• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Brand Jadul Indonesia Yang Masih Bertahan Sampai Saat Ini, Bahkan Makin Eksis

ableh80Avatar border
TS
ableh80
5 Brand Jadul Indonesia Yang Masih Bertahan Sampai Saat Ini, Bahkan Makin Eksis

Kekuatan sebuah brand tergantung pada banyak hal.kualitas produk adalah hal paling utama.namun faktor strategi marketing yang jitu sangat bisa menentukan apakah sebuah brand bakal sekedar numpang lewat dikenal atau melekat kuat diingatan konsumen.
Brand-brand dibawah ini mungkin tak semuanya sering didengar.walaupun begitu,mereka sukses bertahan dikerasnya dunia bisnis tanah air selama puluhan tahun.bahkan ada yang sudah berdiri dari abad 19.
Nih 5 brand tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini versi ane...Cekidot gan sis

1.Bank Rakyat Indonesia(1895)

Menurut keterangan situs resmi BRI,Bank Rakyat Indonesia pertamakali didirikan di Purwekerto,Jawa Tengah pada 16 desember 1895.perintisnya adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja.sampai saat ini,brand tersebut menjadi salah satu bank milik pemerintah paling besar di Indonesia.

2.Dji Sam Soe(1913)

Rokok Dji Sam Soe dengan logo ikonis 234 adalah merek kretek pertama yang dikenal di Indonesia.
Rokok ini dilempar ke pasar untuk pertama kalinya pada tahun 1913.
Produsennya adalah Handel Matschappij Liem Seeng Tee NV(buset panjang bener nama Perusahaannya) yang kelak dikenal dengan nama PT HM Sampoerna.
Walaupun begitu,rokok kretek sendiri diperkenalkan oleh Haji Djamhari di tahun 1880.

3.Sosro(1940)

Brand Sosro (kini PT Sinar Sosro) yang didirikan oleh Sosrodjoyo pada tahun 1940 awalnya memasarkan minuman teh seduh dengan merek Teh Cap Botol. Menurut keterangan di situs resmi Sinar Sosro,produk ini diperkenalkan di Jakarta pada 1965 lewat event pembagian sampel gratis yang waktu itu disebut Cicip Rasa.
Awalnya, teh dibuat langsung di hadapan calon konsumen yang ditemui di pusat-pusat keramaian seperti pasar.Lalu,diseduh dalam jumlah besar sebelum diantar ke calon pembeli sampai akhirnya dikemas dalam botol kaca yang kemudian diterima dengan baik oleh pasar.Lahirlah brand Teh Botol Sosro di 1969.

4.Kembang Gula Davos(1931)

Davos adalah merek permen peppermint yang sempat populer dtahun 70-an.Pabriknya berada di Kabupaten Purbalingga.Mengutip dari situs Pemerintah Kabupaten Purbalingga,banyumas,Jawa Tengah,brand ini dirintis oleh Siem Kie Djian.Siem mendirikan perusahaan perseorangan Slamet (sekarang Slamet Langgeng) di tahun 1931 dan memproduksi Davos.Pada masa kejayaannya di tahun 30-an,Slamet Langgeng juga memproduksi limun dan biskuit.Merek Davos terinspirasi dari nama kota di Swiss.Kota ini dikenal memiliki udara yang sejuk.Ini dianggap selaras dengan permen Davos yang bisa memberikan sensasi sejuk saat dikulum.

5.Kecap Bango(1928)

Saat ini,Kecap Bango sangat mudah ditemukan di pasaran. Pasalnya, brand ini sudah diakuisisi oleh Unilever yang merajai pasar consumer goods di tanah air.Aslinya,brand Kecap Bango sudah ada sejak tahun 1928
Mengutip keterangan dari situs resmi Unilever Indonesia,merek dan usaha Kecap Bango dirilis oleh Tjoa Pit.Saat itu,jangkauan produknya baru meliputi kawasan Jabotabek.Nama Bango dipilih sebagai bentuk harapan agar produk kecap manis itu dapat diterima di pasar dan terbang tinggi seperti burung.Merek dan usaha ini kemudian diakuisisi Unilever pada tahun 2001 dan diperkenalkan kembali ke pasar Indonesia..
+
Nah,Itulah 5 brand yang termasuk tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini.Sebenarnya masih ada lagi tapi nanti kepanjangan tritnya emoticon-Big Grin
Misal Semen Padang(1910),Jamu jago(1918) dan masih banyak lagi.
Tentunya mereka memiliki kualitas yang sangat bagus dan strategi pemasaran yang yahud sampai bisa bertahan dipasar bergenerasi-generasi selanjutnya. belum lagi bertahan dari merek baru lokal dan serbuan produk dari Luar Negeri..
Cintai Produk Indonesia 🇲🇨

Keep Read,Keep Safe,and Stay Health...emoticon-coffee

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

------------------------------------------------------
Diubah oleh ableh80 11-10-2021 16:06
d.o.n.o
delfaag
jiresh
jiresh dan 42 lainnya memberi reputasi
41
10.6K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.