• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Misteri Dan Fakta Kemerdekaan Indonesia Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
6 Misteri Dan Fakta Kemerdekaan Indonesia Yang Tidak Banyak Diketahui Orang
Misteri di balik perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hari kemerdekaan republik indonesia selalu diperingati tiap tahunnya, sejarah perjuangan pahlawan indonesia selalu didengungkan di setiap bangku sekolah, agar kita tahu sejarah orang-orang yang telah berjasa akan kemerdekaan Indonesia. Tapi ada beberapa hal unik bahkan misteri yang jarang diungkap ke publik sehingga tidak banyak yang mengetahuinya, berikut ini 6 fakta dibalik perjuangan kemerdekaan indonesia..

1. 17 Agustus Hari Kematian Pencipta Lagu Indonesia Raya (WR Supratman)
Quote:
sumber
Bila 17 Agustus menjadi tanggal kelahiran indonesia, justru tanggal tersebut menjadi tanggal kematian bagi pencetus pilar indonesia pada tanggal itu pencipta lagu kebangsaan indonesia Raya, WR Supratman wafat pada tahun 1937 dan pencetus ilmu bahasa Indonesia Herman Neubronner Van Der Tuuk yang wafat pada tahun 1894.


2. Bendera Merah Putih saat 17 Agustus 1945 berasal dari sprei dan kain tukang soto
Quote:
sumber
Pada sekarang ini bendera pusaka sang merah putih terbuat dari kain yang sangat bagus, tapi hal tersebut sangat jauh berbeda dengan bendera pusaka yang dikibarkan pertama kali saat Proklamasi 17 Agustus 1945, warna putih bendera pusaka tersebut didapat dari kain sprei tidur Soekarno dan warna merahnya didapat dari kain tukang soto.


3. Alasan mistis Soekarno memilih tanggal 17 Agustus 1945
Quote:
sumber
Pemilihan tanggal 17 agustus sebagai waktu dibacakannya proklamasi bukanlah tanpa alasan, dalam buku Samudera Merah Putih 19 September 1945 jilid 1 tahun 1984 karya lasmidjah Hardi diceritakan alasan presiden Soekarno memilih tanggal 17 agustus sebagai waktu proklamasi kemerdekaan, salah satunya adalah karena Bung Karno mempercayai mistik. “Saya seorang yang percaya pada mistik, saya tidak dapat menerangkan dengan pertimbangan akal mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku, akan tetapi saya merasakan di dalam kalbuku bahwa itu adalah saat yang baik, angka 17 adalah angka Suci pertama-tama kita sedang berada dalam bulan suci ramadhan, waktu kita semua berpuasa ini berarti saat yang paling suci bagi kita. Tanggal 17 besok hari jumat, jumat legi, jumat yang berbahagia jumat suci, Alquran diturunkan tanggal 17, orang islam sembahyang 17 rakaat. Oleh karena itu kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia”. Kata soekarno seperti ditulis lasmidjah Hardi.


4. Insinyur Soekarno dalam kondisi sakit saat memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945
Quote:
sumber
2 jam sebelum membacakan teks proklamasi, Insinyur Soekarno sang proklamator kemerdekaan Indonesia ini ternyata sedang dalam keadaan sakit, beliau tertidur dengan kondisi suhu badan yang agak tinggi setelah semalaman begadang menyusun naskah teks proklamasi dengan para sahabatnya, dokter soeharto yang memeriksanya mengatakan kalau beliau terkena serangan penyakit malaria tertiana, setelah diberi obat beliau tertidur selama 1 jam dan setelah bangun beliau dengan semangat yang memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia.


5. Draft teks proklamasi kemerdekaan republik Indonesia ditemukan di tempat sampah
Quote:
sumber
Tidak banyak yang tahu kalau draft naskah asli dari teks proklamasi kemerdekaan indonesia yang ditulis oleh Soekarno dan didikte langsung oleh Bung Hatta ternyata baru dimiliki pemerintah saat presiden soeharto menjabat, sebelumnya draft naskah yang menjadi awal mula kemerdekaan Indonesia ini disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah, sang wartawan menemukan draf proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari. Setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari akhirnya pada tahun 1992 naskah tersebut diserahkan kepada Presiden Soeharto.


6. Revolusi Kemerdekaan Indonesia difilmkan Hollywood
Quote:
sumber
Jika ada yang bertanya adakah hubungannya 17 Agustus dengan perfilman Hollywood? jawabannya ternyata ada, pada Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1964 Presiden Soekarno berpidato dengan judul yang artinya “tahun yang penuh bahaya”. Pada saat itu Indonesia sedang bermasalah dengan Malaysia, perekonomian sedang tidak stabil karena blokade barat. Dalam pidatonya Soekarno juga menjelaskan bahwa pada saat tersebut Indonesia sedang dikepung kekuatan neoimperialisme. oleh karenanya sang presiden memperingatkan bahwa tahun itu adalah tahun tahun vivere pericoloso, keadaan Indonesia pada saat itu dijadikan judul sebuah film yaitu The Year of Living Dangerously. Film tersebut menceritakan tentang kisah seorang wartawan australia yang sedang bertugas di Indonesia pada tahun 1960-an, film tersebut dibintangi oleh Mel Gibson dan memenangkan piala oscar dengan kategori film asing.

Nah, sudah tahu kan sekarang fakta-fakta di balik hari kemerdekaan yang jarang diungkap ke publik apalagi di bangku sekolah. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..


Diubah oleh Si.jonii 12-10-2021 03:11
pphitam
speedy.buntang
delfaag
delfaag dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.