Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Sentul City Belum Putuskan Nasib Rocky Gerung dan Pendatang di Bojong Koneng

Sentul City Belum Putuskan Nasib Rocky Gerung dan Pendatang di Bojong Koneng
Sentul City gusur lahan warga Bojong Koneng Bogor. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Sentul City Tbk mengaku masih belum putuskan nasib warga pendatang yang saat ini masih menempati lahan sengketa di Desa Bojong Koneng, Bogor.
Presiden Komisaris Sentul City, Basaria Panjaitan membenarkan bahwa pihaknya memang sudah menyepakati perjanjian damai terkait kepemilikan lahan sengketa di Desa Bojong Koneng.

Hanya saja Basaria mengatakan, kesepakatan tersebut masih terbatas pada warga yang sudah tinggal turun-temurun saja, bukan kepada keseluruhan warga yang mendiami area tersebut.

Hal tersebut disampaikan Basaria ketika dikonfirmasi terkait konsep pembangunan Green Living yang digadang-gadang sebagai jalan keluar antara Sentul City dengan Warga Desa Bojong Koneng.

"Bagi warga yang sudah turun temurun di sana (tidak akan ada penggusuran lahan)," jelasnya ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (12/10).

Diketahui warga Desa Bojong Koneng sendiri kerap dibedakan menjadi dua kelompok oleh Sentul City. Warga asli merupakan mereka-mereka yang telah tinggal atau menempati lahan tersebut secara turun temurun sejak puluhan tahun silam.


Sementara penggunaan istilah warga pendatang merujuk kepada masyarakat luar yang membeli tanah dari warga asli dengan status oper alih garapan lahan.

Basaria mengaku, pihaknya masih belum memutuskan nasib warga-warga pendatang tersebut. Ia menjelaskan saat ini Sentul City masih mempelajari langkah apa yang akan diambil kepada warga pendatang.

Adapun langkah yang dimaksud berupa penggusuran ataupun menerapkan skema kerja sama seperti yang sudah berjalan pada beberapa restoran/kafe di Desa Bojong Koneng.

"Nanti akan dipelajari satu-persatu," jelasnya.

Kendati demikian, Basaria urung menjawab kriteria atau batas waktu penempatan lahan untuk bisa dikategorikan sebagai warga asli atau turun-temurun.

Pasalnya sejumlah warga yang telah membeli tanah dari warga setempat dengan status oper alih garapan lahan beberapa diantaranya juga telah menempati lahan selama belasan hingga puluhan tahun.

Kepemilikan lahan di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor saat ini dalam sengketa.

Sentul City mengaku pihaknya merupakan pemilik sah atas lahan yang berada di Desa Bojong Koneng. Klaim tersebut berdasarkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) untuk tanah di Desa Bojong Koneng dengan nomor 2411 dan 2412 yang diterbitkan Pemkab Bogor pada 1994.


Head of Corporate Communication Sentul City David Rizar Nugroho mengatakan proses penerbitan SHGB pun telah dilakukan secara legal serta sesuai aturan dan hukum yang berlaku.

Sementara itu, warga Desa Bojong Koneng termasuk Rocky Gerung, mengklaim sebagai pemilik sah lahan tersebut berdasarkan penguasaan lahan secara fisik dan surat pernyataan oper alih garapan.

Buntut sengketa lahan ini diketahui sempat mengakibatkan pengerusakan sejumlah fasilitas kantor Pemerintah Desa oleh sejumlah warga setempat. Lantaran aparat desa yang ingin dimintakan perlindungan untuk menghentikan penggusuran paksa oleh Sentul City pada Sabtu (2/10) Siang justru malah kabur.

Terbaru, Presiden Komisaris Sentul City Basaria Panjaitan mengaku telah memutuskan untuk berdamai ihwal kasus sengketa kepemilikan lahan di Desa Bojong Koneng dengan warga setempat, termasuk Rocky Gerung.

Basaria mengatakan pihaknya telah menerima usulan dari warga setempat dan akan melakukan pembangunan lahan dengan konsep Green Living, dengan harapan akan terjadi timbal balik yang saling menguntungkan antara masyarakat dan lingkungan

Kendati demikian, kuasa hukum Rocky Gerung yakni Haris Azhar menuturkan, masih belum ada perjanjian damai yang mengikat secara hukum antara kedua belah pihak. Menurutnya, kesepakatan damai tersebut saat ini hanya sebatas secara lisan dan itikad baik dari pihak Sentul City semata.


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-bojong-koneng
extreme78
extreme78 memberi reputasi
1
956
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.