ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Penayangan Anime Di Netflix Dan Youtube, Apa Kelebihannya?


Dalam tahun-tahun terakhir platform layanan streaming menunjukkan peningkatan yang menjanjikan. Netflix misalnya, layanan media streaming digital ini mulai dilirik oleh banyak orang karna menyediakan beragam macam film yang bisa kita tonton secara legal. Berbagai film lawas maupun serial drama bisa kita temukan di Netflix dan tak jarang juga Netflix mengeluarkan serial original yang mereka buat sendiri.

Tidak hanya film, Netflix juga menyediakan berbagai tayangan animasi yang bisa ditonton oleh penggemar di seluruh dunia. Dalam 5 tahun terakhir Netflix sudah menekan kontrak dengan berbagai studio anime di Jepang dan kini Netflix sudah memiliki pasar yang cukup solid bagi para penggemar anime.

Tak ketinggalan dengan Netflix, Muse Communication juga mulai menggalakkan pemasaran melalui Youtube. Channel Youtube seperti Muse Asia dan Muse Indonesia kini menayangkan berbagai macam anime yang bisa ditonton secara gratis tanpa perlu biaya langganan (meski tentunya dengan begitu banyak iklan). Keberadaan Netflix dan Muse tak bisa disangkal sudah membantu para produsen anime dalam pemasaran di seluruh dunia dengan tetap mempertahankan hak cipta.

Lalu apa kelebihan dari penayangan anime di platform seperti Netflix dan Muse ketimbang tayang seperti biasa di televisi?


JADWAL TAYANG



Tak peduli sebanyak apapun anime yang diproduksi namun tetap saja jumlah yang bisa ditayangkan di televisi itu terbatas. Katakanlah satu episode anime yang berdurasi 24 menit mengambil jatah 40 menit siaran televisi. Itu artinya dalam 24 jam hanya 36 episode anime saja yang bisa tayang dan tidak mungkin juga saluran televisi hanya menampilkan anime selama 24 jam penuh. Singkatnya, slot yang tersedia di televisi itu terbatas.

Namun jika sebuah anime tayang di Netflix maka pengguna bisa menonton kapan saja dan dimana saja tanpa perlu terpaku dengan jadwal tayang. Di Netflix anime-anime maupun film tidak perlu berebut jam tayang karna di Netflix penggunalah yang memilih ingin menonton apa dan kapan ingin menontonnya. Tinggal cari, pilih dan tonton.


SKALA GLOBAL



Anime yang tayang di televisi Jepang sayangnya hanya bisa ditonton oleh mereka yang berdomisili di Jepang. Orang-orang diluar Jepang cuma bisa gigit jari karna anime yang ditayangkan di negara mereka cuma anime yang itu-itu saja sehingga orang-orang diluar Jepang yang menyukai anime pun beralih ke situs bajakan agar bisa tetap menonton anime favorit mereka.

Bukan bermaksud untuk membela namun jika bukan karna situs-situs bajakan ini komunitas anime di Indonesia tidak akan sebesar sekarang namun masa-masa situs bajakan sudah berlalu, sudah waktunya bagi kita para penggemar untuk mendukung para produsen anime dengan menontonnya secara legal. Dengan adanya Netflix dan Youtube anime-anime Jepang bisa ditonton secara digital oleh siapa saja karna salah satu kegunaan internet memang menghubungkan yang jauh.


SOKONGAN DANA



Anime itu bukan industri yang murah. Butuh milyaran rupiah untuk membuat satu episode anime dan meski sudah mengeluarkan banyak dana sama sekali tak ada jaminan anime tersebut akan menjual dan menghasilkan surplus. Salah satu alasannya adalah karna pasarnya yang sempit yakni hanya negara Jepang saja.

Namun dengan adanya Netflix dan Muse, studio anime bisa mendapat tambahan pemasukan dari luar negeri. Netflix sebagai distributor memiliki perjanjian bagi hasil dengan produsen film tergantung jumlah berapa lama film tersebut ditonton dan jika penggemar luar negerinya banyak maka produsen anime akan mendapat jumlah yang setidaknya cukup untuk menutupi modal dan jika penjualan BD nya juga laris maka season 2 dan 3 pun terjamin.


PROMOSI



Popularitas Netflix menjadi semakin melejit sejak pandemi terjadi dan pihak Netflix juga gencar melakukan promosi gila-gilaan untuk menarik sebanyak mungkin orang untuk berlangganan produk mereka. Anime-anime yang tayang di Netflix tentunya akan mendapat promosi yang serupa sehingga para pengguna Netflix yang sebelumnya tak tahu apa-apa tentang anime akan mencoba menontonnya.

Sebaliknya, anime juga merupakan cara Netflix untuk meraup para penggemar anime di seluruh dunia untuk berlangganan produk mereka. Baik Netflix dan anime memiliki fandom nya masing-masing jadi dengan bersatunya dua unsur ini akan membuat fandom tersebut membaur dan semakin besar. Totally win-win solution.


Sampai saat ini Netflix sudah berhasil meraup beberapa judul besar dalam genggaman mereka seperti beberapa film Ghibli, Kimetsu no Yaiba, Violet Evergarden, Gintama, Fullmetal, Dragonball dan Jojo Bizarre Adventure. Keberadaan Netflix dan berbagai platform streaming lainnya menunjukkan era baru bagi dunia perfilman terutama di Indonesia yang semakin lelah dengan sinetron di televisi. Ke depannya, mari kita mendoakan yang terbaik bagi industri anime dan berharap agar mereka bisa terus berkembang.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 07-10-2021 09:46
anerifai
emineminna
delfatesting260
delfatesting260 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.9K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga HavenKASKUS Official
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.