Kaskus

Automotive

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.daruma.co.idAvatar border
TS
.daruma.co.id
Jenis Adhesive dan Sealant Yang Umum Digunakan
Jenis Adhesive dan Sealant Yang Umum Digunakan

Jenis Adhesive dan Sealant Yang Umum DigunakanSebelum kita membahas tentang jenis adhesive dan sealant, mari kita bahas definisi dari kedua bahan perekat ini. Adhesive adalah suatu bahan yang digunakan untuk menyatukan atau menyambungkan suatu bahan yang sama ataupun berbeda jenis materialnya, baik itu logam dengan logam, logam dengan kayu, logam dengan karet dan sebagainya.
Sedangkan sealant adalah bahan yang dapat melekat setidaknya ke dua permukaan dan mengisi ruang sebagai pembatas atau lapisan pelindung. Sealant digunakan untuk mengisi celah dan menjaga air atau udara keluar. Sealant tidak dimaksudkan untuk pemindahan beban dan karena itu biasanya kekuatannya lebih rendah daripada perekat, tetapi memiliki fleksibilitas lebih tinggi.
Setelah mengetahui definisi dari adhesive dan sealant, sekarang Daruma akan jelaskan jenis-jenisnya :
Threadlocking adhesive

Menjamin kekuatan hasil rakitan dengan mencegah mur dan baut menjadi kendor akibat getaran. Produk adhesive yang terkenal di pasaran adalah Loctite. Berikut jenis produk Loctite yang banyak dicari :
a. Threadlocking 243. Adhesive berkekuatan sedang untuk pemakaian umum, cocok untuk baut hingga ukuran M36.
b. Removable threadlocker 242. Adhesive berkekuatan sedang untuk baut hingga ukuran M36. Dapat dibuka kembali menggunakan kunci biasa.
c. Permanen threadlocker 262. Adhesive berkekuatan tinggi untuk mengunci segala baut yang harus menghadapi goncangan dan getaran hebat.
d. High strength threadlocker 271. Adhesive berkekuatan sangat tinggi untuk baut sampai dengan ukuran M36, dan untuk baut-baut yang akan dipasang permanen.
Thread sealing / Pipe sealant

Menjamin pencegahan kebocoran di celah-celah kecil. Mengisi celah yang sangat tahan terhadap zat kimia. Berfungsi sebagai pelumas pada pemasangan ulir pipa, mencegah gesekan serta memberikan torsi yang konstan.
Flange sealant

Menutup kebocoran flange (sambungan baut) lebih efektif dari pada gasket biasa, karena lebih baik untuk merekatkan bahan metal ke metal. (*gasket : lapisan yang digunakan untuk berfungsi untuk melapisi sambungan antar flange pada pengerjaan pipa ataupun pada peralatan-peralatan yang berkaitan dengan mesin. Pada umumnya gasket digunakan untuk mencegah kebocoran dari sambungan)
Retaining compound

Dipakai sebagai perekat untuk bushing, bearing, pin, pulley, dll. Memperkuat part yang dipasang dengan cara dipress. Atau mengencangkan kembali bagian yang sudah kendor dengan cara mengisi celahnya. Mengatasi kebocoran cairan di bagian rakitan.
Anti-seize

Pelumas untuk mencegah korosi dan keausan. Untuk melumasi ulir-ulir baut dan plug yang sering terkena suhu tinggi atau rawan terkena karat, agar mudah dibuka kembali saat pembongkaran.


0
651
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
KASKUS Official
28.1KThread18.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.