Wah CantiknyaAvatar border
TS
Wah Cantiknya
Budaya dibalik PON XX Papua

Wah, Pesta Olahraga Nasional (PON) XX sedang diselenggarakan di Bumi Cendrawasih nih gan. Pemerintah setempat tidak hanya menggadang kemegahan saat pembukaan maupn penutupan PON. Tapi juga menonjolkan Budaya serta keunikan tanah Papua.

Spoiler for :


Seperti ini nih gan, ada makanan yang unik di Papua, Sagu Sep adalah makanan khas Merauke yang mirip pizza. Secara tampilan Sagu Sep serupa dengan Pizza, tapi bedanya Sep berbahan sagu dan campurannya kelapa. Pada sisi atasnya di taburi daging Rusa dan Ulat Sagu, dan dibungkus dengan daun pisang. Proses masaknya unik nih gan, yaitu dengan tradisi bakar batu. Sebelum digunakan, batu-batu dibakar hingga panas, lalu disusun hingga menutupi seluruh pembungkus sagu.

Spoiler for :


Disisi budaya ada Lukisan Kulit Kayu, yaitu kerajinan khas dari Sentani. Seni melukis di atas kulit kayu ini merupakan tradisi turun temurun. Warga Asei menggunakan kulit kayu “kombou” sebagai media untuk mengekspresikan seni melukis. Misalnya dengan lukisan motif tombak dan kail yang melambangkan mata pencaharian utama mereka sebagai nelayan. Sekarang, menjadi salah satu sumber ekonomi warga dan cinderamata khas Papua. Selembar lukisan dijual anatar lima puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. Ini tergantung dari ukuran dan kerumitan proses pembuatannya.

Diharapkan setelah terselenggaranya Pesta Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan lebih banyak masyarakat daerah lain yang tertarik untuk ke Papua, sehingga dapat lebih meningkatkan pendapatan perekonomian warga asli Tanah Papua.

Agan-agan tertarik ngak nih buat nyobain Sagu Sep? kalau agan-gan masih penasaran tetang tanah Papua, agan dapat melihatnya di website serta situs sosial media PON XX Papua di:

website
Instagram
youtube
twitter
facebook

Jangan lupa juga untuk teman-teman yang tidak bisa nonton langsung ke Papua, kalian juga bisa nonton pertandingan bola, basket dan badminton secara live di https://www.sorakpon.com/#
Diubah oleh Wah Cantiknya 12-10-2021 22:44
0
862
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.