tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Apakah Dengan Berhemat Akan Membuat Kita Selalu Bahagia?
Di masa-masa sekarang memang banyak hal yang berubah, hadirnya teknologi baru di setiap waktunya membuat kebiasaan baru di masyarakat. Kini bukan hanya sekedar media sosial saja yang hadir di dunia maya namun juga aplikasi lainnya seperti aplikasi belanja online dan lain sebagainya. Di satu sisi mungkin patut kita syukuri karena dengan hadirnya teknologi terbaru memudahkan pekerjaan banyak orang. Namun di sisi lainnya tentu ada dampak buruknya seperti  perilaku yang semakin konsumtif karena untuk belanja sekarang semakin mudah dan banyak promosi yang menarik banyak orang untuk lebih konsumtif dan terus menerus belanja.

Credit : wigatos.com

Di saat serba konsumtif saat ini bersikap hemat menjadi pilihan penting. Bersikap hemat memang perlu di zaman yang serba konsumtif ini. Terlebih bila saat kondisi keuangan terbatas atau punya rencana jangka panjang tentunya memang baiknya harus hidup berhemat. Tak heran bila ada yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya atau dengan berhemat bisa membuat bahagia.

Lantas apakah benar bersikap hemat akan membuat kita selalu merasa bahagia? hal sepertinya menarik untuk kita bahas secara lebih detail. Sebagaimana kita ketahui di masa kini hidup memang serba konsumtif terlebih dengan hadirnya fitur belanja online membuat kehidupan banyak orang menjadi semakin konsumtif. Apakah hemat bisa akan membuat kita selalu bahagia? jawabannya tentu saja tidak.

Credit : finansialku.com

Hidup ini memang banyak hal yang menarik untuk dijalani, di tengah kondisi yang tak menentu inilah terkadang memaksakan diri untuk hidup hemat. Hidup hemat memang membuat diri kita serba terbatas, namun di sisi lain tentu akan membuat diri kita survive dalam menjalani kehidupan yang tak menentu. Dengan berhemat tentu kita akan bisa merengkuh banyak hal dengan berbekal budget yang terbatas.

Hidup hemat memang adalah sesuatu yang bagus, namun hal ini belum tentu membuat kita bahagia. Berhemat boleh saja berhemat namun jangan sampai berhemat yang berlebihan. Berhemat yang berlebihan inilah yang seringkali membuat seseorang tidak bahagia dalam menjalani hidupnya. Untuk itulah berhemat sewajarnya saja dan tetap seimbang dalam hal apapun.

Credit : suara.com

Hiduplah berhemat sewajarnya, karena diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita pun terkadang perlu kita bahagiakan yang terkadang tidak harus melulu hidup hemat. Hidup hemat yang sewajarnya saja, sesekali cobalah untuk menikmati hidup tanpa selalu mengedepankan hidup hemat. Hidup hemat memang tak selalu membuat kita bahagia, namun dengan hidup hemat akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi kehidupan yang serba tak menentu. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images

emineminna
danQe
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.4K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.