampai disini sudah jelas ya perbedaan dan fungsi gas dan gigi/perneling ).

#FUNGSI REM = banyak yang berpendapat fungsi dasar rem adalah memberhentikan kendaraan. Salah besar gan, kalau kendaraan yang melaju, karna ada satu dan lain hal didepan kendaraan yang sedang kita kendarai/kemudikan, maka kendaraan itu akan jungkir balik ( seperti orang yang sedang lari,di selengkat kakinya apa yang terjadi dia jatoh babak belur, ujungnya memang berhenti ). Jadi fungsi sebuah rem itu,dia hanya MENAHAN LAJU KECEPATAN PUTARAN RODA,BARU EFEKNYA KENDARAAN AKAN BERHENTI.

#FUNGSI KOPLING = ini berfungsi menyatukan/memutus putaran mesin ke roda.pembuktiannya adalah dengan cara pindahkan perneling,dari netral ke gigi 1, pada saat anda lepas dari injakan kaki anda pedal kopling, maka kendaraan akan berjalan,tapi coba anda injak pedal kopling,makan kendaraan anda akan melaju ( seolah2 los ) Tampa adanya " hambatan yang mengganjal.

#FUNGSI STIR ( OLAH KEMUDI ) = alat ini berfungsi HANYA mengarahkan rida depan saja, efeknya baru kendaraan akan berubah arah KALAU kendaraan sedang berjalan. Coba lah di putar stir kendaraan anda sesuka hati anda,pada saat kendaraan anda berhenti, liat dan pastikan yang berbelok ke kanan/kekiri roda depan saja atau seluruh body kendaraan anda yang berbelok.

Tadi diatas ada tulisan PENYEBAB KECELAKAAN, banyak dari para pengemudi yang berpengalaman berpikir " saya tidak mungkin " menjadi penyebab suatu kecelakaan. Salah besar hampir sebagian besar kecelakaan itu melibatkan pengemudi-pengemudi yang sudah lama memiliki jam terbang saat mengemudi sehingga banyak mengabaikan faktor keselamatan ( mendahului kendaraan tidak melihat jarak aman/pindah jalur tidak memberikan lampu sent dll ).

Dan jangan pernah mau menjadi KORBAN SUATU KECELAKAAN,pasti banyak yang komplain nih...hehehehe, sabar gan/sis. Melanggar garis stop,bahkan truck yang sedang puter balik aja banyak diantara kita "mengambil kesempatan untuk maju" dan tidak pernah berpikir seandainya truck itu mundur dll.

Dan jangan PERNAH KITA JUGA MAU UNTUK TERLIBAT DALAM SUATU KECELAKAN. Tampa kita sadari atau rasa kepo kita yang tinggi pada saat melihat suatu kecelakaan kita berhenti untuk mencari tau kecelakaan itu terjadi.sehingga Tampa kita sadari bahaya yang menghampiri diri kita juga besar ( ditabrak kendaraan dari belakang/samping atau bisa juga dari arah depan,kalau jalan atau lokasi kecelakaan tadi tidak ada pembatas arah ).

Untuk sementara cukup sampai disini dulu deh,takut bosan agan baca tulisan ini, insyaallah akan saya coba sambung lagi dengan

Paris

Bekasi Defensive Driving

0
151
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.