• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Istilah Ini Penting Diketahui Calon Pembeli Motor Atau Mobil Pemula, Biar Gak Ribet!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Istilah Ini Penting Diketahui Calon Pembeli Motor Atau Mobil Pemula, Biar Gak Ribet!


[ HT# 813 ]

Karena untuk membeli kendaraan membutuhkan syarat-syarat dan dokumen tertentu biasanya kita akan mendengar beberapa istilah yang dikatakan oleh pihak sales. Istilah ini tujuannya untuk mempermudah kerja dan menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Dari pengalaman saya sendiri beberapa tahun yang lalu (dan sepertinya tetap berlaku sampai sekarang) ada istilah yang awalnya membuat saya bingung. Padahal saya pribadi sebelumnya sudah tidak asing dengan dunia otomotif.



Setelah membaca tulisan saya kali ini harapan saya sih calon pembeli/konsumen semakin paham dan siap dengan istilah dimaksud dan tentunya jadi terhindar dari kesalahan dikemudian hari.

Sebelum kita mendatangi showroom atau dealer kita sudah harus menyiapkan dokumen termasuk fotokopinya seperti KTP, KK, PBB, NPWP, rekening koran, rekening listrik, pembukuan keuangan. Namun ada beberapa sales mempermudah syarat diatas dengan istilah dokumen lain bisa menyusul belakangan.

Jadi, berikut ini istilah yang bisa saya maksudkan sesuai urutannya.


OFF THE ROAD dan ON THE ROAD

Istilah ini pasti umum kita dengar, tapi jarang orang memahami dengan detail perbedaan keduanya. Secara umum pengertian keduannya adalah jika kita melihat tulisan harga Off the road adalah pembelian mobil tidak termasuk dokumen STNK, BPKB, dokumen balik nama. Untuk dapat memiliki dokumen-dokumen ini kita harus mengurusnya sendiri. Keuntungannya adalah harga mobil lebih murah, tapi kita harus menyiapkan waktu, melengkapi dokumen pribadi ke pihak leasing.

Sedang harga On the road adalah pembelian kendaraan yang sudah dilengkapi paket dokumen STNK, BPKB, dokumen balik nama oleh pihak dealer. Karena kita jadi hemat waktu tanpa harus mengurus dokumen kepihak leasing maka kita harus rela menambah biaya pengurusan yang jika ditotal termasuk harga mobil jadi lebih mahal dari harga Off the road.



BOOKING FEE

Istilah yang artinya sebagai tanda jadi, bisa dikatakan sebagai uang DP, uang panjer yang artinya kita memang serius untuk membeli dengan harga booking fee sesuai kesepakatan dan akan digabungkan dengan uang muka yang harganya sudah tertera dalam brosur. Jumlah uang mukanya pun tergantung apakah pembeli akan membeli secara cash atau angsuran.


Es Pe Ka

SPK adalah kepanjangan dari Surat Pemesanan Kemdaraan. Disini pihak sales akan memberikan lembaran formulir berupa info dan bagian yang harus diisi konsumen seperti data pribadi, harga kendaraan, tipe kendaraan yang dipilih, jenis mesinnya, pilihan warna sampai nama yang akan tertera dalam STNK.

Setelah selesai pengisian formulir ini ada baiknya koreksi lagi jangan sampai ada kesalahan, terutama pilihan mesin dan warna seringkali terjadi. Minta sales untuk membacanya lalu kita dengar baik-baik. Jika sudah, maka pembeli tinggal membayar booking fee.

Simpan baik-baik lembar copy SPK ini jangan sampai hilang, ya! SPK harus pembeli tunjukkan saat pengambilan unit di dealer nanti. Jika ada yang janggal misal beda jenis mesinnya, tipe mobilnya, warna dan lainnya maka pembeli tinggal mencocokkan data pada SPK ini.



ADDM dan ADDB

ADDM kependekan dari Angsuran Dibayar Di Muka, yaitu pembeli diwajibkan membayar uang muka terlebih dahulu termasuk pembayaran angsuran pertama saat itu juga.

Tapi ada beberapa dealer yang fleksibel dalam menentukan syarat ini dimana mereka menerapkan aturan ADDB, Angsuran Dibayar Di Belakang dimana uang muka lebih dulu dibayarkan dan angsuran pertama wajib dibayarkan dibulan berikutnya.



Nah, setelah beberapa istilah diatas sudah diselesaikan maka pembeli tinggal membawa unit yang diinginkan atau masih harus menunggu unit datang sesuai dengan jadwal pengiriman. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima receh. TAMAT.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 09-10-2021 14:58
jlamp
antonov07
delfatesting260
delfatesting260 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.