KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Tanda – tanda Kampas Rem Mobil Udah Mulai Menipis

Wajib hukumnya sistem pengereman mobil dalam keadaan prima ketika hendak digunakan. Karena bagian yang satu ini erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Oleh karena itu pemilik mobil harus tau apakah kondisi rem mobil dalam keaadaan prima atau tidak. Misalnya, kondisi kampas rem, apakah udah aus atau belum. Jika udah aus, lebih baik segera ganti. Nah, untuk mengetahui kampas rem mobil udah menipis (aus) atau tidak, pengendara harus pahami ciri – ciri berikut:


Pedal rem bergetar saat diinjak

Ciri pertama kampas rem udah mulai menipis adalah ketika rem diinjak, akan terasa bergetar. Getaran ini muncul karena permukaan kampas rem udah gak rata, sehingga piringan cakram rem tidak bisa mencengkram dengan sempurna. Alhasil muncullah getaran ketika pedal rem diinjak. Jika kondisinya makin memburuk, getaran ini bisa berasa hingga ke setir mobil.

Adanya suara berdecit

Jika Agan dan Sista udah mulai mendengar bunyi suara berdecit ketika menginjak pedal rem mobil, maka ini pertanda kampas rem dah mulai habis. Bunyi yang dihasilkan seperti gesekan logam atau besi. Bunyi ini muncul karena kampas rem yang udah menipis hanya meninggalkan bagian besinya. Kalau udah begini, mending segera ganti kampas remnya GanSis.

Menekan pedal rem makin dalam

Kampas rem tromol yang digunakan di roda belakang mobil juga bisa habis. Kondisi ini membuat Anda harus menekan pedal rem lebih dalam agar sistem pengereman lebih baik. Penyebab dari ciri-ciri ini dikarenakan rem tromol memiliki pegas pengembali. Jadi sejauh apa pun piston mobil bergerak, pasti akan kembali ke posisi semula secara otomatis. Kalau kampas rem masih tebal, pergerakan piston hanya perlu sedikit saja karena tromol rem otomatis tertekan. Namun kalau sudah tipis, maka piston wajib bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan.

Rem gak pakem

Rem yang mulai gak pakem juga menjadi tanda kalau kampas rem mulai menipis. Hal ini terjadi karena penekanan kampas kepad piringan udah gak merata. Luas penampang rem akhirnya menjadi lebih kecil. Tenaga pengereman sudah pasti menjadi kurang maksimal padahal udah menekan pedal lebih dalam. Kalau udah kayak gini, gak usah pake tunggu lagi GanSis, langsung ganti, takutnya ntar malah kenapa – kenapa saat berkendara.


dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan dhinyzfrn memberi reputasi
2
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.